Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Malang
  • Edukasi Menu Makanan Sehat Gizi Seimbang oleh Mahasiswa UMM, dalam rangka PMM 2021

pmm54ummAvatar border
TS
pmm54umm
Edukasi Menu Makanan Sehat Gizi Seimbang oleh Mahasiswa UMM, dalam rangka PMM 2021
Edukasi Menu Makanan Sehat Gizi Seimbang oleh Mahasiswa UMM, dalam rangka PMM 2021
Malang – Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 54 gelombang 5 tengah mengadakan edukasi mengenai menu makanan sehat gizi seimbang di Panti Asuhan Nurul Abyadh yang beralamat Jl. Bendungan Sigura-gura I No. 8, Malang. Kegiatan PMM yang beranggotakan lima orang mengusung tema yaitu “Penyuluhan Mengenai Menu Makanan Sehat Dalam Upaya Peningkatan Gizi Seimbang di Panti Asuhan”. Gizi seimbang berarti mengandung beragam nutrisi dalam porsi yang sesuai dengan kebutuhan, dikatakan imbang bila asupan zat gizi yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan gizinya.


Penyuluhan ini didasari atas pentingnya penyuluhan menu makanan sehat gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan energi, protein, lemak, karbohidrat dan vitamin serta mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Masa pandemi COVID 19 yang belum usai ini mengakibatkan perubahan dalam gaya hidup sehari-hari, terutama menjaga pola makan yang baik. Upaya untuk mempertahankan pola makan seimbang yang sehat sangat penting agar sistem kekebalan tubuh dapat meningkat sehingga risiko akan penyakit dapat terhindar. Memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber terbaik berbagai vitamin, mineral dan serat, dimana berperan sebagai antioksidan sebagai penangkal senyawa tidak baik dalam tubuh.



Penjelasan terkait materi oleh salah satu mahasiswa Teknologi Pangan UMM selaku salah satu anggota kelompok PMM menerangkan bahwa, adanya edukasi seperti ini dapat meningkatkan pengetahuan anak-anak Panti Asuhan untuk tetap memperhatikan asupan gizi mereka serta tidak lupa untuk melakukan aktivitas fisik yaitu olahraga, mengingat masih terjadi pandemi seperti ini sangat penting menjaga stamina dan imun dimana diperoleh dari asupan sehari-harinya.


Salah satu anak panti mengatakan, “Selama ini ternyata saya masih kurang untuk menerapkan pola makan sehat karena saya merasa sulit menyesuaikan jenis makanan dan memadukan bahan lokal sebagai asupan gizi serta masih belum banyak informasi terkait konsep gizi seimbang,” ujarnya, Minggu (13/06/2021). Penerapan gizi seimbang juga perlu dilakukan aktivitas fisik salah satunya olahraga, kemudian istirahat yang cukup dan membatasi gula, garam serta lemak. Selama penyuluhan berlangsung terlihat antusiasme dari anak-anak panti mengenai materi juga terdapat beberapa pertanyaan dilontarkan. Edukasi yang dilakukan oleh mahasiswa PMM Kelompok 54 Gelombang 5 juga memberikan informasi mengenai zat gizi apa saja yang dibutuhkan dalam tubuh serta alternatif sumber gizi yang terjangkau untuk dikonsumsinya. Penyuluhan ini berharap terdapat manfaat bagi anak-anak panti agar terhindar dari malnutrisi selain itu penting diterapkan agar tubuh tetap sehat dan tehindar dari beragam penyakit.


Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan kegiatan pengganti KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang berada dibawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) UMM. Seluruh kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Sri Winarsih, S.TP., MP. Besar harapan agar program kerja yang telah diusung oleh PMM Kelompok 54 Gelombang 5 dapat bermanfaat dan ilmu yang disampaikan dapat diterapkan dengan sebaik-baiknya.

Diubah oleh pmm54umm 16-06-2021 06:38
amandashfrd
amandashfrd memberi reputasi
1
561
1
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Malang
MalangKASKUS Official
4.2KThread1.8KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.