• Beranda
  • ...
  • Sista
  • 6 Langkah Keluar Dari Hubungan Yang Gak Sehat!

adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
6 Langkah Keluar Dari Hubungan Yang Gak Sehat!

Kisah kasih 2 sejoli yang saling jatuh cinta rasanya indah kalau udah disatukan dalam suatu hubungan. Banyak hal baru yang ditemuin dan pengalaman yang dilalui berdua. Mempuyai tempat bersandar serta bercerita rasanya jadi hal paling membahagiakan sedunia. Apalagi kalau kita ngerasa ‘click’ sama pasangan. Semua orang di dunia pasti berharap hubungan yang mereka jalanin masuk ke jenis healthy relationship. Sayangnya, beberapa individu yang disatukan malah bisa jadi toxic.


Photo by Anthony Shkraba  from Pexels

Di threadini, GanSis bisa liat kayak apa sih hubungan yang kurang sehat itu. Layaknya memakai pakaian, makin sering dipakai akan terasa makin nyaman. Ini lah masa dimana walaupun menyiksa bakal terus dijalanin karena berbagai alasan. Males buka hati untuk yang baru, udah ngasih segalanya, udah kenal keluarganya, atau pacaran yang udah lama lah yang mayoritas jadi alasan kenapa susah buat menyadari kalau seharusnya kita udah keluar dari halaman tersebut.

Berbagai jenis toxic relationship bisa terjadi bukan cuma karena salah satu pihak aja, Sist, tapi keduanya. Ketika kita menemukan cowo yang ‘abusive’ dan gak langsung ninggalin orang itu, berarti ada bagian dari diri sendiri yang membiarkan orang tersebut menyiksa kita. Atau ketika kita tau gak cocok sama orang posesif dan masih dilanjut aja pendekatannya, ya berarti kita emang tau kalau ada sesuatu ‘off’ dari awal.

Mungkin lamanya hubungan dan rasa nyaman yang timbul sama orang tersebut bakal susah ditemuin di yang lainnya. Tapi, percaya deh sayang sama diri sendiri itu jauh lebih penting. Kalau Sista sekarang lagi terjebak dalam hubungan yang gak sehat, boleh nih ikutin cara di bawah ini supaya sadar dan move on!

Jangan Selalu Nempel Sama Si ‘Dia’

Kemandirian wajib banget dimiliki oleh kaum wanita. Bukan berarti gak boleh minta tolong atau dibantu sama doi, yang paling penting jangan sampai ketergantungan. Kenapa? Efek buruk dari ketergantungan adalah kita jadi gak bisa melihat dengan jernih apa yang dilakuin pasangan itu baik atau buruk. Rasanya semua bisa dimaafin dan semua permintaan dia harus diturutin. Mungkin ini emang bukan cara keluar sih, tapi ada baiknya diterapin ketika mulai sadar kalau dia bukan orang yang cocok untuk pribadi kita.


Photo By Blogspot.com

Pergi Ketika Harus Pergi

Setiap hubungan pasti punya permasalahannya masing-masing, iya kan? Faktanya, ada beberapa permasalahan yang bisa jadi kebiasaan, seperti selingkuh atau main fisik. Kalau udah kejadian salah satu atau keduanya, mending Sista langsung pergi aja. Jangan selalu nanam mindset ‘Semua orang bisa berubah kalau disayang’ iya, kalau dia mau, kalau nggak? Malah kalian yang kena batunya. 


Photo by Alena Darmel  from Pexels

Cut Off

Gak usah peduliin semua quotes atau orang yang bilang ‘Dih, mantan lo block? Berarti lu gak dewasa dong’. Eiits perlu banget diinget kalau respon masing-masing orang menghadapi suatu masalah itu beda-beda. Kalau emang langsung nge cut off dengan gak mau lagi berhubungan sama sekali, ya gakpapa. Itu semua bukan berarti kalian gak dewasa, tapi itulah cara kalian menghadapi masalah.


Photo By Simplygram.com

Mengubah Kebiasaan dan Mindset


Photo By Detik.com


Sista punya kebiasaan yang monoton dan itu-itu aja? Kayaknya boleh deh diubah walaupun sedikit supaya gak bosen. Mencoba sesuatu yang baru pasti bisa bikin perasaan yang tadinya datar dan galau karena habis putus jadi lebih seneng dan beragam. Mungkin bisa coba dateng ke tempat baru, mencoba makanan baru, dan jalan-jalan sendirian untuk nenangin diri. Mindset negatif yang diperoleh dari hubungan sebelumnya harus dibuang jauh-jauh. Apalagi mindset kalau diri kita selalu kurang. Nah, ini ngebawa ke list selanjutnya…


Photo By Kompasiana.com

Sayangin Diri Sendiri!

Dari awal mulai pendekatan dan komitmen sama orang lain, kita harus bisa sayang sama diri sendiri dulu. Dengan bekal ini kita pasti tau hubungan apa yang sanggup dijalanin dan gimana kita mengizinkan orang lain memperlakukan kita. Jika keluar dari toxic relationship berimbas sama self love, mending kesendirian dipake buat numbuhin cinta ke diri sendiri daripada nyari pelampiasan. Ninggalin orang yang kita sayang apalagi udah lama barengnya emang gak gampang, tapi bakal lebih susah buat bertahan ketika tau itu merusak diri sendiri. 


Photo By Milenialis.id

Olahraga

Siapa yang gak biasa olahraga? Coba deh sekali nyoba berbagai jenis dan cari mana yang paling seru, terus dijadiin kebiasaan. Dijamin bisa ngangkat energi negatif dan malah jadi lebih sehat kedepannya.


Photo by Anna Shvets  from Pexels

Itu dia beberapa langkah yang Sista harus jalanin kalau mau atau lagi proses ngelupain mantan. Jangan nyerah yah apalagi balik lagi.. Duh toxic banget kalau udah putus nyambung! Hidup bakal ngebawa kalian ke ranah yang lebih baik lagi kok ke depannya. Kuncinya cuma sabar dan ikhlas aja. Kira-kira ada tips apa nih supaya lebih gampang lagi?



m4ntanqv
anton2019827
penyukabiru
penyukabiru dan 24 lainnya memberi reputasi
23
6.3K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.