Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
39
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60ba2ae839084f578f6f9186/soto-mata-sapi-kuliner-ektrem-dari-madura
Kekayaan wisata kuliner Indonesia tak akan habis jika dibahas. Semua daerah memiliki keunikan dan cita rasa yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Lezat dan khas. Salah satu makanan berkuah yang sangat digemari oleh orang Indonesia adalah soto. Untuk soto sendiri jenis dan isiannya berbeda-beda di tiap daerah. Beragam jenis soto memang menjadi ciri khas masing-masing wilayah.
Lapor Hansip
04-06-2021 20:30

Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura

Past Hot Thread
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madurasumber

Kekayaan wisata kuliner Indonesia tak akan habis jika dibahas. Semua daerah memiliki keunikan dan cita rasa yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Lezat dan khas.

Salah satu makanan berkuah yang sangat digemari oleh orang Indonesia adalah soto. Untuk soto sendiri jenis dan isiannya berbeda-beda di tiap daerah. Beragam jenis soto memang menjadi ciri khas masing-masing wilayah. Contohnya Soto Bogor, Soto Lamongan, Soto Kudus, dan Soto Madura.

Untuk Soto Madura sendiri pun dibagi lagi beberapa jenis GanSis. Salah satunya soto mata sapi ini. Soto unik yang memang hanya ada di Madura. Soto ini memakai nama tersebut karena memang isiannya menggunakan rebusan mata sapi. Mungkin bagi sebagian penggemar kuliner, makanan tersebut tergolong ektrem.

Jangan kaget, jika nantinya saat menyantap hidangan tersebut, GanSis akan menemukan mata sapi utuh! Bagian mata sapi ini masih berbalut daging dan tulang, sehingga bagi penyuka makanan ektrem, soto mata sapi ini wajib dicoba.

Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madurasumber

Soto Mata Sapi tersebut dapat GanSis nikmati di desa Pancar, Kecamatan Burneh, Bangkalan Madura. Buka dari jam 9.00 pagi hingga jam 16.00 WIB sore.

Tempatnya hanya sebuah bangunan sederhana dengan kursi anyaman yang lebar untuk tempat duduk pengunjung. Nggak ada yang istimewa, tapi sajian yang ditawarkan akan membuat GanSis merasakan wisata kuliner yang berbeda.

Untuk seporsi soto mata sapi dibanderol dengan harga Rp.25.000. Sedangkan soto daging sapi dibanderol dengan harga Rp.15.000. jika GanSis ingin menambahkan ketupat atau topak ke dalam mangkok soto, Gansis hanya perlu menambah seribu rupiah saja.

Topak adalah sejenis lontong, tapi bukan dibungkus dengan daun pisang melainkan daun kelapa. Panganan ini memang cocok disajikan dengan semangkuk soto hangat, sebagai pengganti nasi.

Soto mata sapi ini berwarna merah karena menggunakan cabe merah halus dan bumbu khas Soto Bangkalan sebagai bumbunya. Soto ini tidak menggunakan kunyit seperti soto pada umumnya. Bahan yang digunakan untuk soto adalah mata sapi, daging sapi, dan usus sapi. Semua bahan dasar Soto Mata Sapi direbus sampai lima jam, sehingga menghasilkan kuah yang kental dan pekat.

Cara penyajiannya topak atau lontong diiris menjadi beberapa bagian dan ditambah kecambah, kacang, jagung, bawang goreng, irisan cabe rawit dan air perasan jeruk. Bagi yang GanSis yang ingin merasakan sensasi rasa berbeda, disediakan juga bumbu rujak untuk semangkuk soto pesanan GanSist. Semua kembali ke selera masing-masing.

Malang, 5 Juni 2021
Narasi opini pribadi

Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
toinxx08 dan 8 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
04-06-2021 21:26
Ngeri ya! Dari mata sapi beneran. Enakan telur mata sapi
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
05-06-2021 02:30
Mata sapi mah gw juga suka..
Biasanya kalo lebaran suka minta mata sapi, otak, dan torpedo.
emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
05-06-2021 08:24
Tau2 matanya kedip pas mau dimakan emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Gw tim lemak, paru, sama otak sapi ajalah. Gak kebayang rasanya mata sapi kek apa. Ntr kek mata ayam lagi, isinya aer doang
0 0
0
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
05-06-2021 18:50
Kalo jeroan masih okelah, kalo mata sapi aga gimana gitu makannya.. ogut lebih milih telor mata sapi aja dah... emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
06-06-2021 05:45
Dengerr namanya aja agak gimana gitu ya apalagi mau makan, kayaknya enggak buat ane
0 0
0
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
07-06-2021 21:55
Omaigat emoticon-Takut jadi inget pas jajan bakso di malang, varian isiannya ada banyak tuh.. ane ambil yang varian mata sapi karena ane kira isinya telor (mikirnya telor mata sapi wkwk) taunya pas digigit beneran matanya sapi emoticon-Frown
0 0
0
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
09-06-2021 12:51
bener-bener ekstrim sih karena ya ga ada di tempat lain juga yak kayaknya
0 0
0
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
09-06-2021 16:52
Belum pernah makan, takut juga kayaknya.😞
0 0
0
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
11-06-2021 05:57
Kalau ada matanya utuh...aduh nggak deh nanti malahan takut ....takut hilang seleranya.
0 0
0
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
11-06-2021 19:02
Saya gak suka trit seperti ini, bikin berat badan ane tambah naik.emoticon-Ngamuk
0 0
0
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
20-06-2021 12:06
Heee?? Baru tau ada soto mata sapiii. Kek apa ya rasanyaa
0 0
0
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
26-06-2021 23:54
Serem sih gan
0 0
0
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
28-06-2021 15:27
geli dan ngeri sih kalo harus makan soto ini, mending mata nya di ganti pake jeroan atau dagingnya aja hehe
0 0
0
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
28-06-2021 16:02
Lebih mahal dari soto daging 😱 tapi klo ane milih soto daging biasa aja deh 🙈
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
29-06-2021 01:26
hiaaaa beneran mata sapi yang diolah gan??
emoticon-Matabelo
0 0
0
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
30-06-2021 05:57
Geli nggàk sih makannya mata sapi di masukin ke soto.. mending soto dàgingnya
0 0
0
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
30-06-2021 20:57
kyaaa yang dimakan mata sapi gan?
waduuh
0 0
0
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
30-06-2021 22:43
waduhh menarik banget dehh skarang segala jenis bagian tubuh aneh yang jarang dipakai dijadikan makanan wkwk
0 0
0
Soto Mata Sapi, Kuliner Ektrem dari Madura
21-07-2021 14:01
setahu saya sih lau telur mata sapi ...danitu hanya nama aja bukan mata beneran.....kalau soto mata sapi dan itu bener mata sapi....asuh ....mau makanya kok kayak gimana gitu ////
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia