SonyA7SIIIAvatar border
TS
SonyA7SIII
Bak di Tuban, Desa Miliarder Muncul Lagi di Sulawesi Selatan



Desa Miliarder seperti di Tubang, Jawa Timur, muncul di Sulawesi Selatan (Sulsel). Puluhan warga langsung membeli sejumlah mobil.

Desa yang kini menjadi desa miliarder adalah Desa Kale Komara, di Takalar, Sulsel. Warga desa tersebut mendapat ganti rugi lahan proyek bendungan.

Dulu, pembebasan lahan milik warga untuk proyek bendungan Pammukkulu sebelumnya ramai diprotes karena nilainya hanya Rp 3.500 per meter. Warga setempat kemudian rutin melakukan unjuk rasa sejak awal 2019 hingga sepanjang 2020 untuk memprotes nilai ganti rugi lahan tersebut.

"Sekarang ganti rugi perameter itu bervariasi, ada yang Rp 20 ribu per meter dan ada yang Rp 25 ribu," ujar salah seorang warga Kale Komara, Parawansa, kepada wartawan, Rabu (19/5/2021).

Dari hasil itulah, warga mulai membeli mobil biasa hingga truk. "Puluhan orang kalau yang beli mobil, ada sekitar 20. Tapi ada juga yang beli mobil besar, mobil tongkang," katanya.

Parawansa menyebut dia dan warga lainnya pada bulan puasa lalu menerima uang ganti rugi lahan untuk pembangunan Bendungan Pammukkulu milik pemerintah. Ratusan juta telah dipegang oleh Parawansa.

"Kalau saya baru terima kurang-lebih Rp 700 juta. Belum semua itu (belum semua lahan tuntas ganti ruginya)," ujar Parawansa.

Warga lain, menurut Parawansa, mendapat uang ganti rugi lebih tinggi. Bahkan, hingga miliaran rupiah.

"Ada yang sampai Rp 4 miliar, Rp 3 miliar, Rp 7 miliar, sudah banyak yang terbayarkan itu dan banyak juga yang belum terbayarkan," ungkapnya.

Tak hanya membeli mobil, banyak warga lainnya juga menggunakan uang hasil ganti rugi lahan mereka untuk kepentingan investasi.

"Kemarin bagi-bagi THR, dia juga beli tanah dulu untuk menggantikan tanahnya. Dan sebagian di deposito di bank. Jadi beli sawah di luar dari daerah situ yang tidak tenggelam, karena tidak bisa berkebun lagi di kampung karena ada bendungan," jelas Parawansa.

Diketahui, beberapa waktu lalu, Desa Sumurgeneng di Tuban, Jawa Timur, disebut sebagai Kampung Miliarder. Sebab, banyak warganya yang mendapat uang ganti rugi lahan hingga miliaran Rupiah. Lahan tersebut dibeli Pertamina untuk kilang minyak.

Banyak warga yang akhirnya memborong mobil dan membeli lahan di tempat lain. Banyak juga yang memilih merenovasi atau membangun rumah.


Sumber





Jangan foya-foya...

Duit harus di manage yang baik

kalo bisa sebanyak mungkin investasi di Bitcoin

emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
nomorelies
the.commandos
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
822
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.