Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Saham
  • Manakah yang lebih menguntungkan Investasi saham atau bitcoin?

siklusuang.comAvatar border
TS
siklusuang.com
Manakah yang lebih menguntungkan Investasi saham atau bitcoin?


Manakah yang lebih menguntungkan Investasi saham atau bitcoin?

Mungkin kamu masih bingung apa itu Bitcoin? Bitcoin adalah sebuah mata uang digital yang digunakan untuk transaksi secara elektronik. Transaksi menggunakan Bitcoin dilakukan antara pengirim dan penerima secara langsung (Peer  to  Peer). Sehingga tidak ada satu lembaga keuangan yang mengontrol transaksi tersebut. Bitcoin sifatnya desentralisasi sehingga memiliki keamanan transaksi yang optimal. Bitcoin merupakan salah satu dari berbagai jenis mata uang kripto (cryptocurrency). Dapat disimpulkan bahwa Bitcoin adalah aset digital atau tidak nyata.

Apakah investasi dalam bentuk mata uang kripto (Bitcoin) lebih menguntungkan?

Sebenarnya ada banyak jenis mata uang kripto (cryptocurrency) namun yang paling terkenal adalah Bitcoin, kenapa bitcoin terkenal dibandingkan mata uang kripto lainnya? Hal ini dikarenakan Bitcoin merupakan mata uang kripto yang pertama kali diluncurkan, selain itu Bitcoin memiliki harga yang paling mahal dan memiliki volume transaksi terbesar, kemudian ada Ethereum dan Binance.

Baca Juga : [color=var(--c-blue-1)]Apakah trading saham menguntungkan?

Perbedaan yang paling mendasar dari mata uang kripto dengan saham adalah penerbit. Mata uang kripto dihasilkan oleh suatu sistem komputer yang kemudian menghasilkan suatu satuan mata uang kripto. Sedangkan saham di pasar modal diterbitkan oleh sebuah perusahaan yang sudah melakukan IPO (Initial Public Offering) di bursa.

Jumlah Bitcoin di seluruh dunia hanya ada 21 juta koin. Sedangkan perusahaan dapat menjual sahamnya maksimum 100%. Tentunya fluktuasi harga Bitcoin ataupun saham keduanya ditentukan oleh permintaan dan penawaran, jika transaksi menggunakan Bitcoin di seluruh dunia mengalami kenaikan, makan tentunya harga Bitcoin juga akan mengalami kenaikan, begitu juga sebaliknya.


Namun yang menjadi kekurangan dari mata uang kripto khususnya Bitcoin ini adalah regulasinya. Di Indonesia sendiri Bitcoin masih belum memiliki izin yang legal untuk digunakan bertransaksi. Tentunya bagi kamu yang memiliki Bitcoin hanya bisa dipergunakan untuk trading saja. Bitcoin juga tidak dikeluarkan dan dicetak oleh negara ataupun lembaga manapun, sehingga tidak memiliki bentuk fisik (nyata).

Berbeda dengan saham yang dikeluarkan oleh perusahaan, saham memiliki lembaga yang mengawasi penjualannya dan memiliki legalitas untuk diperdagangkan di pasar modal. Di Indonesia lembaga yang mengawasi penjualan saham adalah OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan lembaga yang menyediakan atau menaungi penjualan saham adalah BEI (Bursa Efek Indonesia).
[/color]



VincentXIII
VincentXIII memberi reputasi
1
975
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Saham
Saham
3.7KThread1.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.