• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!

iskrim
TS
iskrim
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!


[ HT# 744 ]

Siapa tidak mengenal minuman es campur berisi daging kelapa, mutiara, nangka, tapai, selasih, cendol, kolang-kaling dan lainnya disajikan bersama serutan es dan sirup pasti menyegarkan ini memang memiliki rasa yang khas dan penggemar di segala kalangan dan usia. Es campur dan es teller adalah dua nama yang berbeda tapi isinya sebetulnya adalah sama saja.

Es campur ataupun es teler banyak dijual di berbagai tempat dan kalangan, mulai dari kelas kaki lima hingga di mall megah dengan menu tambahan seperti toping susu, parutan coklat dan lainnya. Hadirnya es campur atau es teler ini akhirnya merakyat dan hampir tak pernah lekang oleh waktu.



Kembali ke masa lalu, tapi apakah kamu tahu es campur sebenarnya adalah es teler yang penemunya adalah asli orang Indonesia dan awalnya benar-benar mampu membuat orang yang menikmatinya jadi benar-benar teler sampai lupa orang yang ada di rumah?

Yup, banyak yang tidak menyangka menu es ini dibuat awalnya tanpa konsep yang ribet dan tidak berbelit. Di daerah Menteng sekitar tahun 1967, Jakarta Pusat pak Tukiman Darnowiyono dan istrinya Samijem awalnya berdagang rokok, jamu, siomay hingga bakso mencoba membuat menu minuman baru yang berbahan dasar dari buah dan sirup.

Ide yang terlintas begitu saja rupanya sungguh tidak dinyana, es buatan mereka ternyata benar-benar disukai oleh banyak orang hingga para mahasiswa yang tinggal di lingkungannya bahkan dengan cepat menyebar sampai ke daerah lain.



Pak Tukiman Darnowiyono dan istrinya Samijem asli dari Nguter, Sukoharjo memutuskan untuk alih profesi berjualan es karena awalnya Samijem sang istri bermimpi jika ingin sukses lebih baik berjualan yang segar-segar. Sejak itulah keduanya es yang dicampur dari berbagai bahan tadi, munculah nama es campur dikenal masyarakat kala itu.

Nama es campur semakin lama semakin dikenal masyarakat luas dan memiliki pelanggan dari mana-mana hingga suatu ketika ada langganan seorang mahasiswa menyarankan agar es campur buatan pak Tukiman Darnowiyono dan istrinya Samijem ini di ubah menjadi es teler karena saking enaknya membuat siapapun yang menikmatinya sampai lupa 'urusan dunia' alias teler sesaat.



Makin lama nama es inipun dikenal memiliki dua nama es campur dan es teler namun warung es pak Tukiman Darnowiyono dan istrinya Samijem lebih dikenal dengan nama Es Teler Sari Mulia Asli, dimana memiliki rasa manis yang khas dan spesial karena racikan sirup dan gulanya berbeda pada umumnya. Rasa manisnya itu dibuat dari bahan rahasia, begitulah kira-kira.

Nah, bagi penyuka es campur atau es teler sejati pastinya sudah merasakan es buatan mereka atau yang belum pernah mencoba wajib mencobanya. Apakah sekarang ini rasanya tetap membuat penikmatnya jadi teler seteler-telernya?







Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini, TKPeh!| img : gugel 



Diubah oleh iskrim 23-06-2021 15:02
Shyesun.puchatoinxx08UriNami
UriNami dan 19 lainnya memberi reputasi
20
6.2K
112
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.