adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
[ASK] Gimana Menurut Lo Temen Yang Kepo Soal Gaji?
“Emang berapa sih gaji lo?” “Kalo gue segini, lo lebih apa kurang?” “Hah, kok beda sih sama gue?” dan beberapa kalimat lainnya ketika temen ane bertanya soal gaji. Kira-kira gimana sih ketika momen ini terjadi? Apakah GanSis bakalan jujur ngasih tau nominal gaji, atau cuma ketawa aja?

Gaya hidup di Indonesia yang lagi tinggi-tingginya khususnya Jakarta, emang kadang ngebuat orang lain penasaran tentang pemasukan bulanan kita. Gak cuma temen kantor aja, kadang temen nongkrong pun suka nanyain hal ini. Bagi sebagian orang, gaji adalah hal yang sensitif karena bisa menimbulkan beberapa permasalahan, kayak iri-irian, ngebandingin, atau bahkan respon mereka yang suka bikin overthinking. Mulai dari komentar pekerjaan yang gak sebanding dengan gaji atau hasutan buat cari tempat kerja lain.


Photo By Kompas.com

Agan & Sista di sini pasti punya pendapat masing-masing dong soal hal ini? Akhirnya ane penasaran nih sama temen-temen sendiri, kira-kira gimana sih pendapat mereka soal hal ini? Nah, ternyata pandangan setiap orang itu beda loh, GanSis. Ada orang yang ngerasa santai aja kok nominal gaji kita diketahuin orang lain, karena ketika orang tau jabatan di kantor, bisa lah kehitung berapa nominal pemasukan dari kantor.

Apalagi kasusnya kalau udah deket sama orang itu, cincaylah kalau cuma sharing soal gaji. Toh, apa yang kita dapet ya hasil dari yang kita kerjain. Biasanya, orang bakalan lebih terbuka ketika mereka punya tujuan tertentu. Mungkin dapet tawaran pekerjaan baru dengan gaji yang lebih besar, doi pasti bakalan cerita dan blak-blakan soal nominal gaji, supaya temennya bisa kasih nasihat yang masuk akal.

Salah satu kasus yang sering kejadian adalah baru lulus kuliah, fresh graduate, dan bingung banget standar gaji yang harus diterima. Takut kekecilan dan gak pas sama kerjaan, atau takut juga harga yang dinego gak sebanding dan jadi kepental dari kesempatan kerja. Jadi, ada baiknya nih GanSis buat ngeriset dulu tentang jabatan, jobdesk yang bakal dikerjain, dan standar gaji di perusahaan tersebut! Selain nyari di internet, boleh konsultasi ke temen yang udah lebih berpengalaman.

Tapi, ada beberapa juga yang ngerasa bahwa nanya nominal gaji itu sensitif dan gak sopan. Terutama sama temen kantor. Kenapa? Karena tiap orang punya perasaan yang beda-beda dan kita gak tau hati dan otak mereka ada di mana. Mungkin ketika beda jabatan akan lebih rendah resiko untuk ada rasa ‘iri’. Beda cerita kalau GanSis ternyata sama dan gaji salah satu lebih tinggi. Pasti udah deh yang lebih rendah bisa jadi bakal overthinking.

Beruntung banget kalau kalian punya lingkungan kerja yang anti baper dan gak ada iri-irian. Tapi, sebenernya kita gak pernah tau kebutuhan hidup orang lain. Di situ lah respon pasti beda-beda. Yang ngerasa kebutuhan dikit dan bisa terpenuhi sama pemasukan yang ada, pasti bakal oke-oke aja tau fakta temennya lebih tinggi. Beda cerita kan kalau udah kebutuhan banyak, eh, tau kalau gaji temen lebih gede. 

Gimana nih menurut GanSis soal sharing nominal gaji sama temen? Sensitif atau oke-oke aja? Berapapun nominal yang ada, patut banget disyukuri, yes. Boleh deh kita cari cuan xtra, tapi jangan dengan cara curang. Carilah sumber pemasukan sekreatif mungkin, kalau bisa dari hobi, ya gas! terussshhhh Jadi ketika kerjaan udah segudang di weekdays, bisa hibur diri di weekends bahkan jadi duit juga.. emoticon-Big Grin 


nirankara
screamo37
archangela13
archangela13 dan 12 lainnya memberi reputasi
11
4.5K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.