Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fadilstoryAvatar border
TS
fadilstory
Mau Sukses ? Ketahui Dulu Sumber Pendapatan Anda !

Mau Sukses ? Ketahui Dulu Sumber Pendapatan Anda !

Selamat datang para kaskuser sekalian

pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pandangan saya tentang sumber pendapatan yang umum di miliki oleh semua orang

Mau tau apa aja?

Langsung aja kita mulai ya emoticon-Big Grin







Ada fakta menarik tentang sumber pendapatan dari seseorang, bahwa ternyata kebanyakan dari kita hanya mengandalkan satu sumber pendapatan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup kita yang serba banyak pada masa kini.


Apakah menurut anda dengan pendapatan sekarang ini sudah cukup untuk memenuhi segala kebutuhan anda, atau apakah dengan harta yang anda miliki sekarang cukup untuk mewujudkan impian dan cita - cita anda?


Saya yakin sebagian dari kita pasti akan menjawab belum. Lantas apakah anda ingin dapat mencapai semua impian anda?


jika anda hanya mengandalkan satu sumber pendapatan anda maka akan sangat sulit bagi kamu untuk dapat mewujudkan itu semua. Oleh karena ini penting nya untuk kamu mengetahui potensi dari sumber pendapatan lain untuk memenuhi semua keinginan dan kebutuhan hidup kamu.


Saya akan memberikan sedikit gambaran tentang sumber pendapatan kita pada umumnnya, walaupun saya tahu tidak semuanya sama tapi ini hanya sebuah studi kasus yang saya buat untuk menggambarkan tentang tema pada kali ini.


Jika saat ini kamu adalah seorang karyawan swasta dan hanya mengandalkan gaji kamu setiap akhir bulan, pernahkah kamu merasa bahwa gaji kamu hanya mencukupi kebutuhan kamu selama beberapa minggu, bahkan hari?


Kita sering mendengar dengan istilah "tanggal Tua", tentunya anda pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut.


Tak jarang dari kita harus Extra berhemat pada pertengahan bulan sambil dengan tidak sabar menunggu datangnya tanggal gajian. Namun pernahkah anda berfikir jika anda memiliki sumber penghasilan lain maka tidak akan lagi adanya istilah "tanggal tua" dalam kamus anda.


Untuk kamu yang ingin memiliki penghasilan tambahan tentunya kamu perlu mengetahui tentang jenis pendapatan dan bagaimana cara untuk dapat menghasilkan uang lewat penghasilan lainnya.


Menurut Robert Kiyosaki yang merupakan salah satu dari Financial Commentator ahli dunia ini berpendapat bahwa banyak orang hanya memiliki 1 sumber pendapatan, padahal Kita mampu memiliki 3 jenis pendapatan. Jenis pendapatan yang umumnya diperoleh sebagian besar orang adalah pendapatan aktif (Earning income).


Menurut Robert Kiyosaki Sumber pendapatan seseorang itu ada 3 jenis pendapatan.


1. Pendapatan Aktif (Earning Income)


2. Pendapatan Portofolio


3. Pendapatan Pasif ( Pasif Income )


Untuk dapat memahami jenis sumber pendapatan tersebut pastikan anda membaca dengan baik dan fokus agar tidak ada materi yang tertinggal ya.


1. Pendapatan Aktif ( Earning Income )














Pendapatan aktif adalah pendapatan yang dihasilkan karena Kita bekerja secara aktif. Contoh pendapatan aktif pada seorang karyawan: gaji, bonus, tunjangan. Contoh pendapatan aktif pada seorang profesional atau pemilik usaha: keuntungan penjualan. Kebanyakan orang belum memanfaatkan secara maksimal 3 jenis pendapatan. Pendapatan aktif umumnya terkena pajak yang cukup mahal. Saat ini tarif pajak untuk karyawan adalah progresif sesuai dengan perhitungan pendapatan kena pajak. Pajak untuk pemilik bisnis adalah 1% dari omset.


Dalam bukunya Robert T. Kiyosaki mengatakan sebagian besar dari Kita termasuk orang-orang di Amerika hidup berdasarkan gaji. Pola keuangan sangat sederhana yaitu terima gaji di setiap bulan (atau menerima pendapatan), melakukan pengeluaran, utang konsumtif dan berulang-ulang untuk waktu yang cukup panjang. Hal ini terus berlangsung sepanjang hidup. Ilustrasinya adalah mainan roda tikus (Rat race), seperti tikus yang berada di dalam roda yang terus berputar tanpa ujung. Bagaimana agar Kita bisa keluar dari Rat Race ? Robert T. Kiyosaki membuat sebuah simulasi kehidupan keuangan seseorang atau keluarga ke dalam sebuah permainan.


Apakah kamu merasakan hal yang sama? Jika anda terus berada dalam "Zona nyaman" pada siklus seperti ini tentunya anda akan terus berada dalam kondisi yang tidak bisa berkembang atau memiliki kebebasan financial. untuk itu Pentingnya kita memiliki pendapatan selain dari Pendapatan Aktif atau Earning Income.


Namun kita juga bisa meningkatkan Pendapatan Aktif kita lewat berbagai cara, Contohnya adalah dengan terus meningkatkan kualitas pekerjaan kita sehingga kita memiliki jabatan yang lebih tinggi. Anda juga pasti mengerti bahwa semakin tinggi jabatan anda maka pendapatan yang anda dapatkan pun akan semakin banyak.


Untuk dapat menggapai nya kamu bisa mencoba untuk Menginvestasikan sebagian uang kamu untuk menambah wawasan dan juga keahlian anda sesuai dengan pekerjaan yang anda miliki, Bisa dengan membeli Buku, Ikut Kursus dan lain sebagainya.


2. Pendapatan Portofolio








Pendapatan portofolio adalah pendapatan hasil dari berinvestasi pada aset-aset kertas. Mungkin ada yang bingung apa itu aset-aset kertas. Investasi pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu investasi pada aset real (bisa Kita rasakan, misal rumah, perhiasan, kendaraan dan lain-lain) dan investasi pada aset kertas (reksadana, saham, kontrak berjangka dan lain-lain).


Selain kita memiliki pendapatan aktif tentunya dengan memiliki pendapatan portofolio kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk dapat memenuhi segala kebutuhan kita.


Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan atau portofolio ini dengan berbagai macam cara bisa dengan Deposito, Reksadana dan yang sekarang sedang banyak dan ramai di perbincangkan yaitu Investasi.


Beberapa dari anda juga pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Investasi atau bahkan anda sudah memiliki sebuah investasi. Memang investasi dapat memberikan anda pendapatan yang bahkan bisa melebihi dari pendapatan Aktif anda. Namun tentunya anda juga perlu untuk belajar tentang dunia investasi jika ingin mendapatkan Hasil yang maksimal dan memberikan "Kekuatan Tambahan" bagi Financial Anda.


3. Pendapatan Pasif ( Pasive Income )








Pendapatan pasif adalah pendapatan yang berasal dari bisnis. Bagaimana cirinya, sederhananya pendapatan pasif adalah ketika Kita berhenti bekerja, uang tetap terus mengalir karena ada sistem yang bekerja mencarikan uang untuk Kita. Contoh pendapatan pasif adalah menyewakan rumah, memiliki pombensin, menyewakan kendaraan dan lain-lain.


Siapa yang tidak mau untuk memiliki pendapatan Pasif?


Tidak bekerja Tapi menghasilkan uang?


Namun untuk bisa mendapatkan pendapatan Pasif ini anda memerlukan usaha dan kerja keras yang lebih jika di bandingkan dengan orang lain. Banyak dari kita yang memiliki impian untuk mendapatkan Penghasilan Pasif dengan memulai sebuah Bisnis. ya memang ini merupakan cara yang paling umum dan banyak di gunakan orang yang memiliki impian untuk mendapatkan Pasive Income.


Untuk memulai sebuah Bisnis tentunya kamu membutuhkan banyak pengalaman dan juga pembelajaran yang panjang. Memang sangat tidak mudah untuk memiliki Bisnis dan membuatnya menjadi Sebuah Bisnis besar yang dapat menghasilkan Pasive Income bagi anda, Namun perlu anda ingat ini bukan merupakan suatu hal yang mustahil. Dengan Kerja keras dan pantang menyerah serta terus belajar tanpa henti, niscahya suatu saat anda akan memiliki sebuah Bisnis besar yang dapat membebaskan anda dari masalah financial atau biasa di sebut dengan "Financial Freedom"


Memang masih banyak jenis pendapatan lain yang ada pada kehidupan kita sehari - hari Namun saya mencoba mengkategorikan semuanya menjadi 3 bagian ini yang merupakan juga pendapat dari salah satu Ahli Financial Commentator.



Jadi apakah setelah ini kamu hanya melewatkan artikel ini dan tetap mengandalkan pendapatan Aktif sebagai sumber dari pemenuhan kebutuhan kamu sehari - hari dan terus berada dalam "Rat Race". Atau kamu terinspirasi dan ingin memulai mengaktifkan power Sumber pendapatan anda yang lainnya?



Semua jawabannya tergantung oleh anda karena " Orang sukses adalah Seseorang yang terus melangkah maju kedepan melewati Zona Aman"


Sumber : http://nulisuang.blogspot.co.id/2016...uang-anda.html
0
2.4K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.