deniswiseAvatar border
TS
deniswise
Megawati Ungkap Alasan Ingin Populerkan Salam Pancasila


Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengungkapkan alasan ingin mempopulerkan Salam Pancasila.

Menurutnya, langkah mempopulerkan Salam Pancasila akan ditempuh demi mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa nasionalisme dan persatuan bangsa dalam menjaga kemerdekaan merupakan hal yang penting.

Baca juga: Megawati Ingin Populerkan Salam Pancasila di Indonesia
"Kalau sekarang saya mau banyak menyebutkan Salam Pancasila. Saya hendak mempopulerkannya, karena setelah merdeka kita punya dasar negara Pancasila. Untuk mengingatkan kita kembali sebagai nasionalis yang cinta pada negara ini," kata Megawati saat berpidato di peresmian kompleks rumah adat atau baileo, monumen, dan jalan Ir. Soekarno, di Masohi, Maluku Tengah, secara virtual pada Senin (21/6).


Megawati menceritakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menugaskan dirinya untuk menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Menurutnya, langkah itu bertujuan agar ideologi Pancasila benar-benar hidup di hati dan dilaksanakan, bukan hanya di mulut.


Presiden kelima RI itu juga menyampaikan bahwa intisari Pancasila adalah gotong royong dari masyarakat. Dalam hal itulah, Megawati mengaku ingin agar pekik 'Salam Pancasila' menjadi sebuah kebiasaan di tengah masyarakat.

Menurutnya, Salam Pancasila sama seperti pekik Merdeka yang kerap digaungkannya untuk mengingatkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang merdeka. Dia berkata, Salam Pancasila bisa diucapkan setelah Cumiikkan Merdeka.

"Dulu saya pekikkan 'merdeka', orang menertawakan saya. Katanya, sudah merdeka, kenapa pekik-pekik merdeka? Itu sebenarnya saya lakukan untuk mengingatkan bahwa kita adalah bangsa merdeka. Jangan mau dijajah lagi," kata Megawati.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...alam-pancasila

Salam Pancasila emoticon-shakehand
Diubah oleh deniswise 25-06-2021 10:01
nomorelies
maleo.pejuang
maleo.pejuang dan nomorelies memberi reputasi
2
1.9K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.