Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
DKI Dapat Nilai E soal Pengendalian COVID, Wagub Singgung Pasien Sembuh Naik
Jakarta - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan DKI Jakarta mendapat nilai E karena bed occupancy rate (BOR) tidak terkendali dan tracing kasus tidak terlalu baik. Menanggapi itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut akan mengevaluasinya.
"Semuanya nanti akan kita akan, apa namanya kita akan evaluasi dan saya tidak bisa mengomentari apa yang menjadi penilaian dari pusat. Nanti pada waktunya ya," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (27/5/2021).

Riza mengklaim penanganan virus Corona (COVID-19) di Jakarta sejatinya bisa dilihat dari angka kesembuhan yang mengalami peningkatan. Dia juga menyebut angka kematian di DKI Jakarta terus menurun.

"Ya kalau penanganan COVID, teman-teman sudah tahu bagaimana penanganan COVID di Jakarta, teman-teman bisa lihat angkanya, angka kesembuhan meningkat terus, angka kematian menurun terus ya, dan lain-lain," tuturnya.

Riza mengatakan keterisian tempat tidur di DKI juga terus menurun. Riza berharap seluruh stakeholder terkait mampu bersinergi untuk memerangi dan memutus mata rantai COVID-19.

"Saya tidak bisa menjelaskan, prinsipnya kita terus meningkatkan fasilitas sarana prasarana, kemudian tenaga kesehatan kita juga nakes nambah terus, laboratorium juga sudah nambah terus, BOR juga terus turun ya. Prinsipnya kami Pemprov terkait COVID, terus berusaha memberikan dukungan, bantuan, partisipasi, kontribusi, dan lain-lain agar kita bisa dapat mengurangi, menurunkan penyebaran COVID," tuturnya.

"Kita bersama-sama dengan pemerintah pusat dengan satgas pusat, dengan forkopimda dengan semua jajaran, tentu dengan semua komunitas dengan pihak swasta bersinergi, berkolaborasi untuk melawan pandemi COVID-19, untuk menurunkan dan memutus mata rantai," imbuhnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyampaikan kondisi bed occupancy rate (BOR) hingga pelayanan COVID di sejumlah wilayah RI. Dante menyebut DKI Jakarta mendapat penilaian kategori E terkait bed occupancy rate hingga tracing Corona.

Awalnya Dante mengungkap kondisi bed occupancy rate yang rata-rata masih terbatas di seluruh wilayah Indonesia. Dia pun memastikan pihaknya terus melakukan persiapan jika ke depannya terjadi lonjakan kasus Corona.

"Sebagai rangkuman BOR, bed occupancy rate rata-rata seluruh Indonesia masih punya kapasitas yang terbatas, BOR perlu terus dimonitor dengan ketat, kami mengadakan rapat secara continue dengan RS vertikal atau RS nonvertikal untuk dapat data-data spesifik tentang BOR. Kami menyediakan persiapan untuk BOR yang lebih meningkat lagi kalau terjadi lonjakan kasus di beberapa saat ke depan," kata Dante saat rapat bersama Komisi IX DPR RI, Kamis (27/5).

Dante menyebut pihaknya juga telah mendata tiap daerah terkait kondisi bed occupancy rate hingga pelayanan kesehatan selama pandemi. Salah satu yang disorot yakni kondisi di DKI Jakarta yang mendapat penilaian kategori E.

"Atas rekomendasi kami buat matrix tadi ada beberapa daerah yang mengalami masuk kategori D dan ada yang masuk kategori E seperti Jakarta tapi ada juga yang masih di C artinya tidak terlalu BOR dan pengendalian provinsinya masih baik," ucap Dante.

Dalam rapat itu dipaparkan wilayah-wilayah yang diberi penilaian soal pengendalian COVID-19. Tidak ada wilayah yang mendapat penilaian A ataupun B.

Dari 34 Provinsi di RI, hanya DKI Jakarta yang diberi nilai E. Sementara ada 10 provinsi yang diberi nilai C, sisanya mendapat nilai D.

Dante menyebut DKI Jakarta berada pada kondisi tidak terkendali dengan kapasitas keterisian tempat tidur. Selain itu, DKI Jakarta disebut tidak terlalu baik dalam melakukan tracing kasus.

Data kualitas pengendalian COVID di 34 provinsi itu tercatat dari 16 hingga 22 Mei 2021.

"Begitu juga kualitas pelayanan, atas rekomendasi tersebut maka kami perlihatkan masih banyak yang masih dalam kondisi kendali kecuali di DKI Jakarta ini kapasitasnya E karena di Jakarta BOR sudah mulai meningkat dan juga kasus tracing-nya tidak terlalu baik," ujarnya.

https://news.detik.com/berita/d-5584...-sembuh-naik/2

Dah jangan malu dgn nilai E...

Intropeksi diri dan perbaiki yg di rasa kurang.emoticon-Malu

Bicara angka kesembuhan naik, sejak kapan kalian berdua jadi dokter dan perawat yg ngurusin pasien koronakemoticon-Leh Uga
areszzjay
fachri15
bangmansyur
bangmansyur dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.5K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.