• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Misterius! 97 Ribu Data PNS Fiktif, Gaji-Pensiun Dibayar tapi Orangnya Gak Ada

iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Misterius! 97 Ribu Data PNS Fiktif, Gaji-Pensiun Dibayar tapi Orangnya Gak Ada

Pegawai Negeri Sipil atau yang disingkat PNS adalah salah satu profesi yang paling banyak diincar oleh pencari kerja di Indonesia.

Bergelar PNS menjadi salah satu kebanggaan tersendiri. Tahun ini, pemerintah telah membuka kembali lowongan CPNS yang akan ditempatkan di beberapa instansi terkait. Tentu peminatnya tidak pernah sepi. Banyak cara dilakukan calon PNS agar bisa mendapatkan profesi tersebut, salah satunya bermain dengan oknum

Banyak oknum yang mengaku bisa memasukkan data pribadi agar bisa masuk dan diterima bekerja. Ada juga yang mengaku menjual soal-soal yang akan dipertanyakan dalam test nanti. Hasilnya, banyak orang-orang yang tertipu dengan kelakuan oknum tersebut.

Biasanya saat test penerimaan calon PNS penjualan jimat akan meningkat tajam, sebagai pelancar jalan menuju gelar PNSemoticon-Hammer2

Ada-ada saja kelakuan warga ples enam dua. Namun, ada kabar mengejutkan terkait PNS di tanah air. Sebanyak 97 ribu data fiktif telah ditemukan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana.

Ia mengatakan bahwa selama puluhan tahun negara telah membayar uang gaji hingga pensiun kepada 97 ribu pns fiktif selama puluhan tahunemoticon-Wow

Bima juga menjelaskan jika sejak Indonesia merdeka hingga saat ini baru dua kali diadakan pemutakhiran data aparatur sipil negara.

Pertama pada tahun 2002, saat itu dilakukan secara manual. Lamanya waktu dan biaya yang sangat besar menjadi kendala saat itu. Namanya manual, pasti banyak kesalahan dan pemutakhiran data jauh dari kata sempurna. Apalagi jumlah ASN yang didata nggak kira-kira jumlahnyaemoticon-Wow

Kemudian tahun 2014 dilakukan pemutakhiran kembali, kali ini sudah tidak manual, GanSist, tetapi secara elektronik dan langsung ASN-nya langsung yang melakukan pemutakhiran.

Selama berpuluh-puluh tahun negara mengeluarkan dana negara untuk membayar gaji hingga dana pensiunan setiap bulannya untuk 97 ribu pns bodong, datanya ada tapi orangnya nggak ada. Hal ini bisa terjadi karena banyak PNS yang tidak melakukan pendataan ulang.

Atas terungkapnya kasus tersebut, BKN meminta PNS untuk melakukan pendataan ulang secara mandiri mulai Juli hingga Oktober 2021.

Mari berdiskusi dengan santun di kolom komentaremoticon-terimakasih

Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Terima kasih, salam bahagia dan sehat selalu.

Sumber gambar dan referensi: 1, 2, 3
Diubah oleh iissuwandi 24-05-2021 11:42
betiatina
darmawati040
aygilagility
aygilagility dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.8K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.