• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sejarah Baju Koko Yang Ternyata Berasal Dari Kebudayaan Tionghoa!

yogapranata0008Avatar border
TS
yogapranata0008
Sejarah Baju Koko Yang Ternyata Berasal Dari Kebudayaan Tionghoa!
Hai.... agan dan sista yang sangar, selamat datang dithread ane emoticon-Salam Kenalemoticon-Salam Kenal
Quote:



Baju koko merupakan salah satu jenis fashion yang identik dengan umat muslim di Indonesia. Baju koko sering dikenakan dalam berbagai kegiatan keagamaan atau ibadah. Baju koko juga sering dijumpai ketika hari raya idul fitri dan perayaaan besar umat islam. Bahkan saat ini baju koko sering dikenakan saat kegiatan atau acara formal.


Tapi tahukah agan dan sista sekalian, bahwa ternyata baju yang identik dengan umat muslim ini bukan murni dari budaya Indonesia loh.. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) Baju koko merupakan salah satu jenis pakaian yang berasal dari dataran Tiongkok. Menurut budayawan Remy Sylado dalam novelnya yang berjudul Pangeran Diponegoro: Menuju Sosok Khilafah mengungkapkan bahwa asal usul baju koko berasal dari pakaian keseharian warga tionghoa yang bernama Tui-Khim. Baju Tui-Khim merupakan pakaian tradisional masyrakat tionghoa yang secara turun temurun dikenakan.


Baju Tui-Khim memiliki bentuk yang hampir sama dengan baju Koko saat ini. Baju Tui-Khim memiliki bukaan ditengan dengan lima kancing, berlengan panjang dan memiliki kerah. Tapi untuk orang dengan status ekonomi menengah, biasanya kancing lengan diganti dengan kancing berbahan logam mulia. Masyarakat tionghoa biasa memadukan atasan Tui-Khim ini dengan celana komprang panjang hingga mata kaki.

 emoticon-Ketupat emoticon-Ketupat



Quote:


Pada zaman dulu ketika bangsa Eropa masih belum menguasai Cina, masyarakat Tingkok mengenakan baju model Tui-Khim dalam kegiatan sehari hari. Namun seiring berjalannya waktu baju Tui-Khim ini mulai ditinggalkan dan masyarakat tionghoa lebih memilih baju bergaya barat modern seperti kemeja dan pantalon yang terinspirasi dari budaya Eropa.


Lalu kenpa disebut baju Koko ?rupanya saat itu baju Tui-Khim sering dikenakan oleh engkoh - engkoh (koh), sebutan umum untuk lelaki Cina. Dari kalimat engkoh - engkoh atau koh-koh tersebut kemudian diserap dalam ejaan bahasa Indonesia menjadi "Koko" dan nama itu dipergunakan sampai sekarang.

emoticon-Ngakak  emoticon-Ngakak




Lalu kapan baju Tui-Khim mulai diadopsi orang Indonesia ?

Semenjak masyarakat Tionghoa mulai berdagang dan membentuk perkumpulan atau komunitasnya di Indonesia pada masa kolonial. Masyarakat tionghoa secara tidak langsung memperkenalkan baju Tui-Khim pada budaya Indonesia. Seiring membaurnya masyarakat Tionghoa dengan pribumi, baju koko mulai diadopsi sebagai pakaian sehari hari. Baju koko kemudian menjadi pakaian yang identik dengan umat islam Indonesia.

Tetapi pada perkembangannya, baju koko sempat mengalami kemunduran pada tahun 1980-an saat era Soeharto. Hal ini terjadi karena pada jaman itu, pemerintah Soeharto mempersempit ruang gerak Islam termasuk simbol-simbol dan atribut keislaman karena dianggap akan mengganggu dinasti kekuasaan. Barulah pada jaman reformasi berbagai unsur keislaman mulai kembali eksis di negeri ini.

Sejak saat itu hingga kini pemakaian baju koko kian masif. Ia hampir menjadi pakaian resmi saat beribadah dimasjid. Dari sisi desain, baju koko saat ini terlihat semakin minimalis dengan hiasan bordirnya yang menawan dan desainnyapun juga beragam. Baju koko yang dijual di pasaran pun memiliki beragam warna dimulai dari warna putih, abu-abu, cokelat, hingga hitam.


Waw... jadi begitulah ceritanya, asal usu baju koko yang ternyata berasal dari budaya Tionghoa. Sungguh tidak terduga ya, baju yang identik dengan umat muslim pria ini ternyata merupakan hasil asimilasi budaya masyarakat Tionghoa.

Terimakasih atas kunjungannya gan sis, semoga menambah wawasan agan agan semua,,, salam cendols.. emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)


Sumber : 123


emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

cheria021
ulermaboq
hoorray
hoorray dan 38 lainnya memberi reputasi
37
9.4K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.