eghyAvatar border
TS
eghy
Kodingareng Keke Island, Hidden Paradise in Makassar

(republika.co.id)


Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali pulau. Cukup jelas ya? Kalau banyak genit namanya negara kegenitan. Kalau banyak semut namanya negara kesemutan. Just kidding... emoticon-Big Grin

Dengan jumlah pulau yang tiada terkira jumlahnya ini, wajar banyak surga-surga tersembunyi di seluruh pelosok nusantara. Salah satunya adalah Pulau Kodingareng Keke di Makassar, Sulawesi Selatan. Gue sendiri gak tau pelafalan yang benar apakah 'kodin-gareng' atau 'ng' tetap disambung 'kodingareng'. Yang tahu penyebutan yang benar silakan komentar jika berkenan.


(travelingyuk.com)


Nah, kalau menyebut Makassar mayoritas dari kita (termasuk gue) akan menyebut Pantai Losari, jika ditanya spot pariwisata di sana. Tapi Pulau Kodingareng Keke? Tak banyak yang tahu. Padahal pulau ini tak jauh loh dari Pantai Losari. Yakni 30 menit saja dari Pantai Losari dengan kapal. Namun akan transit terlebih dahulu di Pulau Samalona. Jadi, Pantai Losari ke Pulau Samalona 15 menit, dan lanjut ke Pulau Kodingareng Keke 15 menit lagi.


(jejakpiknik.com)


Pulau ini begitu indah dengan pasir hamparan pasir putih dan membentang laut nan biru. Hanya saja, karena ini pulau tak berpenghuni, perlu membawa sendiri perbekalan seperti makanan, sunblock cream, sun glasses juga perlengkapan snorkling jika ingin snorkling di sini. Karena memang tak ada warung makan ataupun tempat penginapan. Ada hanya bale-bale sekedar untuk beristirahat bagi pengunjung.


(tribunnews.com)


Untuk kamar kecil atau toilet gimana?

Nah, ini pertanyaan gue juga nih. Barangkali ada yang mau nambahin silakan. Tapi menurut gue udah pasti ada. Agak repot juga kalau panggilan alam datang kita harus nyebur ke laut. Sangat merepotkan pastinya!

Ada signal gak? Bisa internetan gak?

Kalau ini gue ada jawabannya. Kalian gak perlu kuatir. Gunakan saja smartfren untuk akses internet kamu di sana. Apalagi ada paket Unlimited MAXI. Agar trip kamu ke Pulau Kondingareng Keke ini tidak terkendala karena tak ada signal atau kehabisan quota internet.

Tinggal jepret aja yang banyak. Atau bikin video seharian. Pastikan memory cukup dan prepare powerbank. Hasil jepretan dan video upload malam hari di penginapan. Gunakan paket smartfren extra unlimited malam fullspeed supaya proses upload foto dan/atau video lancar jaya.

Dan karena masih dalam suasana lebaran, dengan smartfren bisa sebagai alat silaturahmi dengan keluarga dan teman-teman. Setelah sebulan full smartren menemani puasa kita, pas lebaran smarftren pula yang memperlancar silaturahmi kita.



Jangan lupa protokol kesehatan ya kalau mau ke Pulau Kodingareng Keke ini?

Sebagai penutup, gue tampilkan video pulau nan eksotis ini.


(Youtube/ANDI RAHADI)


Spoiler for Referensi:
Diubah oleh eghy 25-05-2021 03:20
indrag057
andrerain5
amdar07
amdar07 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Makassar
Makassar
icon
1.8KThread639Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.