• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Flashback: Jarang Diketahui, ini Nama Pesawat Yang Membom Hiroshima dan Nagasaki

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Flashback: Jarang Diketahui, ini Nama Pesawat Yang Membom Hiroshima dan Nagasaki
Foto ilustrasi pesawat B-29 terbang | lanl.gov

Tragedi yang menjadi catatan sejarah dunia ini akan terus di ingat, dimana bom atom di Hiroshima dan Nagasaki ini menjadi bukti dahsyatnya daya ledakan dari unsur uranium dan plutonium-239.

Pihak Amerika Serikat menyebut bom atom di Hiroshima berbahan uranium tersebut dengan sebutan "Little Boy," tercatat korban dari ledakan bom atom yang menewaskan sekitar 140.000 orang dalam satu ledakan di Hiroshima dan sangat banyak yang terluka berat akibat reruntuhan dan juga radiasi. Menurut catatan Jepang Little Boy memakan korban sekitar 140.000 orang versi bbc

Bom atom tersebut meledak tepat pada pukul 8:15 pagi waktu Amerika setempat. Kaisar Jepang yang bernama "Hirohito" tetap ngotot dengan melakukan perlawanan dan tidak mau menarik pasukannya dari wilayah jajahannya termasuk dari Indonesia.

Foto: britannica.com

Sejarah mencatat jika bom atom pertama kali diledakkan di kota Hiroshima, Jepang, pada tanggal 6 Agustus 1945 ketika itu Jepang masih menjajah Indonesia. Kolonel Paul Tibbets adalah pilot yang membawa bom atom tersebut ke kota Hiroshima.

Quote:


Karena kaisar Jepang tidak mau menyerah, selang tiga hari tepatnya tanggal 9 Agustus 1945 kemudian Amerika kembali menjatuhkan bom atom lagi di kota Nagasaki. Bom atom ini berbahan inti Plutonium-239 yang diberi nama "Fat Man." Menurut catatan sejarah jika Jenderal Douglas MacArthurawalnya ingin meledakkan kota Kokura, tetapi karena cuaca buruk menyebabkan target meleset dan bom pun menuju kota Nagasaki dan memakan korban sekitar 74.000 orang menurut versi bbc.

Foto: defense.gov

Fat Man memiliki tinggi 3,25 meter dan berat 4,545kg menjadikan Fat Boy jauh lebih berat dari bom atom Little Boy. Didalam bom atom terdapat inti plutonium-239. Bom atom ini menghasilkan empat jenis radiasi yang sangat berbahaya, dua di antaranya adalah sinar alfa dan beta, untuk informasi seputar radiasi sinar Alfa (a), sinar beta (b) dan sibar gamma (g) bisa baca disini: "Penemuan Radiasi a, b, dan g."

Radiasi berbahaya dalam kasus ini mengakibatkan banyak kematian dalam waktu singkat. Jadi orang-orang yang berada dalam jangkauan radiasi kemudian akan mengalami kegagalan sistem tubuh dan meninggal dengan cepat. Akan tetapi jika terkena radiasi sedikit saja dan mereka selamat tetapi kesehatan mereka akan terganggu. Dilaporkan banyak terjadi kecacatan pada bayi baru lahir akibat orang tua mereka pernah terkena radiasi.

Tak lama setelah bom atom Fat Boy diledakkan di Nagasaki, kaisar Jepang pun langsung menyerah. Kaisar menyadari bahwa tidak mungkin bisa melawan Amerika, kemudian Amerika berhasil menduduki Jepang pada tahun 1945 yang dipimpin Jendey Douglass MacArthur.


Referensi: 1. id.wikipedia.org - Enola Gay

2. britannica.com - Enola Gay United States aircraft
Diubah oleh Sambelterasi052 18-05-2021 05:12
n.h3
galigulagalu
hayolongaku
hayolongaku dan 38 lainnya memberi reputasi
39
8.7K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.