nextgirlAvatar border
TS
nextgirl
Sederet Cara Jauhkan 'Si Kecil' dari Gadget
Buah hati serasa lebih dekat ke gadget ketimbang sang orang tua? Mungkin fenomena ini terjadi dan benar-benar dirasakan oleh Ayah dan Bunda sekarang ini. Kondisi dimana Si Kecil memang serasa begitu menyukai bermain dengan gadget, demen habiskan gadget untuk bermain games atau hanya menonton berbagai video content. Beberapa orangtua mungkin akan merasa khawatir, kalau anak-anaknya menjadi kecanduan. 

Nah, baut Ayah Bunda yang buah hati berasa susah untuk lepas dari gadget, berikut beberapa tips yang dapat dicoba untuk diterapkan. 


Photo by Andrea Piacquadio from Pexels


Batasi Waktu Penggunaan Gadget
Cara pertama bisa ditempuh adalah dengan membatasi waktu pemakaian gadget. Hal ini bisa dilakukan melalui gadget, dengan set timer atau menasihati secara pelan dan baik-baik akan berapa lama waktu diperbolehkan berselancar di gadget. Meski prakteknya mungkin Bunda dan Ayah harus lebih disiplin, pasalnya terkadang sang anak pun akan menangis dan merengek apabila harus berpisah dengan gadget. 

Tak Sembarangan Beri Waktu Bermain Gadget
Berdasarkan pengalaman menilik keponakan, ada nih keponakanku yang begitu betah bermain gadget hingga jam 10 malam. Tentu ini tak bagus, apalagi si kecil baru berusia 6 tahun. Ayah dan Bunda tak boleh sembarang waktu berikan gadget kepada anak, usahakan berikan jadwal bermain gadget yang lebih tepat. Sebagai contoh, berikan waktu bermain gadget setelah mandi sore, dan tentunya dengan pembatasan waktu agar tak terlalu lama ngeksis melihat video atau bermain games.

Batasi Akses
Beberapa aplikasi memang menerapkan akses berdasarkan umur, misal di bawah umur 3 tahun atau lebih dari usia 5 tahun. Jangan berikan akses terlalu jor-joran kepada si kecil saat mengkonsumsi konten. Batasi akses buah hati dengan konsumsi konten sesuai peruntukkan. 

Coba Alihkan untuk Berpaling dari Gadget
Salah satu cara membuat Si Kecil beranjak dari gadget adalah dengan mengalihkan perhatiannya ke hal lain. Sebagai contoh, terkadang Si Mimin (sebutan anak untuk anak pertamaku) coba aku ajak untuk membantu Bundanya dalam menggambar. Sekaligus, untuk mengenalkan dunai creative kepada buah hati sedari dini. 

Ayah & Bunda Tunjukan Contoh yang Baik
Terkadang si kecil pun juga melakukan hal apa yang ia lihat dari sekitar, termasuk salah satunya adalah kedua orangtua yang sibuk bermain hp. Nah, dalam hal ini Ayah dan Bunda juga wajib memberikan contoh yang baik, salah satunya adalah dengan kontrol dalam bermain hp saat di depan anak, dan juga kontrol akan konten yang dikonsumsi. 

Itulah beberapa tips untuk menjauhkan si kecil dari gadget. Sejauh ini ke-5 hal tersebut cukup efektif mengurangi jam terbang anak bermain dengan gadget. Atau.. kalau Ayah dan Bunda ada tips lain, boleh banget share di sini, agar bisa menjadi sumber referensi bagi Kaskuser untuk menjauhkan Si Kecil dari gadget. 
emoticon-Big Kiss

cheria021
andrerain5
bachtiar.78
bachtiar.78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.