Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Honda Mobilio, Perkembangan 7 Tahun LMPV Revolusioner Di Indonesia

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Honda Mobilio, Perkembangan 7 Tahun LMPV Revolusioner Di Indonesia
Ciao Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas soal Honda Mobilio, perkembangan 7 tahun LMPV revolusioner di Indonesia.




Berlogo Honda, berjenis MPV, terlihat seperti sebuah station wagon, banyak ditemui di jalanan, dan muat 7 penumpang? Apalagi sih selain Honda Mobilio, yang telah diluncurkan sejak 7 tahun lalu.

Melihat pasar LMPV yang semakin panas yang sudah dihuni oleh Toyota Avanza, Nissan Grand Livina, Chevrolet Spin, Suzuki Ertiga, Mazda VX1 dan lain-lain, Honda pun tak mau kalah.




Pada IIMS 2013, Honda memperkenalkan mobil baru yang dinamai Honda Mobilio di segmen LMPV. Mobilio hadir dalam beberapa varian, mulai dari varian S, E, hingga Prestige. Mobil ini berbasiskan dari Honda Brio, dengan banyak sekali kesamaan mulai dari dashboard, bentuk, lekukan-lekukan, dan lain-lain.

Untuk dapur pacunya sendiri, Mobilio menggunakan mesin L15Z1 dengan teknologi i-VTEC berkapasitas 1,5 liter. Tenaganya sendiri mencapai 118 PS, untuk torsinya setahu ane ada di kisaran 14,8 kgm, yang disalurkan melalui 2 pilihan transmisi, otomatis atau manual.




Mobilio cukup revolusioner, karena Honda menghadirkan LMPV dengan mesin yang bertenaga lumayan besar, kencang, berbentuk seperti Station Wagon, dan memiliki posisi mengemudi yang lumayan enak dengan handling yang mumpuni.

Sebenarnya, pada ajang IIMS Honda belum menjual Mobilio. Barulah pada bulan Januari 2014, diler-diler Honda mulai menjual Mobilio dengan 3 varian dan 2 pilihan transmisi.




Pada pertengahan tahun 2014, sebagai penambahan varian lagi, Honda memasukkan varian RS yang merupakan singkatan dari "Road Sailing", berarti kastanya lebih tinggi dari varian Mobilio yang lain.

Varian RS mendapat upgrade di beberapa bagian, eksterior dengan velg dual tone, lampu DRL+proyektor, dan lain-lain, hingga interior varian "Road Sailing" ini yang mendapat beberapa penambahan aksen dan fitur.




Selama 2 tahun, Mobilio dijual tanpa perubahan sama sekali. Barulah pada tahun 2016, seiring dengan facelift pada Brio, Honda ikut merubah Mobilio. Facelift ini setahu ane hanya merubah instrument cluster dan dashboard saja menjadi lebih modern dan mengotak, menambah sedikit fitur dan menghadirkan double blower untuk trim S. Seluruh varian Mobilio mendapat pembaruan ini.

Akhirnya, pada tahun 2017, HPM Indonesia menghadirkan facelift dari Mobilio. Headlamp yang awalnya bulat menjadi mengotak, logo "H" tegak sekarang menjadi menghadap ke bawah. Lampu kecil sekarang menjadi LED yang menyerupai DRL. 




Velg juga diubah, bentuk velg dualtone Mobilio RS menjadi lebih tajam, dan velg singletone Mobilio E menjadi lebih membulat. Sementara, untuk Mobilio S, tetap mendapat velg kaleng dengan dop yang sama. Selain itu ada perubahan di aksen-aksen, rumah foglamp, bemper, dan lainnya. Ada juga penambahan fitur AC digital untuk semua varian.

Pada tahun 2018, dihadirkan Mobilio Special Edition untuk tipe E yang hanya tersedia 800 unit saja di seluruh Indonesia. Beberapa fitur diupgrade dari varian standarnya, aksen-aksen ditambah dan velg juga diganti.




Dan pada tahun 2019, setahun setelah menghadirkan varian Mobilio Special Edition yang tersedia hanya 800 unit di Tanah Air, Honda mem-facelift Mobilio lagi. Perubahan yang paling terlihat ada di velg, untuk tipe E diberi velg dualtone yang juga dipakai di Mobilio RS facelift sebelumnya, tipe RS diberi velg dualtone baru, sementara tipe terendahnya masih menggunakan velg yang sama.

Lampu depan di tipe E dan RS kini diberi DRL dengan proyektor pula, sementara tipe S tetap mempertahankan headlamp yang lama. Pada fitur terdapat sedikit penambahan setahu ane.




Kini, pada tahun 2021, ane perkirakan bahwa Mobilio telah terjual sebanyak 250 ribu unit di NKRI. Bersama Brio, Mobilio menjadi "pembesar" nama Honda di Indonesia. 

Ane berharap bahwa Honda terus melakukan inovasi ke Mobilio baru. Generasi Mobilio baru ane harap segera diluncurkan (kalau bisa sih, di GIIAS Agustus nanti), dan Honda terus menambah value for money dari Mobilio.




Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah.

Sumber: 123
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan atau menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast

anton2019827
Feraldi.Noval
blueguy.co.id
blueguy.co.id dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.7K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.