Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sllzAvatar border
TS
sllz
Cara Ane Membuat Bonsai Cantik Dalam 24 Minggu!

Foto Dok. Pribadi


Hallo semua... apa kabarnya? Semoga dalam kondisi baik dan sehat ya...

Di thread kali ini ane ingin berbagi pengalaman membuat bonsai cantik dalam 24 minggu. Memang bisa secepat itu?Bisa dong! Eits.. tapi bonsai yang dibuat dalam waktu sesingkat ini tentu tidak serumit dan semewah bonsai masterpiece yang dipajang di meja pameran ya. emoticon-Big Grin

Ngomong-ngomong, bonsai bisa dibuat dari macam-macam jenis pohon lho, beberapa diantaranya sudah pernah ane post di thread ini 10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas. Jadi GanSis gak harus terpatok sama satu atau dua jenis pohon aja. Namun, alangkah baiknya jika GanSis menggunakan pohon yang memang dianjurkan untuk bonsai. Bukan tanpa alasan, pohon yang dianjurkan untuk bonsai adalah jenis pohon yang karakteristik alaminya sudah sesuai dengan estetika bonsai, misalnya berdaun kecil, perawatan mudah, dan tahan gangguan (pemotongan, penekukan, juga toleran pada tanah yang minim) singkatnya "cocok dibonsai".

Sampai sini, ane yakin GanSis sudah tahu, jadi langsung aja ke intinya ya.

Pertama, ketika GanSis ingin membuat bonsai yang menarik, usahakan memilih batang atau tunggul/bonggol pohon dengan ukuran yang agak besar. Bahan bonsai bisa didapat dari mencari atau membeli, yang terpenting, pohon yang GanSis pilih adalah jenis pohon yang disarankan untuk bonsai.


Potongan batang dan tunggul pohon bougenville | Foto Dok. Pribadi


Selain bougenville, apa lagi pohon yang cocok dibonsai?

Ada banyak sekali ya, ane ambil contoh pohon bunga Bungur, Ixora, Seribu Bintang, Kemuning, Azalea pohon buah Murbei, Delima, Sianci, Dewandaru, Natal Plum atau jika GanSis ingin mengetahui lebih banyak lagi bisa melihat jenis-jenis pohon yang direkomendasikan disiniuntuk semua jenis pohon dan disini untuk jenis pohon berbunga.

Gimana langkah-langkah membuat bonsai cantik dalam 24 minggu?

Simak step-by-step ini:


MINGGU KE 1-8

Setelah GanSis memiliki bahan bonsainya, tanam dan pastikan mereka mendapatkan nutrisi tanah dan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya. Dalam waktu 1-8 minggu, biarkan pohon tumbuh sehat dan bisa menyesuaikan dengan lingkungan barunya.


Pertumbuhan batang pohon bougenville setelah ditanam 6-7 minggu | Foto Dok. Pribadi



MINGGU KE 8-12

Jika dalam waktu 8 minggu pohon tampak baik-baik saja dengan tanda-tanda pertumbuhan yang sehat, GanSis sudah bisa melakukan pemangkasan berat pada sebagian besar rantingnya hingga 90-100 persen [pemangkasan pertama]. Sesudah dipangkas, tempatkan di tempat yang teduh dan berangin hingga dedaunan tumbuh kembali. Setelah daun mulai berukuran besar, pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari penuh.

PENTING:Setiap jenis pohon memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda, ada yang cepat dan ada yang lambat, ada yang dapat di pangkas hingga 100% dan ada yang tidak.

Dalam praktik ini, ane menggunakan pohon bougenville dimana karakteristik alaminya yang toleran pada pemangkasan berat, kekeringan, dan pertumbuhannya yang tergolong cepat.


MINGGU KE 12-16

Saat dedaunan muncul dan mulai menua, biasanya diikuti dengan munculnya tunas bunga. Jika demikian, segera pangkas lagi cabang-cabangnya dan sisakan sekitar 10-15 cm dari batang utama [pemangkasan kedua]. Tujuan pemangkasan kedua ini adalah untuk memperbanyak cabang baru agar bisa menghasilkan bunga yang lebat dikemudian hari.

Semakin sering dipangkas, semakin banyak cabang baru, dan semakin banyak juga bunga yang nantinya dihasilkan.

Proses pemotongan ini, juga bisa bersamaan dengan pemindahan ke pot bonsai atau pot yang menurut GanSis cocok (jika sebelumnya ditanam di polybag, ember, kaleng cat atau kaleng biskuit emoticon-Ngakak (S)) untuk mempercantik penampilannya. Atau, jika GanSis ingin merubah posisi biar lebih kelihatan unik juga bisa dibarengi. Bila perlu, posisikan sesuai dengan gaya bonsai ala-ala Jepang. emoticon-Big Grin Tapi namanya selera pasti beda-beda ya, intinya GanSis bisa bentuk si pohon dan pilih pot sesuai keinginan. emoticon-Malu (S)


Pemotongan ranting total dan perubahan posisi penanaman | Foto Dok. Pribadi


Setelah selesai, letakkan pohon ditempat teduh dan berangin sekitar 1 minggu sampai tunas daun mulai muncul.


MINGGU KE 16-20

Jika tunas daun sudah muncul, pindahkan ke tempat yang tekena sinar matahari penuh dan siram sesuai jenis pohon (pohon bougenville tidak memerlukan banyak air, cukup 1x sehari atau dua hari 1x) dan biarkan tumbuh subur.

Ketika cabang-cabang mulai memanjang, jangan potong, cukup bengkokkan atau tekuk agar kanopi pohon jadi padat dan cabang-cabangnya tidak menjulur terlalu panjang/tinggi.


MINGGU KE 20-24

Saat daun mulai menua untuk kedua kalinya, kuncup-kuncup bunga pun akan muncul di seluruh ujung cabang bahakan bisa di sepanjang cabang-cabang tua.


Kuncup bunga bougenville | Foto Dok. Pribadi


Tapi, jika di rentang minggu ke 8-12 dan 12-16 GanSis tidak melakukan pemotongan cabang, kuncup bunga tidak akan muncul lebat, mungkin hanya sebagian di ujung cabang muda karena energi pembungaannya sudah terpakai untuk berbunga sebelumnya.

Di minggu ke 24, pohon bougenville seharusnya mekar separuh atau seluruh bunganya dan sudah bisa dinikmati sebagai bonsai rumahan.


Bougenville mulai mekar separuh di minggu ke 24 atau 168 hari | Foto Dok. Pribadi



Bonsai bougenville rumahan difoto bersandingan dengan Kusamono | Foto Dok. Pribadi


Begitulah pengalaman ane membuat bonsai cantik dalam 24 minggu. Sekali lagi ane sampaikan, dalam praktik ini ane menggunakan pohon bougenville/bunga kertas ya. Apabila GanSis memilih jenis pohon lain, perhatikan waktu pemotongan dan pembungaannya karena beda jenis pohon beda juga waktunya.

Dalam pembuatan bonsai ini, ane gak menggunakan pupuk, kawat, atau alat-alat bonsai. Cukup tali rafia dan gunting cukur aja. emoticon-Ngakak (S) Jadi, GanSis juga pasti bisa bikin seperti ini dirumah, bahkan bisa lebih cantik apabila dibarengi dengan pemupukan, pengukiran batang, dan penekukan ranting dengan Alat Rahasia Yang Dipakai Seniman Bonsai Di Belakang Layar.


Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat dan menambah wawasan GanSis. emoticon-Malu (S)




Sumber: Pengalaman Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi




Berhubung masih dimomen Idulfitri, ane minta maaf kalau pernah ada salah-salah kata, Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin. emoticon-Shakehand2

Quote:

Diubah oleh sllz 21-10-2023 05:10
sunshii32
betiatina
Papa.T.Bob
Papa.T.Bob dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.6K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.