adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Yuk, Sayangin Lingkungan Dengan Cara di Bawah Ini

Bumi semakin berevolusi dan manusia semakin bertambah jumlahnya. Kelahiran dan kematian adalah 2 hal yang pasti terjadi di dunia yang jadi tempat tinggal kita ini. Setiap makhluk hidup emang harus bekerja dan mencari uang untuk memenuhi segala kebutuhan. Besarnya tanggung jawab, membawa kita harus terus ikut berkembang seiring dengan zaman. Sayangnya, keinginan untuk mendapatkan ‘uang’ bisa menumbuhkan rasa keserakahan dan  tidak bertanggung jawab.


Photo By Bola.com

Penyusutan hutan, eksploitasi laut, membuang sampah sembarangan, tidak menjaga fasilitas umum, dan banyak lagi hal lainnya yang merugikan orang lain. Kalian sadar gak sih kalau beberapa hal di atas itu efeknya gak langsung terasa sekarang tapi bisa kerasa buat anak cucu kita di waktu mendatang? Dengan hutan yang terus diambil sumber daya alamnya tanpa perhitungan yang jelas, pasti bakal ngebuat generasi di masa depan jadi susah untuk memanfaatkan anugerah alam yang harusnya bisa dinikmati setiap manusia tapi dengan perhitungan dan gak serakah!

GanSis yang suka buang sampah sembarangan..sadar gak sih lo kalau kegiatan itu bisa mempersuasi orang lain untuk ngelakuin hal yang sama? Ketika kita pengen buang sampah dan di tempat tersebut udah ada sampah sebelumnya pasti mikirnya yaudahlah orang udah ada sampah sebelumnya, nanti juga diambil. Eits, sampah itu bikin lingkungan jadi gak sehat, dan kalau makin banyak sampah, bisa ngerugiin khalayak yang lebih luas!

Nih, ane punya beberapa tips untuk GanSis bantu sayang lingkungan dengan hal yang simple aja kok!

Ketika Beli MInuman, Bawa Tumblr Sendiri!

Mending GanSis ngerogoh kocek lebih dalam deh buat beli tumblr kesukaan tapi bisa dipake dalam waktu yang lamaaaaaaaa, apalagi nih buat kita-kita yang suka beli kopi! Mending deh coffee shopnya nyediain gelas kalau minum di situ, lah kalau nggak dan pakai plastik? Bayangin berapa banyak jumlah plastik yang dipakai dan dibuang hari itu? 


Photo By Grid.id

Bawa Kantong Belanja Atau Tas Ukuran Besar Kalau Tau Mau Beli Sesuatu

Nah, siapa nih yang masih suka pake kantong plastik walaupun sekarang sebagian besar toko udah berbayar? Mending GanSis bawa aja kantong belanja yang kecil dan biasanya dilipet itu, jadi gak menuhin tas. Atau yang biasa buat cewek-cewek suka jalan dan mau beli skincare atau makeup, mending bawa tas yang ukurannya agak gede aja jadi produknya tinggal dimasukin ke tas. Terutama banget nih buat yang belanja di supermarket, wah waijib banget bawa kantong belanja sendiri dan kalau gak bawa pake kardus aja ya jangan plastik.


Photo By Ikea.co.id

Mengganti Kapas

Okeh, yang cewek pasti tau banget kan seberapa kita butuh kapas? Hahaha. Gak cuma buat ngapus makeup, kapas juga biasanya diperluin buat pake skincare. Kira-kira apa ya yang bisa menghemat atau bahkan ngeganti kapas yang sering kita pake ini? Untuk produk, bisa ganti micellar water dengan yang berbahan oil atau balm karena ketika makeup udah luntur kalian bisa langsung bilas. Kapas yang biasa kita pake bisa mulai diganti dengan yang ramah lingkungan seperti yang berbahan kain. Selain bentuk dan teksturnya yang sama, karena penggunaannya yang bisa dipake berkali-kali jadi lebih hemat dan ramah lingkungan.


Photo By Suara.com

Menggunakan Sedotan Ramah Lingkungan


Photo By Dekoruma.com

Selain tumblr, GanSis juga bisa membawa sendiri sedotan. Ini kecil dan jangan sampe ketinggalan! Sekarang udah banyak banget penjual yang nyediain sedotan ini dengan bahan yang macem-macem, ada stainless, bambu, kertas yang mudah terurai, dsb. Sekarang di beberapa coffee shop dan restoran juga udah nerapin hal ini kok. Good Job!


Photo By Spacestock.com

Jangan Terlalu Sering Membawa Kendaraan Pribadi

Banyaknya warga Jakarta yang bawa mobil atau motor sendiri kerap membuat kemacetan yang bikin pusing tiap harinya. Tapi, gak cuma itu aja, banyaknya kendaraan bikin polusi yang menjadikan kualitas udara di Jakarta jelek. Ada baiknya nih, ngikutin trend yang ada sekarang, kalau harus ke kantor bisa pake sepeda! Selain asik, GanSis juga bisa sekalian olahraga. Jangan lupa influence temen buat ngelakuin hal yang sama, kayaknya lebih asik kalau bareng-bareng, bener gak?


Photo By Grid.id


Menanam Tanaman

Buat kita yang sekarang WFH dan banyak waktu di rumah, mending nanam, yuk! Menanam juga bisa jadi ajang healing dari ruwetnya pekerjaan atau segala tugas-tugas. Bisa bikin rumah lebih cantik dan menyelamatkan lingkungan! Jadi sekali dayung, dua pulau terlampaui, kan?


Photo By Okezone.com

Kira-kira apalagi ya GanSis hal yang bisa dilakuin buat membuat lingkungan jadi lebih sehat dan terawat? Boleh dong bagi-bagi tips lainnya!


zeze6986
dika110103
toinxx08
toinxx08 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & Community
icon
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.