• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!


[ HT# 743 ]

Orang kreatif dan orang yang suka mengakali terkadang suka beda tipis saja seperti hal nya soal modifikasi kendaraan yang tidak sesuai standar pabrik dan ketentuan Undang-Undang Lalulintas dimana tujuannya ketentuan ini demi kenyamanan dan keselamatan berkendara dimanapun.

Tapi ada sebagian orang yang dengan ide out of the boxnya mencoba mengakali plat nomor kendaraan dengan maksud agar lebih disegani, lebih keren, ataupun lolos dari pemeriksaan petugas di lapangan.




Maraknya plat nomor kendaraan palsu dilapangan juga menjadi salah satu cara pelaku kejahatan tentu meresahkan masyarakat. Bagi orang awam tentu kadang sulit membedakan mana plat kendaraan asli mana palsu, sebab pembuatan plat kendaraan palsu kini juga tak kalah canggih dan terbilang rapih dalam pembuatannya.

Rupanya apa yang diketahui oleh orang awam berbeda dengan petugas lihat di lapangan, tentu saja para petugas yang sehari-hari bekerja dilapangan sudah 'khatam' dalam membedakan mana kendaraan yang layak jalan dan mana kendaraan yang seolah 'layak jalan' karena telah diakali seperti memalsukan plat nomor.

Dan ternyata, baru sekarang ini akhirnya rahasia bagaimana petugas dapat dengan mudah membedakan plat palsu di jalan rupanya tidak terlalu sulit bagi orang awam untuk memahami dan membedakannya di lapangan.

Setelah membaca thread ini saya yakin orang awam akhirnya akan lebih mudah mengenali lebih jauh dan cepat melaporkan petugas agar lekas dilakukan penindakan lebih lanjut.




Awalnya orang awam melihat plat palsu kendaraan adalah dilihat dari bentuk huruf tidak sesuai standar, warna cat yang berbeda, cap timbul logo korlantas tidak standar, dan ukuran atau bentuk dan ketebalan plat yang berbeda.

Ya, diatas adalah ciri yang paling umum diketahui dan mudah dikenali oleh orang awam, tapi kini rahasia dari pihak kepolisian telah diungkap.

Menurut Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal; cara petugas kepolisian bekerja dilapangan selain petugas yang sudah pengalaman dan jeli dalam penglihatan plat kendaraan asli biasanya terdapat garis putih di sekitar plat nomor serta polanya jelas.




Lebih detilnya untuk plat asli adalah jarak atau spasi setiap huruf konstan, tidak terlalu jauh tidak terlalu dekat, jika dilihat akan serasi berbeda dengan versi palsu adalah kebalikannya; pembuatan tidak memenuhi unsur desain dan dimensi standar bahkan terlihat lebih jelek baik huruf timbulnya, warna, dan bentuknya.

Tapi buat mereka yang masih berniat mengakali rahasia yang telah diungkap ini jangan senang dulu, selain penggunanya diancam dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 pasalnya dilapangan masih bisa dibedakan ciri dan tanda lain yang hanya bisa dikenali oleh petugas yang lebih berpengalaman soal palsu memalsukan plat kendaraan. Jadi jangan merasa senang dulu, ya!

Hidup menerima apa adanya, lagian ngapain susah-susah modifikasi sampai keluar duit dan buang waktu segala kalau ujung-ujungnya tetap kena tilang petugas! Mikir.







Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini, TKPeh!| img : gugel 

Diubah oleh iskrim 23-06-2021 15:02
caduceus22
isu152
jintuang
jintuang dan 46 lainnya memberi reputasi
45
30.3K
282
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.