Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Chikashi.MasudaAvatar border
TS
Chikashi.Masuda
Terungkap Utang Biaya Hotel Miliaran BNPB ke Hotel di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 06:05 WIB

https://news.detik.com/berita/d-5601...l-di-jakarta/2

Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menghentikan sementara pembiayaan hotel untuk isolasi mandiri orang tanpa gejala (OTG) virus Corona (COVID-19), dan tenaga kesehatan. Namun, BNPB menyisakan hutan miliaran rupiah kepada pihak-pihak hotel tersebut.
Juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan secara bertahap anggaran untuk pembiayaan isolasi mandiri di hotel akan diserahkan ke pemerintah daerah. BNPB hanya akan membantu pembiayaan tempat isolasi mandiri di hotel yang hingga 15 Juni 2021.

"Melalui kesepakatan kementerian/lembaga terkait dan jajaran pemerintah daerah pembiayaan isolasi mandiri yang awalnya tersentral oleh pemerintah pusat akan secara bertahap dilakukan terdesentralisasi kepada pemerintah daerah," kata Wiku, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB Indonesia, Rabu (9/6/2021).


Pemerintah daerah dinilai dapat menyesuaikan kebutuhan isolasi mandiri. "Hal ini menimbang upaya penanganan COVID-19 terbaik sesuai dengan tantangan yang khas dari setiap daerah dan diharapkan dapat disesuaikan secara lebih efektif," katanya.

Lebih lanjut, ia mengungkap pemerintah pusat akan membantu pemerintah daerah jika mengalami hambatan dalam penyediaan ruang isolasi pasien COVID-19.

"Pemerintah pusat akan siap membantu pelaksanaannya sehingga dimohon bagi pemerintah daerah yang mengalami kendala khususnya pengadaan fasilitas isolasi maupun karantina mandiri bisa memanfaatkan forum komunikasi dengan pemerintah pusat untuk dapat dicari jalan keluarnya secara bersama-sama," ujarnya.

BNPB Hutang Rp 140 Miliar
BNPB membeberakan memiliki hutang Rp 140 miliar kepada hotel tempat isolasi mandiri di DKI Jakarta. Kini, mereka telah memutuskan untuk menghentikan sementera pembiayaan hotel tersebut.
"Sekitar Rp 140 miliar yang belum kita bayar ke beberapa hotel," ujar Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Dody Ruswandi kepada wartawan, Kamis (10/6).


Ada 31 hotel di Jakarta yang pembiayaan untuk isolasi OTG COVID ditanggung BNPB. Dan untuk periode Juni baru dibayarkan Rp 60 miliar.



"Rp 60 miliar sudah kita bayarkan untuk periode Januari-Juni," paparnya.

BNPB mengatakan akan melunasi tagihan hotel di Jakarta itu. Saat ini Kemenkeu sedang merumuskan pembiayaannya.
"Harus kita lunasi, usulan anggarannya sedang berproses di Kemenkeu," kata Dody.
Dari 31 hotel yang ditanggung BNPB, 15 hotel untuk pasien OTG COVID-19. Dan 16 hotel sisanya untuk penginapan tenaga kesehatan.


(aik/dwia)



cyber boy
cyber boy memberi reputasi
1
859
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.