terlalurizkyAvatar border
TS
terlalurizky
Setujukah Agan Jika Peran Guru Digantikan Oleh Robot?
emoticon-UltahHallo Gansis emoticon-Ultah





Pernahkah agan diajarin sama guru atau dosen yang bikin ngantuk? yang setiap ngajar sering kali gosipin guru lainnya atau curhat masalah rumah tangganya? yaa kebanyakan dari kita pasti pernah diajar sama guru kayak gini.

Tapi, gimana kalo manusia menemukan cara yang berbeda dalam mengajar? Menjadikan robot misalnya. Bisa gak sih robot jadi guru yang lebih baik dibandingkan manusia? Jika iya, seberapa besar perubahan edukasi? Dan seperti apa pro dan kontranya?

Cekidot



Sekolah diseluruh dunia sedang bereksperimen menggunakan teknologi untuk menemukan cara-cara baru dalam mengajar, apa lagi dalam keadaan new normal kayak gini, apakah robot bisa jadi solusi yang tepat untuk keadaan seperti ini dan masa depan?. Mau agan setuju atau engga, para peniliti percaya bahwa artificial intelligence di dalam kelas menggantikan guru gak lama lagi.




    Pro


Kita semua tau kalo AI atau robot sudah menjadi kehidupan sehari-hari kita, mulai dari tv, hp, komputer, dan bahkan sempak aja sekarang ada yang udah “smart”. Bidang edukasi zaman sekarang juga gak luput dari peran robot seperti koreksi ujian otomatis yang membatu guru, pembelajaran jadi lebih menarik dengan interactive textbook, dan yang paling menarik orang-orang disabilitas lebih terakomodasi dengan adanya si robot ini.



Semuanya di dalam dunia pendidikan akan lebih efektif dan menarik minat siswa untuk belajar. Beberapa daerah di China sudah menggunakan AI untuk menggantikan peran guru dan menggunakan semacam helm yang disebut Brain Wave Trackeruntuk mendeteksi minat dan passion siswanya sehingga si siswa bisa belajar tanpa paksaan.


Akhirnya, akan banyak penerus bangsa yang teredukasi yang dapat membantu negara untuk berkembang.



 
 Kontra


Semua keindahan dan keuntungan yang ane sebutkan tadi ada harganya gan. Jika semua guru digantikan oleh robot, kita bakal ketar ketir dengan hacker yang dapat membobol system pendidikan kemudian menggunakan robot ini untuk menyebarkan ajaran sesat atau propaganda. Selain itu kemajuan ini juga dapat mempengaruhi kesehatan siswa, terlalu banyak menatap monitor atau layar gadget diketahui menjadi penyebab obesitas, gangguan tidur, dan kurangnya pekembangan interpersonal siswa.



Penyebaran internet dan listrik juga tentunya harus merata keseluruh daerah di dunia dan jika peran guru digantikan, tentunya miliaran guru di seluruh dunia harus jadi pengangguran, belum lagi bahaya jika AI sudah menjadi advance sampai memiliki self-awareness spesies kita akan menjadi terancam, seperti yang dikatakan oleh Albert Einstein



Quote:




     Mau itu robot atau bukan kita butuh lebih banyak guru, menurut UNESCO lebih dari 250 juta anak kecil tidak dapat sekolah dan 70% diantaranya berada di daerah asia tenggara dan afrika tengah, guru-guru di daerah ini tidak memiliki akses luas di bidang pendidikan, mungkin dengan dikirimnya guru professional atau robot “guru” ke daerah ini bisa mengurangi angka tersebut secara drastis.

Gimana menurut agan? Butuhkah kita dengan si robot untuk menggantikan guru-guru yang suka julid? Tulis pendapat agan dikomentar dan ayo kita diskusi sama-sama.



Sumber dan referensi:


Spoiler for spoiler:
Diubah oleh terlalurizky 08-06-2021 03:22
viqririatra
alifrian.
azhuramasda
azhuramasda dan 31 lainnya memberi reputasi
30
5.8K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.