Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Sports
  • Adakah yang Menyusul Berti Vogts: Pemain dan Pelatih Juara Euro?

KASKUS.KAPTENAvatar border
TS
KASKUS.KAPTEN
Adakah yang Menyusul Berti Vogts: Pemain dan Pelatih Juara Euro?
Euro 2020 alias Piala Eropa yang digelar 2021 bakal menguasai diskusi dunia sepak bola. Nah, lewat Kaptenpedia, GanSis bakal dapat info-info menarik seputar Euro. Termasuk mencari siapa penerus Berti Vogts.



Ada apa dengan Berti Vogts? Pria Jerman berusia 74 tahun ini dikenal sebagai salah satu bek tangguh di era 1960 dan 1970-an. Klubnya Borussia Moenchengladbach... timnasnya? Ya Jerman dong.

Nah, salah satu keberhasilan Berti Vogts adalah menjadi bagian timnas Jerman saat menjuarai Euro 1972. Jerman juara dengan mengalahkan Uni Soviet 3-0 di laga final di Heysel Stadium, Brussels. Tapi, Berti Vogts tidak bermain di partai final ini.

Lalu, ketika menjadi pelatih, Berti Vogts memimpin Juergen Klinsmann dkk. menjuarai Euro 1996 di Stadion Wembley, London. Vogts berhasil menebus kegagalan jerman di final Euro 1992 di Swedia.


Jerman Euro 1996 (Pinterest)

Lalu, siapa dong pelatih yang bisa mengikuti jejak Berti Vogts yang juara sebagai pemain dan pelatih? Untuk di Euro 2020 ini hanya ada 1 kandidatnya: Didier Deschamps!

Mari kita bongkar sejarah sang pelatih. Didier Deschamps adalah kapten timnas Prancis ketika menjuarai Euro 2000 di Belanda-Belgia. Les Bleus mengalahkan Italia di final.


Deschamps dan Zidane di Euro 2000 (@Twitter)

Jangan lupa, sebelumnya Deschamps sudah berstatus pemain & pelatih juara Piala Dunia. Ya, Didier Deschamps adalah pemain juara Piala Dunia 1998 dan pelatih Prancis di Piala Dunia 2018.

Apakah setelah membawa Prancis juara Euro 2000 Didier Deschamps akan memimpin tim asuhannya juara Euro 2020?

Di Grup F, Deschamps akan memimpin Prancis menghadapi Jerman, Portugal, dan Hungaria. Bukan grup yang ringan.

Tadinya, pesaing Deschamps adalah Ronald Koeman, mantan bek tangguh Belanda. Masih ingat sepak bola menghibur Belanda di Euro 1988 kan? Nah, di sana Koeman adalah bek tangguh bersama duetnya Frank Rijkaard.

Lalu, Ronald Koeman menangani timnas Belanda sejak Februari 2018. Namun, tawaran dari Barcelona membuatnya melepas jabatan itu pada Agustus 2020. Posisinya diteruskan oleh Frank de Boer.

Tadinya, ada lho pelatih yang bertugas di Euro 2020 yang nyaris jadi juara sebagai pemain. Mereka adalah Roberto Mancini (Italia), Gareth Southgdate (Inggris). Bila Italia gagal di semifinal Piala Eropa 1988 oleh Uni Soviet, Inggris (rasanya) masih menyesali kegagalan mereka dalam adu penalti di semifinal Euro 1996 melawan tim asuhan Berti Vogts: Jerman.

Gareth Southgate (TalkSport)

Siapa algojo Inggris yang gagal jadi eksekutor di duel penalti itu? Gareth Southgdate. Dia satu-satunya yang gagal dari Inggris.
Bolabastis
Bolabastis memberi reputasi
1
1.1K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
SportsKASKUS Official
23.2KThread11.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.