• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Viral Video Konsumen Ngamuk SPBU Tutup Saat Sholat Jumat, Pertamina Angkat Bicara!

DianAhmadKaskusAvatar border
TS
DianAhmadKaskus
Viral Video Konsumen Ngamuk SPBU Tutup Saat Sholat Jumat, Pertamina Angkat Bicara!

sumber
Beberapa waktu yang lalu ada sebuah video yang viral, saat seorang bapak-bapak mengunggah sebuah video dengan latar belakang sebuah SPBU yang sepi, di saat dia akan mengisi bensin. Luapan kekecewaannya diluapkan dengan penuh kekesalan dan mengatakan bahwa pelayanan SPBU tersebut tidak maksimal dan tidak baik untuk dicontoh.
Lha, anda sendiri kenapa ngga sholat, Maseee?

Dalam sebuah video yang viral tersebut terlihat seorang bapak-bapak dengan mengenakan peci, terus mengomel dan memvideokan area SPBU yang memang terlihat sepi tanpa ada seorang pun yang bertugas. Tapi dia sepertinya tau jika alasan tutupnya itu adalah karena (karyawannya) sedang melakukan sholat jumat.



Spoiler for konsumen mengamuk:


Dengan viralnya video tersebut, Pertamina langsung memberi tanggapan, bahwa pihak Pertamina membenarkan jika ada beberapa SPBU yang tutup karena memang sdang tidak ada karyawan yang non muslim yang bekerja pada jam tersebut. Dan bukan suatu pelanggaran jika pada saat SPBU tutup untuk sementara dengan meninggalkan papan pemberitahuan yang bisa dilihat oleh para konsumen.

Pihak Pertamina juga menambahkan jika diberikannya keleluasaan bagi karyawan yang akan melakukan sholat jumat setiap minggunya dan untuk sementara meninggalkan pekerjaan dikarenakan keperluannya dalam menunaikan ibadah. Terlebih lagi, sholat jumat adalah ibadah wajib bagi laki-laki dewasa yang memang sudah baliq, jadi tidak ada alasan untuk tidak melaksanakannya.

Menurut ane, video viral itu malah jadi boomerang untuk yang mengunggahnya dan seolah meminta netizen untuk memviralkannya karena menurut dia, tindakan SPBU yang tutup ketika dia datang untuk mengisi bensin adalah bentuk pelayanan yang buruk dalam melayani konsumen.

Duh, seolah mencari simpati dan menggalang massa untuk sama-sama melawan pihak SPBU terkait, sebaliknya bapak ini malah dihujat netizen dengan banyak komentar buruk dan nada sinis atas sikapnya terhadap SPBU tersebut.


sumber
Ane sependapat dengan pihak Pertamina dan jutaan netizen enamdua, jika tutupnya SPBU itu bukanlah pelanggaran, apalagi tindakan yang merugikan konsumen. Kenapa? Karena seperti kita ketahui tentang perkara ibadah yang wajib. Itu adalah kegiatan ibadah yang mau tak mau, suka tak suka harus dan harus dikerjakan. DAn sebagian besar ulama sepakat untuk mengkategorikan sholat jumat adalah ibadah wajib bagi lelaki dewasa yang sudah baliq. Jadi keputusan yang diberikan oleh SPBU dan pihak Pertamina terhadap hak karyawannya adalah yang paling  tepat.

Dan untuk bapak yang mengeluhkan tentang tutupnya SPBU yang dimaksud, apakah tidak ada SPBU lain yang buka di sekitar situ? Atau seberapa sibukkah hingga menunggu beberapa saat saja seolah tak punya waktu dan terburu-buru?

Sebenarnya memviralkan kejadian seperti ini bukanlah tindakan bijak. Seharusnya Pengunggah berfikir panjang sebelum melempar video buatannya ke media sosial. Mungkin bermaksud untuk mencari "kesalahan"orang, ternyata malah bikin malu sendiri. Ibarat kata menepuk air di dulang, terpercik muka sendiri.


sumber

Jangan terlalu mudah menilai tindakan seseorang itu salah, bisa jadi kita yang keliru menempatkan sudut pandang dari suatu masalah tersebut. Kembali ane ingin mengajak semuanya untuk selalu bijak dalam menggunakan media sosial yang kalian punya. Karena bisa jadi karena kelalaian jari kita akan timbul yang namanya dosa jariyah. Dosa yang terus "beranak pinak" yang bisa saja menjadi asbab "terjegalnya" langkah kaki kita saat memasuki pintu surga. Who knows?

Bagaimana menurut agan sista? Silakan share komen kalian di kolom komeng ok? Biasakan menggunakan bahasa yang santun. Sekian dari ane, sampai jumpa di thread selanjutnya. Terima kasih.

:terimakasih:terimakasih:terimakasih



Referensi: 1, 2

betiatina
red.wangyi
jessshi
jessshi dan 8 lainnya memberi reputasi
9
7.4K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.