• Beranda
  • ...
  • Madura
  • Camilan Kuno Khas Sumenep Berbahan Air Nira Jubede

abahaquariusAvatar border
TS
abahaquarius
Camilan Kuno Khas Sumenep Berbahan Air Nira Jubede


Hai, GanSist ane mau ngajak jalan-jalan ke Sumenep, Madura nih. Eit, tapi jalan-jalannya melalui thread yang ane suguhkan kali ini. Sumenep mempunyai makanan atau camilan khas yang terhitung udah kuno, nih, GanSist. Camilan kuno tersebut berbahan Air Nira Jubede, salah satu camilan kuno yang bertahan hingga saat ini.

Bahan utama pembuatan camilan ini adalah air nira. Meski bahan utama pembuatnya kian langka, camilan yang ada sejak zaman dulu ini masih bisa dijumpai di Sumekar atau Sumenep. Rasanya dominan gula merah.

Camilan ini bernama Jubede. Biasa dijadikan camilan di Sumenep dan merupakan camilan khas kabupaten paling timur di Madura. Selain air nira, bahan ain yang dibutuhkan dalam pembuatan Jubede adalah tepung jagung, tepung tapioka dan gula pasir.

Proses pembuatannya sangat tradisional. Setelah semua bahan dicampur dan diolah, Jubede harus didinginkan dan dijemur sekitar dua hari di bawah sinar matahari supaya benar-benar kering. Setelah kering, lembaran-lembaran Jubede dipotong lalu dikemas.

Kemasan Jubede ini unik dengan tali-tali kecil di hampir semua bagiannya. Penikmatnya pun harus hati-hati saat memakannya agar tali tersebut tak sampai tertelan.



Jika Agan dan Sista tertarik untuk mencicipi camilan kuno yang khas ini, bisa deh berkunjung ke Sumenep. Saat berada di Sumenep, jika Agan dan Sista ingin berbagi keseruan bisa menyantap camilan kuno ini melalui medsos, Agan dan Sista tidak perlu khawatir. Smartfren Unlimited MAXI membuat petualangan Agan dan Sista menjadi seru. Akses internetnya yang anti lelet dan menjangkau kawasan mana saja, meskipun berada di pedalaman. Apalagi Smartfren Unlimited MAXI ini ada benefit tambahan berupa kuota malam yang dimulai dari jam 01.00-05.00 menjadikan malam panjang Agan dan Sista selama di Sumenep, Madura tidak membosankan. Wah, keren, kan?

Sumber: klik
sandores
nevany
ambiguz
ambiguz dan 2 lainnya memberi reputasi
3
535
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Madura
MaduraKASKUS Official
1.7KThread686Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.