Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Madura
  • Tradisi Toron: Mudik Khas Suku Madura Pada Idul Adha

miaaulia99Avatar border
TS
miaaulia99
Tradisi Toron: Mudik Khas Suku Madura Pada Idul Adha



Madura kaya akan budaya dan tradisi. Salah satunya yaitu saat Idul Adha terdapat tradisi 'Toron' atau pulang kampung.

Bahasa toron sendiri merupakan istilah lokal untuk menyebut kepulangan orang Madura dari tanah rantau ke kampung halaman, baik yang bekerja di negri sendiri atau para tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Madura yang juga ikut toron merayakan Lebaran (tellasan) bersama keluarga di kampung dan memanfaatkan momentum tersebut untuk silaturahim.

Tidak seperti masyarakat Indonesia pada umumnya yang mudik saat lebaran pasca puasa ramadhan. Tradisi mudik hanya pada momentum Idul Fitri, dan hajatan tertentu. Di Madura saat Idul Adha juga ada tradisi mudik, namun disebut dengan tradisi 'Toron'.



Tradisi mudik di Indonesia biasanya setiap Idul Fitri.  Madura punya tradisi mudik sendiri berbeda dengan daerah lainnya. Orang-orang Madura biasa mudik ketika Idul Adha atau yang disebut toron.

Sebagian daerah Madura mensyaratkan penduduknya yang ada di rantau untuk mudik ke tanah asalnya.


Budaya toron masih kental di beberapa daerah wilayah Madura. Mereka merasa tidak afdol jika hari H tidak pulang dan berkumpul dengan sanak famili. Tradisi berkumpul dengan keluarga, tetapi dilaksanakan meski ada anggota yang menunaikan ibadah haji.

ada juga tradisi dimadura mengantarkan (ter ater) masakan khas Madura plus kue ke para sanak saudara biasanya yang mengantarkan makanan adalah anak ke orang tua kondisi ini membuat perayaan Lebaran semakin meriah dan bermakna.

Bagi orang madura jika Lebaran (tellasan) tidak toron ke kampung merasa sangat sedih. Karena pada momen itulah bisa berkumpul dan silaturrahim bersama orang tua, keluarga, tetangga dan juga teman-teman.



Perjalanan mudik bukan lah hal yang menyenangkan apalagi jika terjebak macet hingga berjam-jam. Internetan dan berselancar di dunia maya adalah salah satu kegiatan mengusir jenuh. Smartfren unlimited maxi membuat kegiata agan sista menjadi menyenangkan dan tentunya menjawab semua keraguan pelanggan.

Smartfren memiliki akses yang high speed. Moncer banget saat diakses.

Opini pribadi
Gambar: klik

.
miniadila
suciasdhan
Cahayahalimah
Cahayahalimah dan 6 lainnya memberi reputasi
7
535
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Madura
MaduraKASKUS Official
1.7KThread685Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.