Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lowbrowAvatar border
TS
lowbrow
Keluh Ojol Terima Order BTS Meal: Rp9.600 usai Antre 3 Jam


Pengemudi ojek daring atau online (Ojol) Arfianto (24) kaget dengan kerumunan massa begitu tiba di sebuah restoran makanan siap saji McDonald's (McD) di Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (9/6) siang.
Ia yang masih di atas motornya melihat halaman gerai McD itu ramai disesaki orang dan kendaraan roda dua ojol yang hendak membelikan The BTS Meal.

"Tahu-tahu ternyata emang orderannya lagi melonjak gara-gara menu baru, ama promo-promonya," kata Arfi saat ditemui CNNIndonesia.com di tepi jalan sekitar gerai makanan cepat saji tersebut.


Baca juga: Polisi: Manajemen McD Minta Maaf soal Kerumunan BTS Meal
Dia yang sering mendapat pesanan untuk membeli makanan dari gerai McD Jati Padang itu mengaku antrean tersebut tak wajar. Betapa tidak, pelayanan yang biasanya bisa ia dapatkan dalam waktu sekitar 15 menit di gerai tersebut berubah menjadi 2,5 jam.

"Nyampe sini jam 10.20 WIB, sampai di restonya. Jam 13.00 WIB baru selesai," keluh Arfi.

secara serempak pada Rabu lalu.

Selain persoalan pelanggaran protokol kesehatan yang membuat aparat bertindak, para driver itu terjebak dalam antrean yang mesti mereka lakukan selama berjam-jam. Sementara, mereka mesti berkejaran dengan waktu agar bisa mencapai target trip dalam sehari.


Akibatnya, hingga menjelang petang, Arfi baru mendapatkan dua orderan. Padahal, biasanya, sejak turun ke jalanan pada pukul 10.00 hingga 17.00 WIB, dirinya rata-rata bisa menyelesaikan delapan trip.

"Sekarang jadi anyeb gara-gara antrean McD," keluh Arfi.

Para driver itu juga mengeluhkan bayaran yang tidak sebanding dalam menyelesaikan pesanan ini. Dari antrean selama 2,5 jam, Arfi mengaku hanya mendapatkan bayaran dengan argo normal senilai Rp9.600.

"Kalau satu orderan tiga jam kan sengsara di driver-nya. Cuman satu orderan antreannya dua setengah [jam], dapatnya cuman sembilan ribu [rupiah]," keluh Arfi.

Serupa, Aris (25), driver rekan Arfi, pun merasakan nestapa menunggu hingga berjam-jam demi melunasi pesanan BTS Meal. Padahal, ia hanya mendapatkan Rp9.600 dari antrean BTS Meal selama berjam-jam.

Hari itu, Aris mulai datang di gerai McD Jati Padang sekitar pukul 11.00 WIB, dan baru mendapatkan pesanannya pukul 13.00 WIB.

Menurut Aris, saat itu hanya terdapat satu karyawan McD yang bertugas mencatat pesanan. Pihak McD pun melayani pesanan secara acak. Driver yang baru datang, kata dia, malah didahulukan.

"Yang Gojek itu kita dikebelakangin. Yang pertama masuk itu Shopee sama Grab yang dipanggil," ungkap Aris.

Gara-gara terjebak antrean di gerai itu, malam itu terpaksa ia pulang lebih larut untuk memenuhi target trip hariannya.

"Biasanya 16 orderan jam segini... Mulai on-nya dari jam 6 pagi. Biasanya jam 5 sore sudah pulang, sudah kelar," keluhnya.

Baca juga: Penjual BTS Meal Online Menjamur, Dijual Hingga Rp100 Juta
Driver ojol lain, Ridwan, mengaku pasrah saja saat ia terjebak dalam antrean. Dia mengaku tiba di McD Jati Padang itu sekitar pukul 10.00, dan baru mendapatkan pesanan untuk diantarnya sekitar pukul 13.30 WIB.

Ridwan mengaku tidak bisa begitu saja membatalkan pesanan itu karena perusahaan aplikasi Gojek telah meneken kerjasama dengan McD. Selain itu, performa akunnya akan turun dan tak bisa menerima orderan dalam waktu lama jika membatalkan pesanan.

"Kalau udah masuk ya harus pasrah, harus jalanin. Kalau kita cancel nanti dapet orderan lama," ujar Ridwan.

Seperti halnya Arfi dan Aris, hingga sore itu target trip Ridwan belum tercapai. Padahal, ia sedang tidak mengantongi cukup uang dan bensin habis.

"Makanya ini lagi haus, enggak ada duitnya. Bensin habis, duit kagak [dapat]," selorohnya.

Ridwan sendiri mengaku tidak mendapatkan keluhan dari konsumen yang menggunakan jasanya via aplikasi ojol. Pasalnya, begitu melihat antrean panjang, dia pun segera memberitahu pengguna jasanya via aplikasi pesan.

Driver ojol lainnya, Muhammad Ilham (20), memutuskan hal yang berbeda. Ia memilih membatalkan pesanan ketimbang terjebak dalam antrean tidak wajar di gerai McD Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat.
Ilham mengaku mendapat pesanan sekitar pukul 12.00 WIB. Saat ia tiba di gerai tersebut, polisi dan petugas dari Dinas Perhubungan terlihat telah berjaga di tempat. Sementara, sepeda motor driver ojol tampak terparkir hingga ke badan jalan.

"Kata orang situ ini gara-gara kelamaan jadi pada ngantre, itu ada sekitar 500 orang," kata Ilham saat bertemu CNNIndonesia.com, Rabu petang.


"Makanya saya cancel aja, soalnya kagak bisa masuk ke dalem, motor juga enggak bisa diparkir di jalanan," kata Ilham.

Baca juga: Kasus BTS Meal, Pemerintah Dinilai Tak Konsisten Beri Sanksi
Penutupan Gerai
Kehebohan antrean BTS Meal yang terjadi pada Rabu (9/6) terjadi di Jakarta dan sejumlah kota-kota besar lainnya. Aparat pun memutuskan menutup sementara sejumlah gerai McD di wilayahnya untuk menghentikan kerumunan.

Pada Kamis (10/6), atau hari kedua promo, CNNIndonesia.com mendapati salah satu gerai McDonald's yang berada di lokasi Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat masih ditutup usai kerumunan yang terjadi pada Rabu lalu.

Jalan masuk menuju ke area gerai tidak ditutup. Hanya ada dua cone berwarna oranye yang dipasang di jalan masuk itu. Namun, stiker tanda penutupan sementara masih terpasang di pintu masuk gerai restoran cepat saji tersebut.

Selain itu, spanduk promoso BTS Meal juga masih nampak terpasang di area gerai McDonald's itu.

Salah seorang karyawan mengatakan gerai kembali dibuka pada Kamis ini sekitar pukul 14.00 WIB usai masa penutupan sementara berakhir. Diketahui, penutupan sementara itu berlaku selama 1x24 jam.

Kepada CNNIndonesia.com, karyawan gerai itu menyampaikan promo BTS Meal masih tetap berlangsung pada hari ini di beberapa gerai. Pemesanan pun hanya akan dibuka lewat jalur internal.

"Nanti pesannya lewat 14045 (nomor McDelivery) jadi enggak lewat online lagi, biar enggak antre," ucap karyawan itu.

Penutupan sementara juga berlaku di gerai McDonald's yang berlokasi di Jalan Tambak, Jakarta Pusat. Gerai ini pun rencananya akan kembali dibuka pada sore ini. Suasana di gerai tersebut tampak sepi. Stiker bertulisankan "ditutup sementara" juga masih terpasang di pintu masuk gerai.

"Nanti sore buka lagi," kata karyawan di gerai tersebut.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-antre-3-jam/2

Ramai sekali sampe kayak gini

muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
1.6K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.