Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • Teka-teki negara pembeli Su-57 dari Asia Tenggara mulai terkuak.

ignatius.erAvatar border
TS
ignatius.er
Teka-teki negara pembeli Su-57 dari Asia Tenggara mulai terkuak.




Untuk info lengkap seputar militer Silahkan datang ke :


https://youtube.com/channel/UC6b25K0...X_Rwidki_oeb0Q


Pada 1 Juni lalu CEO Rosoboronexport Aleksandr Mikheyev mengatakan, sebanyak empat atau lima negara di Asia Tenggara telah menunjukkan minat untuk membeli jet tempur Su-57.

Belum lama setelah itu, bocoran pun menyeruak ke permukaan. Disebut-sebut, saat ini Vietnam yang sedang bersiap untuk membeli 12-24 unit Su-57 dari Rusia.

Beberapa media Rusia dan Vietnam telah melaporkan hal itu. Disebutkan, kesepakatan untuk kontrak pembelian Su-57 oleh Vietnam sedang disusun. Jumlahnya berkisar selusin atau dua lusin Su-57, tergantung pada anggaran Kementerian Pertahanan Vietnam.

Soha edisi Vietnam menuliskan, Su-57 sangat cocok bagi Angkatan Udara Vietnam. Pesawat ini memiliki sistem radar yang kuat dan sistem pengendalian tembakan yang sangat baik. Terpenting lagi, tulisnya, harga Su-57 terjangkau dibanding pesawat tempur lain di kelasnya, termasuk J-20 dari China.

Isu rencana akuisisi Su-57 oleh Hanoi mengemuka menjelang pelaksanaan pameran kedirgantaraan internasional MAKS-2021 di Zhukovksy, luar kota Moskow bulan depan. Bisa jadi, isu ini akan menjadi sorotan penting dari pelaksanaan MAKS-2021 di mana kedua negara akan mengumumkan secara resmi hal itu.



Isu lama yang diangkat kembali

Bila ditelusuri, kabar bahwa Vietnam akan mengakuisisi jet Su-57 sudah muncul pada awal 2019 lalu. Dua tahun sebelum itu di Paris Air Show 2017, Mikheyev pertama menyebut bahwa Rusia kemungkinan besar akan mengekspor Su-57 ke negara di Asia Tenggara. Pada MAKS-2019, Myanmar malah yang disebut-sebut akan membeli Su-57 di antara lima negara potensial lainnya yang akan mengakuisisi jet tempur generasi kelima ini.

Belum ada kepastian, apakah Vietnam benar-benar akan menandatangani kontrak pembelian Su-57 dalam waktu dekat. Pasalnya, menurut Soha, penyediaan anggaran senilai 2 miliar dolar AS untuk membeli 12 Su-57 baru akan dinormalisasi oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada beberapa tahun mendatang.

Hanoi perlu menambah anggaran bila jumlah yang dibeli lebih banyak. Diperkirakan, bila pembelian jadi dilaksanakan maka armada Su-57 baru akan dikirimkan ke Vietnam pada kurun 2030-2035.



Masih menunggu mesin baru

Di Rusia sendiri, seri produksi Su-57 baru dimulai. Satu unit telah diterima oleh Angkatan Dirgantara Rusia (VKS) menyusul 10 unit prototipe terbang yang telah digunakan. Tahun ini dijadwalkan VKS akan mendapat tambahan 4 Su-57. Kemudian pada akhir 2024 sebanyak 22 unit dan pada akhir 2028 total Su-57 yagn diterima sebanyak 76 unit.

Pihak Rusia menyebut, Su-57 adalah pesawat tempur dengan kemampuan absolut. Pesawat dilengkapi dengan avionik, sensor, dan persenjataan yang canggih termasuk rudal hipersonik. Satu masalah yang masih dihadapi oleh Rusia saat ini, adalah penyelesaian pembuatan mesin baru untuk mentenagai si Felon sesuai spesifikasinya.



Terimakasih...
0
2.1K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.