Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Sistem Operasi ini Siap Museumkan OS Android, Layaknya BlackBerry, Symbian dan Java
Foto: Huaweicentral.com

Raksasa smartphone asal Cina "Huawei" dilaporkan sudah mengumumkan tanggal peluncuran versi final dari sistem operasinya, yang diberi nama dengan "HarmonyOS".

Dan pihak Huawei sudah mengumumkan melalui video livestreaming di platform media sosial Cina “Weibo”, pada tanggal 2 Juni 2021 pukul 8 malam waktu Cina setempat. Huawei secara resmi meluncurkan sistem operasi baru mereka “HarmonyOS 2.0”. Sebelumnya Huawei telah meluncurkan versi beta beberapa hari yang lalu sebelum peluncuran versi finalnya.

Huawei sebelumnya telah menyatakan bahwa pihaknya akan meluncurkan 300 juta perangkat elektronik yang menjalankan HarmonyOS pada akhir tahun ini, 200 juta diantaranya produk buatan Huawei sendiri, dan lebih dari 100 juta perangkat elektronik berbeda dari perusahaan lain yang ingin menggunakan HarmonyOS.

Foto: teslet.id

Pihak Huawei menyatakan akan meluncurkan sejumlah produk dan gadget yang dilengkapi dengan sistem operasi HarmonyOS, termasuk produk terbaru mereka diantaranya Smartphone, tablet Huawei MatePad2 dan jam tangan Huawei3.

Beberapa ponsel pintar yang menjalankan EMUI 11 mungkin dapat menginstal sistem operasi Harmony, versi beta yang akan mulai di luncurkan Huawei direncanakan pada bulan Desember 2021.

Foto: scmp.com

Pihak Huawei menyampaikan jika smartphone dengan prosesor Kirin 9000 akan mendapatkan sistem operasi Harmony terlebih dahulu, kemudian smartphone yang menggunakan prosesor Kirin 990 5G, dan kemudian smartphone lama yang menggunakan chipset Kirin 710 dan 810 jika ingin menggunakan layanan HarmonyOS jika tidak pengguna dapat mengabaikan pembaruan.

Pengamat gadget mengatakan, jika ini sebenarnya adalah Perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina. Disamping itu, Huawei merasa kecewa karena pernyataan mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang sempat memboikot produk Huawei termasuk Xiaomi dan ZTE namun saat ini sudah dicabut dari buku hitam AS.



HarmonyOS kemungkinan besar dapat menyaingi kemampuan sistem operasi Android dari segi fitur dan keamanan, tinggal menunggu perkembangan saja dari HarmonyOS. Jika semua produsen smartphone asal Cina meninggalkan OS Android dan beralih ke HarmonyOS bisa jadi lambat laun Android akan punah layaknya sistem operasi BlackBerry.

Diharapkan ponsel seri Mate akan diluncurkan pada pertengahan Oktober 2021 dan peluncuran ini hanya akan ada di pasaran Cina saja, dan untuk peluncuran secara global ditunda hingga 2021.



Referensi: 1. harmonyos.com - HarmonyOS The Next Operating System

2. huaweicentral.com - HarmonyOS 2.0: Eligible Devices, Beta, Rollout Date, Leaks and more
Diubah oleh Sambelterasi052 03-06-2021 08:26
Benyamin90
minhakim20
andana2201
andana2201 dan 36 lainnya memberi reputasi
33
25.1K
262
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.