Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

saranamedia001Avatar border
TS
saranamedia001
Survei: AHY Tempel Prabowo di Bursa Capres dari Ketum Parpol


Jakarta, CNN Indonesia -- Hasil survei Arus Survei Indonesia (ASI) menunjukkan elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada di peringkat kedua di bawah Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dalam kategori calon presiden pada Pilpres 2024 dari kalangan ketum partai politik.

Direktur Eksekutif ASI, Ali Ri'fan, mengatakan elektabilitas Prabowo sebagai capres di kalangan ketum parpol berada di angka 14 persen. Sementara itu, AHY berada di bawah Prabowo dengan selisih 0,8 persen atau tepatnya di angka 13,2 persen.

Di bawah Prabowo dan AHY, ialah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

"Nama Prabowo Subianto 14 persen, AHY 13,2 persen, Muhaimin 10,2 persen merupakan figur dari klaster pimpinan partai yang paling layak jadi capres-cawapres 2024," kata Ali dalam konferensi yang berlangsung secara daring pada Selasa (8/6).

Di bawah tiga nama itu, terdapat nama beberapa ketum parpol lainnya. Mereka adalah Ketum Golkar Airlangga Hartarto dengan 9,2 persen, Ketua DPP PDIP Puan Maharani 8 persen, Ketum NasDem Surya Paloh 7,7 persen, Ketum PKS Ahmad Syaikhu 6,7 persen, Ketum PPP Suharso Monoarfa 3,5 persen, serta Ketum PAN Zulkifli Hasan 3,5 persen.

Ali menuturkan, survei yang dilakukan lembaganya ini menggunakan metode multistage random sampling dan dilakukan secara nasional di 34 provinsi dengan jumlah 1.000 responden.

Dia menyatakan, survei dilakukan pada 1-7 Mei 2021 dengan cara telesurvei, yakni responden diwawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner.

Menurutnya, margin of error dalam survei ini kurang lebih 3,10 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara itu, hasil survei Parameter Politik Indonesia juga menunjukkan peningkatan elektabilitas Partai Demokrat. Berdasarkan hasil survei terbaru yang dilakukan pada akhir Mei lalu, Demokrat berada di posisi keempat dengan elektabilitas 8,4 persen.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan peningkatan elektabilitas Partai Demokrat disinyalir akibat ingar bingar perseteruan AHY dengan Moeldoko beberapa waktu lalu.

Namun nama AHY tidak masuk tiga posisi teratas dalam survei Parameter Politik Indonesia terkait capres 2024. Prabowo Subianto memperoleh elektabilitas 18,3 persen, Ganjar Pranowo 16,5 persen, dan Anies Baswedan 15,1 persen.

Nama AHY berada di posisi keempat dengan elektabilitas 7 persen, disusul Ridwan Kamil 6 persen, Tri Rismaharini 5,5 persen, dan Sandiaga Uno 5,4 persen.





sumber - cnnindonesia
petani.syusyu
extreme78
secer
secer dan 3 lainnya memberi reputasi
2
2.2K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.