• Beranda
  • ...
  • Madura
  • Kenali Lebih Dalam Tentang Tradisi Carok Di Madura

rindu.iniAvatar border
TS
rindu.ini
Kenali Lebih Dalam Tentang Tradisi Carok Di Madura


Carokadalah pemulihan harga diri ketika diinjak-injak oleh orang lain yang berhubungan dengan harta, tahta, tanah, dan wanita demi kehormatan. Dalam ungkapan Madura Lebbi Bagus Pote Tollang atembang Pote Mata (lebih baik mati, daripada hidup menanggung malu).

Carok diartikan pembunuhan sebagai upaya balas dendam, akan tetapi carok memiliki makna yang berbeda bagi masyarakat Madura karena berkaitan dengan pemulihan harga diri.

Carok merupakan salah satu alternatif penyelesaian sengketa pada masyarakat Madura, penyelesaian tersebut merupakan penyelesaian dengan menggunakan jalur kekerasaan. Penyelesaian dengan jalan kekerasaan ini sering kali menutup kemungkinan penyelesaian sengketa secara damai.



Carok sebenarnya kebiasaan yang relatif baru, pada abad 12 saat Kerajaan Madura dipimpin Prabu Cakraningrat juga pada abad 14 di bawah Joko Tole, carok tidak dikenal. Begitu pula pada saat kepemimpinan Panembahan Semolo putra Sunan Kudus memerintah Madura di abad 17. Barulah pada abad 18 carok mulai dikenal masyarakat Madura. Kala itu, Madura adalah daerah yang jauh dari pusat pemerintahan VOC di Surabaya. Tak ada yang mengontrol secara langsung, mirip tanah wild wild westdi era koboi.

Ada banyak penyebab carok, sebagian besar penyebabnya karena istri yang diganggu. Orang Madura menganggap istri adalah bhantalla pate, alias landasan kematian. Mengganggu istri sama dengan melecehkan kehormatan seorang pria.

Selain soal istri, perkara lain yang banyak terjadi didasari oleh rebutan tanah atau warisan. Tanah juga dianggap sebagai segala bentuk penghidupan seperti air dan merupakan satu hal yang benar-benar dijaga oleh orang Madura. Carok tak selalu terjadi karena persoalan besar yang melibatkan kehormatan, carok bisa juga terjadi karena salah paham atau bahkan berawal saling mengejek.

{thread_title}


Quote:



Ref : 1| 2
Diubah oleh rindu.ini 25-05-2021 16:07
ikan.dori
seafood.udang
makan.apa
makan.apa dan 16 lainnya memberi reputasi
17
2.5K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Madura
Madura
icon
1.7KThread686Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.