Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sam2Avatar border
TS
sam2
Alam Semesta dan Tubuh Kita - Kisah Perjalanan sebuah Atom
Welcome !! Ane nemu artikel begini nih gan lagi iseng-iseng browsing , semoga bermanfaat yah

SUMBER

Spoiler for Richard Feynman :


Alam Semesta dan Tubuh Kita - Kisah Perjalanan sebuah Atom


Di sini Anda berada, seorang manusia, sebuah semesta dari grand atom yang telah mengorganisir diri menjadi monomer sederhana, dirakit bersama menjadi makromolekul raksasa, yang pada gilirannya terdiri dari organel yang membentuk sel-sel Anda. Dan di sinilah Anda, kumpulan dari sekitar 75 triliun sel khusus, diatur sedemikian rupa sehingga membentuk Anda.

Alam Semesta dan Tubuh Kita - Kisah Perjalanan sebuah Atom
pada intinya, Tubuh Anda hanyalah atom, sejumlah besar atom, sekitar ~1028 atom - tetapi tetap atom.

Spoiler for TUBUH kita:


Alam Semesta dan Tubuh Kita - Kisah Perjalanan sebuah Atom

Selama seratus juta tahun ke depan atau lebih, atom kita ini menemukan dirinya terperangkap dalam tarikan gravitasi dari alam semesta, yang mulai membentuk bintang-bintang dan galaksi. Tapi sebagian besar atom - lebih dari 95% - bukan merupakan bagian dari generasi pertama bintang, dan atom kita ini juga tidak.

Bahkan, ketika bintang-bintang pertama terbentuk, mereka menendang elektron keluar dari atom yang mengelilingi mereka, menciptakan ion sekali lagi.

Beruntung bahwa atom kita ini berada di awan molekul padat, terlindung dari radiasi ini. Setelah lebih dari satu miliar tahun menjadi atom netral, akhirnya atom kita menemukan dirinya ditarik oleh gaya tarik gravitasi calon bintang raksasa.

Atom kita ini kehilangan elektron dan jatuh ke inti bintang, di mana ia menetap sebagai inti hidrogen selama jutaan tahun, kemudian mendapat gilirannya untuk bergabung dengan inti hidrogen lainnya, menyatu menjadi inti helium. Ketika inti bintang kehabisan bahan bakar hidrogen, fusi helium dimulai, dan atom kita ini menyatu dengan dua atom helium lain untuk menjadi inti karbon!

Alam Semesta dan Tubuh Kita - Kisah Perjalanan sebuah Atom

Sementara atom lain yang lebih dekat ke pusat bintang berfusi lebih lanjut, inti atom karbon kita tetap. Ketika inti bintang runtuh dan bintang bersupernova, atom kita tertiup keluar ke medium antarbintang, di mana ia tinggal selama miliaran tahun

Sementara miliaran bintang lainnya menjalani siklus hidup dan mati mereka, inti atom karbon kita tetap di ruang antar bintang, akhirnya mengambil enam elektron dan menjadi netral. Atom karbon kita ini kemudian ditarik oleh gravitasi dari kumpulan gas netral, dan didinginkan, akhirnya dia tersedot oleh perturbasi gravitasi lainnya, saat pembentukan bintang terjadi sekali lagi

Kali ini, atom kita tidak jatuh ke pusat bintang dari sistem, melainkan ke disk berdebu yang mengelilinginya. Seiring waktu, disk terpisahkan kemudian menjadi planetoids dan planetesimal, dan atom kita ini berada di salah satu dari mereka.

Alam Semesta dan Tubuh Kita - Kisah Perjalanan sebuah Atom

Disinilah pertama kali atom karbon kita bergabung bersama-sama dengan empat atom hidrogen, menjadi metana, dan kemudian melalui jutaan reaksi kimia yang berbeda dari waktu ke waktu.

Setelah kehidupan muncul di Bumi, dia menjadi bagian dari DNA bakteri, kemudian menjadi bagian dari dinding sel tanaman, dan akhirnya menjadi bagian dari sebuah organisme kompleks yang akan dikonsumsi oleh Anda.

Atom kita saat ini berada dalam sel darah merah Anda, di mana ia akan tetap disana untuk total sekitar 120 hari, sampai sel itu dihancurkan dan diganti dengan sel lain.

Meskipun sel - dan semua sel dalam tubuh Anda - akan dihancurkan dan diganti, Anda tetap menjadi orang yang sama, dan atom hanya akan mengambil fungsi yang berbeda, baik didalam maupun diluar tubuh Anda. Atom-atom dalam tubuh Anda bersifat sementara, dan semua bisa diganti - tanpa diketahui oleh Anda - oleh yang lain dari jenis yang sama.

Dan masing-masing atom dari 1028 atom dalam tubuh Anda memiliki kisah yang spektakuler dan unik seperti atom kita satu ini! Fisikawan terkenal Richard Feynman pernah mengatakan,

"I / a Universe atom / an atom in the Universe."

Kisah Alam Semesta ada bersama tiap-tiap atom didalam tubuh Anda. Dan setelah 13,7 miliar tahun, 10.000.000.000.000.000.000.000.000.000 , mereka telah terkumpul menjadi bersama, dan itu Anda. Alam Semesta ada dalam diri Anda, sepasti Anda berada di dalam Alam Semesta.


Alam Semesta dan Tubuh Kita - Kisah Perjalanan sebuah Atom

Anda, adalah alam semesta dari atom-atom, sekaligus sebuah atom di alam semesta ini.

Nanti ane lanjut lagi gan ... sebelumnya TS berharap emoticon-Rate 5 Starterimakasih emoticon-Matabelo
Diubah oleh sam2 03-04-2013 10:41
majorminor666
majorminor666 memberi reputasi
1
11.4K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.