• Beranda
  • ...
  • Madura
  • Kampoeng Toron Samalem, Wisata Kekinian Tempat Pertapaan Potre Koneng

aktivismaduraAvatar border
TS
aktivismadura
Kampoeng Toron Samalem, Wisata Kekinian Tempat Pertapaan Potre Koneng

Membahas Madura memang tidak akan ada habisnya, GanSist, dari adat istiadat, kuliner, hingga tempat wisata yang keindahannya tak perlu diragukan lagi.

Kali ini ane ingin mengajak Agan dan Sista ke Kampoeng Wisata Toron Samalam. Tempat wisata ini sedang naik daun loh, GanSist, berawal dari bekas tempat penambangan batu yang tak terpakai, kemudian disulap oleh warga menjadi tempat wisata yang instagramable abis!

Ternyata ada cerita legenda dari Toron Samalem yang sekarang sedang nge-hits di Madura. Konon katanya, lokasi tersebut menjadi salah satu tempat semedi dari Potre Koneng.

Seorang putri cantik dari raja di Sumenep yang menurut cerita hidup di abad ke-13. Pada legenda selanjutnya, sosok tersebut menjadi ibu dari Jokotole, yang legendanya juga termahsyur di masyarakat Madura.

Berkat kreatifitas tangan-tangan terampil, jadilah Toron Samalem tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bentang alam di tempat tersebut sudah terbentuk secara alami. Kealamiannya yang sudah enak dipandang mata lantas dikemas lagi dengan sesuatu yang baru dan mengikuti zaman. Hasilnya, menakjubkan!
Quote:

Bagi GanSist yang ingin menuju lokasi, bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Nggak perlu khawatir masalah jaringan lemot, karena jika GanSist menggunakan Smartfren Unlimited MAXI jaringan akan terus stabil, akses internet juga lancar. Mau upload foto, video call bareng sahabat, hingga membuat content creator nggak pake lemot, lancar jaya!
Spoiler for :

Kampung wisata Toron Samalem berada di Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura, sekitar 5.5 Km ke bagian utara dari pusat Kota Pamekasan. Perjalanan menuju Kampoeng Toron Samalem, Agan dan Sista bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat, dengan waktu tempuh dari Kota Pamekasan sekitar 15-20 menit.

Untuk harga tiket masuknya, GanSist cuma perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 per-orang. Untuk parkir kendaraan roda dua dikenai biaya Rp2.000 per-kendaraan, sedangkan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.


Objek wisata ini mempunyai dua lokasi, yaitu lahan bagian atas dan lahan bagian bawah. Hamparan bangunan indah dan instagramable di tiap sudutnya ini mempunyai luas 7 hektar. Bakalan puas banget untuk menjepret tiap sudut dan momen bersama orang kesayangan.

Nggak perlu ke Jepang untuk menikmati indahnya bunga sakura mekar, GanSist, karena di Kampoeng Wisata Toron Samalem GanSist akan menemukan keindahan tersebut. Meski pun hanya replika, tapi keindahannya amat sayang jika tidak diabadikan jepretan kamera.

Kuy, ke Kampung Wisata Toron Samalem, temukan keindahan alam kekinian, rasakan pengalaman serunya!

Sumber gambar dan referensi: 1, 2, 3, 4

indrag057
yugeel
revadhana
revadhana dan 13 lainnya memberi reputasi
14
1.8K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Madura
MaduraKASKUS Official
1.7KThread686Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.