• Beranda
  • ...
  • Solo
  • Bukit Bebatuan Gunung Sepikul, Pesona Alam Tersembunyi di Sukoharjo

abahaquariusAvatar border
TS
abahaquarius
Bukit Bebatuan Gunung Sepikul, Pesona Alam Tersembunyi di Sukoharjo


Kota Solo, selain terkenal sebagai kota budaya, pusat belanja dan surga kuliner yang lezat, kota ini rupanya mempunyai destinasi wisata yang keren. Berkunjung ke kota Solo dan sekitarnya tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisatanya. Kali ini ane mau referensikan sebuah tempat wisata yang tidak jauh dari kota Solo. Tepatnya di Sukoharjo, GanSist.

Siapa di antara Agan dan Sista yang ingin berwisata ke puncak gunung layaknya seorang pendaki, tetapi tidak ingin terlalu menguras tenaga karena terlalu tinggi untuk mencapai puncak? Jika ada, ane referensikan tempat wisata Gunung Sepikul yang berlokasi di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Sukoharjo.



Liburan dengan mendaki gunung sangat diminati oleh semua kalangan saat ini. Namun, bagi yang sama sekali belum pernah mendaki, tempat wisata Gunung Sepikul ini bisa jadi alternatif ajang latihan dalam mendaki gunung yang lebih tinggi nantinya.

Lokasi wisata Gunung Sepikul aksesnya sangat mudah menuju ke sana. Dengan melewati jalan utama Sukoharjo-Wonogiri ke arah selatan. Begitu sampai di terminal Giri Adipura, Agan dan Sista harus melanjutkan perjalanan ke arah barat di jalan Wonogiri-Klaten. Lokasi wisata Gunung Sepikul dari kota Sukoharjo kurang lebih berjarak 15 km dengan jarak tempuh kira-kira 30 menitan dengan kendaraan pribadi.

Pemandangan di lokasi wisata Gunung Sepikul sangat indah, keren dan menakjubkan, GanSist. Bagaimana tidak? Hanya menempuh waktu kira-kira 15 menit kita sudah berada di puncak. Jika kita udah sampai di puncak yang tidak seberapa tinggi, selain tidak bikin napas ngos-ngosan, view nya sangat memanjakan mata. Hamparan sawah bak permadani dengan petak-petak sawah yang begitu teratur, bukit-bukit bebatuan yang eksotis. Belum lagi pemandangan gunung yang sesungguhnya yaitu, sebelah timur berdiri kokoh pemandangan Gunung Lawu, sebelah barat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, sebelah selatan Gunung Gajah Mungkur, GanSist. Keren kan?

Jika berniat menuju ke sini, overall semua cuaca bagi ane sama-sama memberikan sensasi yang istimewa, GanSist. Jika musim penghujan, kita bisa menyaksikan hamparan perbukitan yang hijau. Namun, jika di musim kemarau kita bisa menyaksikan sunrise dan sunset yang keren tanpa tertutup kabut dan mendung. Jadi, terserah Agan dan Sista pilih waktunya. Untuk spot berfoto ria, ane yakin Agan dan Sista bakalan mendapatkan foto-foto yang keren selama berkunjung ke tempat wisata Gunung Sepikul ini.

Spoiler for Dokpri:


Nah, jika Agan dan Sista berkunjung ke sini, ane sarankan untuk memakai sepatu atau sandal untuk outdoor, karena kondisi jalan menuju puncak Gunung Sepikul berpasir dan berbatu. Pesan ane juga hati-hati karena bukit berupa bebatuan. Jangan lupa bawa minuman saat mendaki ke puncaknya, meskipun hanya beberapa menit saja, cukup membuat tenggorokan kering alias kehausan. Untuk fasilitas dekat tempat wisata terdapat tempat parkir yang luas, mushola dan tempat beristirahat. Ada juga kedai makanan yang menjual menu makanan khas, salah satunya "gendar pecel", Agan dan Sista. Kalo gak salah saat ane berkunjung saat itu satu porsi gendar pecel ini hanya seharga Rp 5.000 saja. Murah kan?

Spoiler for Google:


Bagaimana dengan tiket masuk menuju lokasi? Tenang saja GanSist, di tempat wisata Gunung Sepikul ini tidak ada tiket masuk alias gratis. Namun demikian terdapat kotak amal sukarela bagi pengunjung. Adapun dana sukarela dari pengunjung digunakan untuk biaya pengelolaan. Agan dan Sista juga dikenai biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2000 saja. Oh ya, lokasi wisata ini buka tiap hari dan tutup pada jam 18.00 WIB. Jika hari libur nasional dan libur hari raya, biasanya buka dan tutupnya menyesuaikan.

Wisata Gunung Sepikul ini juga menjadi tujuan primadona bagi goweser lho, GanSist. Biasanya para goweser menempuh perjalanan dari kota Solo menuju ke sana dengan waktu tempuh selama 1,5-2 jam, lho, GanSist.

Nah, itulah referensi tempat wisata yang bisa dijadikan tujuan liburan ke Solo, GanSist. Bagi generasi millenial sepertinya wajib deh berkunjung ke sini. Jangan lupa jika berkunjung ke sini tetap terapkan protokol kesehatan dan patuhi pesan 3M, GanSist. Oh ya, selama berada di tempat wisata Gunung Sepikul jangan buang sampah sembarangan, ya!

Cukup sekian, terima kasih dan sampai jumpa lagi. Jangan lupa tinggalkan jejak cendol, rate 5 dan komentnya ya, GanSist.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Penulis: @abahaquarius
Gambar: Dokpri
Papa.T.Bob
mikaelvina
n.ruswoko600
n.ruswoko600 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
2K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Solo
SoloKASKUS Official
623Thread744Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.