Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Sports
  • Euro 2020: Cerita Menarik Helmut Schon & Del Bosque hingga Grup F Ditakdirkan Tuhan!

KASKUS.KAPTENAvatar border
TS
KASKUS.KAPTEN
Euro 2020: Cerita Menarik Helmut Schon & Del Bosque hingga Grup F Ditakdirkan Tuhan!
Sejak bergulirnya Piala Eropa dari tahun 1960 hingga 2016, ternyata tidak ada satu pun pelatih di muka Bumi ini yang berhasil meraih dua gelar Piala Eropa loh. Sejarah mencatat, selalu ada nama pelatih baru yang menjuarai kompetisi paling akbar di Benua Biru Ini.


(Helmut Schon dan Vicente del Bosque, Foto: Design Kapten Kaskus)


Bahkan Spanyol yang berhasil mempertahankan gelarnya (2008 dan 2012) dilatih oleh dua orang yang berbeda Agan dan Sista. Spanyol 2008 dilatih Luis Aragones sedangkan Spanyol 2012 dilatih Vicente del Bosque.


(Kiri: Vicente del Bosque bersama Xavi, Kanan: Luis Aragones bersama Xavi, Foto: Marc)


Walaupun tidak ada pelatih yang berhasil meraih dua gelar Piala Eropa namun ada loh pelatih yang meraih gelar Piala Eropa dan Piala Dunia yang lebih spesialnya lagi, hanya dua pelatih di muka Bumi ini yang berhasil melakukan hal tersebut. Kedua pelatih itu ialah Helmut Schon dan Vicente del Bosque.


(Daftar Pelatih yang Menjuarai Piala Eropa, Foto: UEFA)


Helmut Schon meraih gelar Piala Eropa 1972 dan Piala Dunia 1974 bersama Jerman Barat sedangkan Vicente del Bosque meraih gelar Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 bersama Spanyol. Selain sama-sama meraih Piala Eropa dan Piala Dunia, Helmut Schon dan Vicente del Bosque mempunyai kesamaan unik lainnya.


(Jerman Barat Menjuarai Piala Eropa 1972 Usai Menang 3-0 atas Uni Soviet, Foto: Bola)


Kesamaan unik lainnya adalah sama-sama menggilas lawanya di final Piala Eropa dan menang tipis lawan Belanda di final Piala Dunia. Kala itu, Jerman Barat menggilas Uni Soviet 3-0 di final Piala Eropa 1972 dan menang tipis 2-1 atas Belanda di final Piala Dunia 1974 sedangkan Spanyol menang tipis 1-0 atas Belanda di final Piala Dunia 2010 dan menggilas Italia 4-0 di final Piala Eropa 2012. Wah, bisa begitu ya GanSis.


(Spanyol Gilas Italia 4-0 di Final Piala Eropa 2012, Foto: 90min)

Lantas di Piala Eropa tahun ini, siapa yang bisa menyamai pencapaian Helmut Schon dan Vicente del Bosque atau bahkan mencetak rekor baru sebagai pelatih pertama yang berhasil menjuarai Piala Eropa dua kali? Mari kita ulas sama-sama GanSis.

Untuk menyamai pencapaian Helmut Schon dan Vicente del Bosque ada nama pelatih Jerman, Joachim Loew dan pelatih Prancis, Didier Deschamps. Joachim Loew meraih gelar Piala Dunia 2014 bersama Jerman, Didier Deschamps meraih gelar Piala Dunia 2018 bersama Prancis.


(Fernando Santos, Joachim Loew dan Didier Deschamps Foto dengan Trofi Piala Eropa, Foto: Twitter UEFA Euro)


Lalu, siapa yang bisa menorehkan rekor baru sebagai pelatih yang berhasil menjuarai Piala Eropa dua kali? Pelatih Portugal, Fernando Santos yang bisa melakukan hal itu tahun ini. Menariknya ketiga pelatih ini sama-sama tergabung dalam satu grup yaitu Grup F!!  GOKIL GAK TUH? Apa jangan-jangan semua ini telah ditakdirkan oleh Tuhan?

Menurut GanSis, dari ketiga pelatih yang sudah disebutkan di atas, siapa yang akan menyamai atau mencetak rekor baru? Joachim Loew, Vicente del Bosque atau Fernando Santos?
Diubah oleh KASKUS.KAPTEN 08-06-2021 11:17
anyesnih
HernandezJoe
aldityaaji
aldityaaji dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
SportsKASKUS Official
23.2KThread11.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.