Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

paksitamaAvatar border
TS
paksitama
Tutorial Cara Bermain Gitar Untuk Pemula


Selamat datang di Blog saya. Di pembahasan kali ini kita akan mempelajari Tutorial Cara Bermain Gitar Untuk Pemula yang paling mendasar. Sebab, bermain gitar ada beberapa proses latihan, dan tingkatan latihan yang bermacam-macam. Apa saja yang kita butuhkan untuk belajar bermain gitar? Langsung saja kita ke pembahasannya.

1. Gitar Akustik
Pertama hal yang kita butuhkan adalah sebuah gitar, baik itu gitar akustik ataupun gitar elektrik tidak masalah, tetapi saya sarankan untuk menggunakan gitar akustik, karena menurut saya gitar akustik itu lebih fleksibel bagi pemula. Dan jika kalian belum punya gitar maka akan kesulitan untuk memahami materi yang kita pelajari, karena di tutorial kali ini akan mencakup teori dasar dan lebih baik bisa sambil dipraktekkan.

Contoh gambar gitar akustik:



2. Tuning atau Menyetem Gitar
Ibaratkan kita butuh kunci motor bila ingin belajar naik motor. Sama halnya dengan belajar bermain gitar kita harus bisa mentuning atau menyetem gitar. Sebab, tanpa kita stem nantinya suara gitar yang kita mainkan akan sumbang, dan tidak enak didengar. Beruntunglah di zaman sekarang ini banyak aplikasi menyetem gitar di Play Store, dan App Store. Contohnya aplikasi penyetem gitar yang bisa didownload di sini: Penyetem & Metronome Penyetem Gitar & Metronome
Cara menggunakannya pun mudah, kita cukup membuka aplikasinya, kemudian kita pilih tuner yang sudah saya tandai kotak berwarna merah:



Maka tampilan tunernya akan seperti ini:



Selanjutnya, mari kita mulai menyetem gitar.
Cara menyetem gitar menggunakan aplikasi ini, yaitu dengan cara mencocokkan nada tiap senar yang kita petik satu persatu dengan tuner. Contohnya kita memetik senar 6 (paling atas), dan kita cocokkan di tuner dengan nada E dengan memutar tuning senar 6 itu sendiri. Lalu cocokkan senar yang lain dengan tuning masing-masing senar yang sudah saya tuliskan di bawah ini:

Senar 6 tuning E
Senar 5 tuning A
Senar 4 tuning D
Senar 3 tuning G
Senar 2 tuning B
Senar 1 tuning E

Untuk lebih jelasnya lagi saya kasih gambar di bawah ini:



3. Chord atau Akord
Setelah selesai menyetem, kemudian kita akan mulai belajar chord. Apa itu chord? Chord atau yang sering orang awam bilang "kunci" adalah beberapa nada yang dimainkan secara bersamaan, dan terdengar harmonis, dan chord ini sendiri digunakan untuk mengiringi lagu. Artinya, kita harus bisa menghafal chord yang akan kita mainkan untuk sebuah lagu.
Untuk chord yang kita pelajari ini merupakan chord yang mudah dimainkan, yang meliputi chord C, A, G, E, F, Am, Dm dan Em. Di bawah ini adalah "not" gambar chord masing-masing nada berupa penempatan jarinya:





Sedikit penjelasan dari gambar di atas, maksud dari angka yang tertera adalah sebagai keterangan penempatan jari pada saat menekan chord yang dimainkan, yaitu:

Angka 1 = jari telunjuk
Angka 2 = Jari tengah
Angka 3 = jari manis
Angka 4 = jari kelingking

Setelah itu, kita cukup melancarkan dan menghafal penempatan jari di chord yang kita pelajari sesuai gambar di atas.

4. Strumming
Selanjutnya, cara strumming atau menggenjreng gitar. Menggenjreng gitar bisa menggunakan pick (alat pemetik gitar) atau pun menggunakan jari saja, menggenjreng itu pun dilakukan tidak bisa asal genjreng saja, tetapi ada beberapa bagian senar yang kita genjreng atau petik tergantung dari chord yang kita mainkan.
Misalkan kita ingin memainkan chord C, di gambar di atas penempatan jari chord C meliputi (senar 5, senar 3, dan senar 2) lalu karena kita menggenjrengnya dari atas maka senar yang cukup digenjreng adalah dimulai dari senar 5 hingga ke bawah. Mari kita lihat gambar di bawah ini:
Dari contoh gambar di atas, di bawah huruf D ada "tanda x" dan "tanda o", yang artinya:

Tanda x = senar yang tidak boleh dipetik
Tanda o = senar yang dipetik tanpa ditekan

Dengan kata lain:

Chord C = digenjreng dari senar 5
Chord A = digenjreng dari senar 5
Chord G = digenjreng dari senar 6
Chord E = digenjreng dari senar 6
Chord D = digenjreng dari senar 4
Chord F = digenjreng dari senar 4
Chord Am = digenjreng dari senar 5
Chord Dm = digenjreng dari senar 4
Chord Em = digenjreng dari senar 6

Di bawah ini saya buatkan contoh suara masing-masing genjrengan tiap chord apabila kalian masih belum paham:

{thread_title}


Jika kalian sudah memahami tutorial yang kita pelajari di atas, kalian cukup melancarkan dan mengulangi bagian yang belum dipahami. Maka dari itu, berlatihlah setiap hari karena semuanya itu butuh proses, dan tidak ada yang instan. Jika kalian merasa bosan atau merasakan jari kalian mulai terasa sakit itu wajar, dan jangan menyerah.

Sekian dari saya, terima kasih telah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat. Salam Musisi!
Diubah oleh paksitama 11-05-2021 06:32
0
558
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Help, Tips & Tutorial Music
Help, Tips & Tutorial MusicKASKUS Official
3.9KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.