mayyarossaAvatar border
TS
mayyarossa
Candi Borobudur, Ada Di Jogja Apa Magelang, Sih?
Borobudur adalah salah satu warisan kebudayaan dunia yang juga pernah menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia. Borobudur merupakan sebuah candi Hindu yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Eh, apa, Magelang? Bukannya di Jogja? Hayoo, masih banyak pasti yang nanya kaya gini, atau, Agan Sista juga beranggapan demikian?

Halo, Agan Sista, jumpa lagi dengan ane, Mayya Rossa, penyaji thread inspiratif dan informatif. Ternyata, masih banyak orang masih bingung dengan keberadaan Candi Borobudur ini.



Beberapa hari yang lalu, viral seorang wisatawan asal Malaysia yang mengunggah fotonya saat di Borobudur dengan kepsyen, "Borobudur Temple-Jogja."
Unggahan ini menjadi viral karena banyak netijen yang mengomentari. Mereka mengomentari terkait letak Borobudur yang disebutkan berada di Jogja, padahal di Jawa Tengah. Sebelumnya, seorang artis pernha juga salah menyebutkan lokasi Candi Borobudur ini.


Ada komentar yang bikin ane geli, dia menyebutkan Borobudur beda kota dengan Jogja, tapi masih satu provinsi. Ngakak banget dah, pinginnya benerin, tapi tetap salah.


Nah, memang, Borobudur sebenarnya berada di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini deket dengan rumah Simbah ane, GanSist. Lalu, kenapa orang masih salah menyebut Borobudur di Jogja?




Secara wilayah, antara Jogja dan Magelanh sendiri sudah beda provinsi, ya Gansist. Jogja masuk di DIY, sedangkan Magelang di Jawa Tengah. Cuma, mereka berdekatan. Bahkan, Gunung Merapi pun terletak di dua provinsi ini. Tak heran, bila wisatawan sering mencampuradukkan dua wilayah ini.



Lagipula, kalau ane lihat, misal ada rombongan pariwisata atau study tour gitu, di bus tertempel tulisan semacam "Road to Jogja, "Piknik ning Jogja", dll, dan tak jarang, dan ane rasa, hampir setiap destinasi wisata Jogja, ada Candi Borobudur di dalamnya, dan itu menjadi destinasi utama.

Tak hanya itu, di paket wisata yang ditawarkan di Jogja pun juga memasukkan Candi Borobudur sebagai destinasi wisata. Tak hanya Borobudur, kini, Gereja Ayam dan Punthuk Setumbu yang terletak di dekat Borobudur juga masuk ke destinasi wisata Jogja, padahal itu di Magelang.
Ane sendiri pernah anter tamu dari Bandung, mereka juga destinasi pertama minta ke Borobudur dan Punthuk Setumbu, serta Gereja Ayam. Ya, ane anterinlah. Ane bilang, itu di Magelang. Jawabnya apa, GanSist? "Bukan di Jogja, ya?" Berasa pengen tepok judat tetangga deh.



Apa destinasi wisata di wilayah Agan Sista? Adakah yang salah sebut juga? Jika daerah kita mempunyai destinasi wisata, yuk kita infokan dan kita perkenalkan pada yang lain, agar dunia tahu!

Jogja, 23 Mei 2021


Sumber gambar
1. Di sini
2. Di sini
3. Dokpri

Dari ane, orang Jogja yang sering ke Magelang.


bedypop
UriNami
toinxx08
toinxx08 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
6.5K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.