• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Peneliti di Singapura Berhasil Meregenerasi Tulang menggunakan Bagian Ikan dan Katak

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Peneliti di Singapura Berhasil Meregenerasi Tulang menggunakan Bagian Ikan dan Katak
Foto: todayonline.com

Tim peneliti dari Nanyang Technological University di Singapura dilaporkan telah mengembangkan sebuah bahan "Biomaterial" pengobatan medis baru, yang dapat digunakan untuk menumbuhkan kembali tulang yang hilang akibat kecelakaan lalulintas atau kecelakaan berat lainnya yang membuat retak pada bagian tulang.

Bahan yang berhasil ditemukan para peneliti ini diklaim dapat meregenerasi sistem tulang yang hilang atau sompel akibat benturan keras hanya menggunakan sisik ikan dan kulit katak yang sudah menjalani proses terlebih dahulu.

Menurut peneliti, ketika seseorang kehilangan serpihan tulangnya karena kecelakaan atau karena penyakit yang harus diamputasi pada bagian tulang tertentu, sangat sulit untuk diregenerasi secara alami, dan untuk mengakalinya dokter bedah akan mengisi celah tersebut dengan tulang yang dipotong dari bagian lain tubuh sipasien.

Foto: todayonline.com

Karena prosedur pembedahan dengan mengambil tulang pada bagian lain di tubuh tidak dapat sembuh secara maksimal, akan tetapi cara ini justru dapat melemahkan bagian tulang pengganti tersebut, pada umumnya dokter bedah akan mengambil tulang pengganti di daerah pinggul, tulang rusuk, atau kaki.

Penelitian baru-baru ini menemukan alternatif untuk mengisi celah tulang yang hilang dengan Biomaterial yang sudah menjalani proses terlebih dahulu. Biomaterial ini bertujuan untuk menggantikan tulang asli dengan cara regenerasi, karena bahan ini memiliki struktur pori tiga dimensi yang menyerupai perancah dan mampu merangsang sel tulang di sekitarnya untuk bergerak dan mulai menumbuhkan kembali tulang yang hilang.

Para peneliti dari Universitas Nanyang ini menciptakan sebuah bahan medis atau Biomaterial untuk pemulihan tulang, para peneliti mengatakan menggunakan sisik ikan dan kulit katak. Dan peneliti mengatakan jika tidak semua jenis ikan dan katak dapat digunakan untuk menjadi bahan pengobatan medis ini, hanya ikan mirip kepala ular saja yang dapat dijadikan bahan seperti ikan toman, gabus, dan snakefish lainnya dan untuk katak hanya berjenis bullfrog.

Foto ikan snakefish | nytimes.com

Tim peneliti mengatakan, untuk memulai proses pembuatan bahan medis ini terlebih dahulu membersihkan kotoran dari kulit katak, kemudian mencampurkannya dengan pasta yang sudah diencerkan dengan air lalu di blender, dengan cara ini para peneliti mengekstraksi kolagen dari kulitnya.

Pada saat yang sama, para peneliti menggunakan teknik pemanasan atau proses “kalsinasi” pada sisik ikan untuk mengekstraksi senyawa kalsium fosfat “hidroksiapatit” dari sisiknya.

Foto katak bullfrog: Tribunnews.com

Setelah diekstrak kemudian dikeringkan hingga bentuknya menjadi bubuk, lalu hidroksiapatit dicampurkan ke kolagen, kemudian campuran tersebut dituangkan ke dalam cetakan, dan setelah mengeras. Bahan tersebut akan memiliki pori-pori mirip batu apung.

Profesor Dalton Tay, mengatakan: "Studi laboratorium kami telah menunjukkan bahwa biomaterial yang kami rancang bisa menjadi pilihan yang menjanjikan yang membantu dalam perbaikan tulang."

Para peneliti sekarang berencana untuk menguji zat tersebut pada hewan, sebelum memungkinkan untuk digunakan pada manusia.



Referensi: todayonline.com - NTU researchers create biomaterial to help repair bones using waste consisting of bullfrog skin, fish scales Read more at [url]https://www.todayonline.com/singapore/ntu-researchers-create-biomaterial-help-repair-bones-using-waste-bullfrog-skin-fish-scales
Diubah oleh Sambelterasi052 30-05-2021 06:44
syufha
hoorray
caduceus22
caduceus22 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.6K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.