Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • Seberapa Pentingkah Investasi Pendidikan? Alasannya Apa? Yuk Nginvest!

Kaurika2004Avatar border
TS
Kaurika2004
Seberapa Pentingkah Investasi Pendidikan? Alasannya Apa? Yuk Nginvest!
Seberapa Pentingkah Investasi Pendidikan? Alasannya Apa? Yuk Nginvest!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang pentingnya investasi sejak dini dan pembahasan saya kali ini adalah tentang pentingnya investasi di bidang pendidikan.

Seberapa Pentingkah Investasi Pendidikan? Alasannya Apa? Yuk Nginvest!


Investasi yang sangat berharga dan sangat pasti akan mengembalikan modal awal adalah investasi pendidikan. Investasi pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang pastinya akan sangat bermanfaat dan sudah seharusnya menjadi skala prioritas. Contohnya adalah memberikan pendidikan setinggi-tingginya kepada anak.

Saat orang tua melakukan investasi di bidang pendidikan kepada anak-anaknya, maka orang tua tersebut sudah membekali anak-anaknya dengan ilmu yang akan bermanfaat di masa depan dibandingkan dengan sekadar harta yang diberikan. 

Investasi pendidikan bukan hanya harus dilakukan saat sudah berkeluarga maupun saat sudah memiliki anak, saat belum berkeluarga akan lebih baik lagi jika sudah memikirkan investasi pendidikan untuk anak-anaknya kelak.

Seberapa Pentingkah Investasi Pendidikan? Alasannya Apa? Yuk Nginvest!


Pendidikan yang dimaksud bukan hanya pendidikan formal, bisa juga dengan pendidikan non formal yang dapat meningkatkan akhlak dan perilaku anak seperti pendidikan agama.

Berikut ini beberapa alasan mengapa investasi pendidikan menjadi sangat penting :

- Pendidikan dan ilmu pengetahuan akan terus berkembang sehingga akan sulit untuk memprediksi seberapa besar biaya pendidikan yang dibutuhkan maka diperlukan investasi dalam bidang pendidikan untuk mengukur seberapa besar keuangan yang kita miliki.

- Sudah menjadi rahasia umum jika saat ini rata-rata perusahaan akan melihat latar belakang pendidikan seseorang sebagai bahan pertimbangan untuk penempatan kerja pada perusahaan tertentu.

- Pendidikan tidak akan ada masa habisnya, kemampuan seseorang akan dimiliki akan jadi investasi seumur hidupnya.

- Manfaatnya akan sangat dirasakan di kemudian hari jika anak sudah dewasa dan memasuki dunia kerja.

Seberapa Pentingkah Investasi Pendidikan? Alasannya Apa? Yuk Nginvest!


Seperti kita ketahui bersama, bahwa salah satu masalah utama pendidikan yang ada di negara kita adalah terkendala dengan finansial.

Biaya pendidikan yang cukup mahal dan setiap tahunnya mengalami kenaikan membuat sebagian masyarakat abai terhadap pentingnya investasi pendidikan.

Untuk mengimbangi biaya pendidikan yang mahal dan cenderung selalu naik tiap tahunnya, maka perlu dilakukan manajemen keuangan yang baik serta investasi di bidang lainnya, seperti :

1. Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan, sedari dini kita bisa menyisihkan uang untuk ditabung dengan tujuan pendidikan anak di masa depan.

Kekurangan dari tabungan pendidikan adalah bunga yang cukup kecil jika dibandingkan dengan kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya.

2. Deposito

Hampir mirip dengan tabungan, bedanya bunga yang didapatkan lebih besar dari tabungan serta tidak dapat diambil sewaktu-waktu. Jangka waktu deposito biasanya 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 3 tahun atau sesuai dengan perjanjian.

Untuk bunga deposito juga masih termasuk kecil jika dibandingkan dengan kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya.

3. Asuransi Pendidikan

Saat ini banyak program asuransi pendidikan yang setiap bulannya membayar premi dengan tujuan dana pendidikan anak di masa depan. Pemilik asuransinya adalah orang tua yang jika sewaktu-waktu terjadi resiko kepada orang tuanya, maka anak akan tetap mendapatkan dana pendidikan tanpa perlu membayar premi lagi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati di awal.

Untuk perhitungannya masing-masing pemilik asuransi akan berbeda-beda, hal ini disesuaikan dengan kemungkinan resiko yang akan terjadi kepada orang tuanya.

4. Reksadana

Reksadana merupakan jenis investasi yang dikelola oleh perusahaan manajemen investasi. Reksadana merupakan investasi jangka panjang yang bisa memberikan hasil tinggi dan bisa mengimbangi kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya. Fleksibel, dapat dibeli dan dijual kapan saja sesuai dengan ketentuan.

Namun perlu diingat juga, untuk hasil yang tinggi maka akan ada pula resiko yang dimiliki tergantung jenis reksadananya.

5. Emas

Emas merupakan investasi jangka panjang yang relatif aman, setiap tahun harga emas akan cenderung naik dan relatif stabil. Untuk tujuan investasi sebaiknya menyimpan emas batangan yang memiliki kadar 99% dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan.

Saat ini untuk memiliki emas sangatlah mudah dan bisa disesuaikan dengan dana yang dimiliki saat ini, tidak perlu menunggu untuk mempunyai uang yang banyak. Investasi emas mudah untuk dijual lagi saat ada kebutuhan.

6. Properti

Investasi properti bisa dibilang merupakan investasi yang sangat menguntungkan dikarenakan nilai tanah yang tidak pernah akan turun.

Salah satu kekurangan dalam melakukan investasi properti adalah tidak bisa langsung dijual jika ada kebutuhan mendadak, kecuali dijual dengan harga di bawah harga pasar saat itu.

Seberapa Pentingkah Investasi Pendidikan? Alasannya Apa? Yuk Nginvest!


Selain investasi pendidikan untuk anak, investasi pendidikan juga bisa dilakukan terhadap diri sendiri. Misalnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, mengikuti pelatihan-pelatihan berbayar maupun gratis yang tentunya akan menambah kemampuan kepada diri kita sendiri dalam berkompetensi di masyarakat yang pastinya akan mendapatkan #CuanXtra.

Demikianlah pembahasan singkat saya tentang pentingnya investasi di bidang pendidikan. Semoga bermanfaat.

Stay Safe and Healthy

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ref :
1 | 2
dieq41
qonidio
08523456789
08523456789 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
724
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
70KThread11.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.