• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tengah Heboh Ular Sanca Berat 200kg Dibonceng Motor, Ini Fakta Hidup Ular Sanca

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tengah Heboh Ular Sanca Berat 200kg Dibonceng Motor, Ini Fakta Hidup Ular Sanca
Pernahkah melihat ular sanca raksasa dengan berat 200kg?
Ternyata ular ini bisa berukuran lebih besar lagi.


Ular, adalah hewan melata tidak berkaki yang masuk ke dalam jenis hewan reptil.
Hewan ini hidup hampir di seluruh belahan dunia GanSis, masuk ke dalam ordo Squamata atau reptilia bersisik satu ordo dengan kadal.

Saat ini diketahui ada lebih dari 2.900 jenis ular yang tersebar di dunia, yang terdiri dari ular tidak berbisa, dan ular berbisa.

Tentu saja saat membahas tentang ular dan habitatnya Agan dan Sista akan merasa sedikit geli atau bahkan bergidik takut ya.
Meskipun selama ini kita tahu bahwa tidak semua ular itu berbisa dan berbahaya namun rasa takut atau geli itu tetap menghantui mereka-mereka yang memang bukan pecinta ular.

Bagi para pecinta ular tentu itu sudah lain cerita GanSis.
Saat mereka berhasil memelihara atau memiliki ular dengan keunikan atau keistimewaan tertentu meskipun ular tersebut berbahaya ada kebanggaan tersendiri saat memiliknya.
Mereka akan merawat dengan baik bahkan tidak segan merogoh kocek dalam-dalam asal dapat merawat dan memelihara ular tersebut dengan baik.


sumber gambar

Membahas tentang ular dan jenis-jenisnya di Indonesia sendiri ditemukan banyak sekali jenis-jenis ular yang hidup liar di habitat aslinya ya GanSis.
Namun yang paling tenar atau dikenal oleh masyarakat selain ada ular kobra ada juga ular sanca yang identik memiliki badan besar dan warna yang indah.

Ular yang sering diburu untuk diambil kulitnya dan dijadikan sebagai kerajinan tangan dan produk branded berkelas ini memang selalu menarik untuk dibahas melihat memang ukurannya lebih besar dari ular-ular jenis lain.

Ular sanca sendiri juga merupakan jenis ular yang paling banyak dipelihara GanSis. Entah itu hanya sebagai koleksi pribadi atau memang untuk pelestarian dan penelitian.




Berbicara mengenai ular sanca, mungkin Agan dan Sista ada yang tahu bahwa di media sosial juga tengah heboh dibahas ular sancar raksasa dari Negara tetangga kita Malaysia?

Tengah viral rekaman video yang beredar di media sosial memperlihatkan seekor ular seberat 200kg dibonceng motor.

Diketahui ular tersebut adalah ular yang ditemukan oleh warga Malaysia di sebuah kebun karet di desa Lubuk Simpul, Kuala Krai.

Dua orang pemuda yang ada di dalam video viral adalah sang pemilik atau yang menemukan ular di kebun, ular tersebut dibonceng motor untuk dibawa ke PERHILITAN atau tempat Perlindungan Hidupan Liar dan Taman Negara (Malaysia).

Lihat video viralnya!


Spoiler for Ular Sanca Raksasa:


Di balik keindahan dan besarnya tubuh ular Sanca, sebenarnya ada fakta-fakta unik dari ular Sanca yang belum banyak diketahui GanSis.
Di bawah ini di antaranya:


1. Menggunakan Radar untuk Mencari Mangsa
Keunikan yang pertama adalah dari cara ular sanca mencari mangsa GanSis.
Ular ini mencari mangsa dengan cara membaca radar panas tubuh dari mangsa yang ada di sekitarnya.
Mereka dapat mengenali panas tubuh mangsanya dengan baik sehingga ular sanca hanya akan memakan hewan lain yang masih hidup atau belum menjadi bangkai.

2. Melilit Mangsa Hingga Mati
Tidak menggunakan bisa untuk membunuh mangsa, ular Sanca terkenal dengan lilitannya yang kuat dan mampu membunuh mangsanya dengan meremukkan tubuhnya.
Saat melihat mangsa ular Sanca akan mendekati kemudian melilitnya hingga lemah dan mati untuk kemudian ditelan bulat-bulat atau utuh, sehingga ular ini hanya akan makan beberapa hari sekali jika mereka memakan mangsa dalam ukuran besar.

3. Hidup di Dataran Tinggi
Sejauh ini ular sanca di dunia ditemukan di habitat dataran tinggi GanSis.
Hidup di alam di semak-semak belukar atau juga mendiami suatu lubang yang tersembunyi.
Namun di Negara kita tidak jarang ditemukan ular sanca di pemukiman ya GanSis. Bisa jadi mereka terbawa arus banjir atau memang mencari mangsa ke pemukiman penduduk.

4. Terdiri dari 13 Jenis
Mungkin Agan da Sista hanya mengenal ular sanca jenis ular sanca kembang.
Namun ternyata ular sanca sendiri terdiri atas 13 jenis yang ada di seluruh dunia GanSis, dan satu diantaranya telah punah.
Dari ketiga belas jenis ular sanca tersebut terbagi atas dua golongan yaitu yang hidup di tanah dan di atas pepohonan.

5. Tidak Berbisa
Sepertinya untuk fakta ini sudah banyak yang tahu ya GanSis.
Meskipun ular sanca bukan termasuk ke dalam jenis ular berbisa, tapi ukar inibtetap berbahaya ya GanSis, seban lilitannya bisa membunuh makhluk hidup lain yang mengganggu mereka.

6. Pemangsa Hama Sekaligus Musuh Manusia
Jika biasanya hewan pemangsa hama menjadi sahabat manusia karena membantu mengusir hama tanaman petani, ular sanca ini menjadi teman sekaligus musuh GanSis.
Sebab selain memangsa hama seperti tikus di pematang sawah, ular sanca juga kerap sekali ditemukan memangsa ternak warga. Jadi ular ini dapat menjadi musuh atau teman sesuai keadaan.


sumber gambar

Wah menarik sekali ya GanSis fakta-fakta hidup dari ular Sanca ini.
Tidak hanya memiliki tubuh besar raksasa, ternyata banyak juga keunikan lain yang tidak dimiliki oleh ular jenis lainnya.

Oke, itulah tadi GanSis sekilas informasi seputar ular Sanca.
Mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar & referensi
1, 2, 3





nofivinovie
aygilagility
archangela13
archangela13 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
25.6K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.