cintadineAvatar border
TS
cintadine
Sejarah Perkembangan Ponsel dari Masa Ke Masa, Dari Awal Sampai Era 5G
Selamat datang kembali di thread ane gan.

Sebentar lagi Indonesia akan menyongsong era 5G atau generasi kelima dalam kecepatan internet di ponsel. Kecepatan 5G diklaim jauh lebih cepat dibandingkan dengan 4G. Selain itu 5G juga akan melahirkan layanan dan inovasi baru serta teknologi yang akan lebih baik dan ditingkatkan. Contohnya adalah cloud gaming yang akan lebih lancar dan bukan tidak mungkin di masa depan cloud gaming bisa merata dan semakin banyak orang yang memainkannya.

Dengan smartphone yang semakin canggih dan era 5G yang akan dimulai, kita tidak akan tahu teknologi apa saja yang akan muncul nantinya. Rasanya baru kemarin ponsel hanya bisa SMS dan telepon saja ya. Tak ada salahnya kita membahas secara singkat perkembangam teknologi ponsel dari masa ke masa. Berikut ulasannya gan.

1. Era Permulaan


Menurut sejarahnya, penemuan telepon genggam atau ponsel atau yang biasa kita sebut dengan hp tidak terlepas dari seorang pria bernama Martin Cooper yang merancang sebuah ponsel pertama di dunia yaitu Motorola Dynatac di era 70an. Ponsel ini sangatlah besar dan hanya bisa digunakan untuk menelepon. Selain itu hp ini harganya juga sangat mahal dan mencapai puluhan juta. Di sinilah muncul era 1G atau generasi pertama. Ponsel 1G terbilang teknologi primitif kalau dilihat dari zaman sekarang, hanya bisa menelepon saja dan bentuknya pun besar-besar. Selain itu, jaringan yang digunakan juga hanya analog atau yang biasa disebut AMPS.

2. Era 2G dan Perkembangan Pesat

Memasuki era 90an, perkembangan dunia hp mulai mengalami kemajuan yang signifikan yaitu lahirnya era 2G dan hp menjadi barang semakin umum bagi umat manusia. Di era inilah SMS atau pesan singkat ditemukan dan langsung mengubah kebiasaan manusia dalan melakukan komunikasi jarak jauh. Ponsel di era 2G hanya sebatas telepon dan SMS dan kemudian muncul WAP yang memungkinkan hp bisa digunakan untuk browsing dengan teknologi sederhana dan kecepatan yang lambat.

Di era ini pula Nokia mengalami awal mula masa kejayaan. Dalam era 2G ini teknologi jaringan yang digunakan adalah CDMA dan GSM dengan GPRS yang memungkinkan hp memiliki fitur WAP.

3. Era 3G dan Penambahan Fungsi

Memasuki era 2000an, hp semakin memasuki kehidupan masyarakat dunia. Di era ini hp sudah menjadi barang yang lumrah oleh setiap orang. Harga tarif kartu provider juga mulai semakin terjangkau. Di era 3G, hp memiliki kecepatan internet yang jauh lebih cepat dari GPRS 2G. Memungkinkan sebuah perangkat hp 3G untuk bisa video call.

Di era ini pula Nokia mengalami puncak kejayaan. Di era 3G ini hp menjadi memiliki lebih banyak fitur daripada hanya untuk SMS dan telepon saja. Sudah ada hp dengan kamera, pemutar musik dan video, game java, dan tentunya smartphone yang lebih baik dengan sistem operasi Symbian.

Era 4G dan Digitalisasi


Periode 2010an menjadi dekade pemerataan 4G di seluruh dunia. Di era ini merupakan eranya Android dan iOS dan juga merupakan era yang serba digital. Kini seperti yang kita tahu jika di smartphone dapat melakukan banyak hal seperti berbelanja,nonton film, mendengarkan musik, bekerja, edit video, sosial media, memesan jasa transportasi, dompet digital, dan masih banyak lagi. Di era 4G juga terjadi digitalisasi dalam berbagai bidang termasuk media masa di mana banyak media cetak yang berhenti terbit.

Di era ini juga terjadi perubahan kebiasaan dan peradaban manusia. Dengan teknologi yang semakin maju, banyak orang yang mencari nafkah di dunia digital seperti di Youtube, dll.

Era Masa Depan, 5G


Jika kehadiran 4G mampu mempengaruhi dunia dengan kemunculan game online yang ada di smartphone dan juga yang lainnya. Bagaimana dengan 5G? Dengan kehadiran 5G tentunya bakal membuat segalanya lebih mudah. Indonesia saat ini tengah menyongsong 5G dan Telkomsel sedang akan melakukan uji coba jaringan 5G di tanah air.

Selain kecepatan yang akan jauh lebih ngebut, kehadiran 5G juga dapat mempengaruhi yang lain termasuk industri cloud gaming. Seperti yang diketahui jika 5G memiliki tingkat latensi yang rendah, dan makanya mungkin di masa depan cloud gaming bisa dapat dinikmati dengan lebih baik. Begitu juga dengan teknologi game virtual reality.

Nah, gan segitu saja pembahasan singkat dari ane. Gimana nih, apa saja manfaat dari teknologi 5G di hp menurut agan? emoticon-Big Grin

Quote:
Pamstone
alfidanger
over.power
over.power dan 41 lainnya memberi reputasi
42
12K
190
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.