Lockdown666Avatar border
TS
Lockdown666
Beli Barang China di Shopee Kini Dibatasi, Bye Mr Hu


Jakarta, CNBC Indonesia - Shopee memutuskan untuk menutup akses masuk 13 jenis barang atau produk dari luar negeri. Ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Kementerian Koperasi dan UKM RI, dengan eS E N S O Rmerce itu.
Adapun 13 jenis produk luar negeri yang dibatasi Shopee adalah hijab, atasan muslim wanita, bawahan muslim wanita, dress muslim, atasan muslim pria, bawahan muslim pria, outwear muslim, mukena, pakaian muslim anak, aksesoris muslim, peralatan shalat, batik dan kebaya.
Proses ini masih terus berjalan untuk kategori produk lain yang berpotensi aksesnya ditutup oleh Shopee.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan saat ini Indonesia sudah masuk dalam perdagangan bebas. Tetapi bukan berarti produk UMKM harus kalah dan mati melawan gempuran produk luar negeri yang sebenarnya banyak produsen Indonesia yang membuatnya.

Penutupan ini pun berpotensi untuk menyelamatkan produk UMKM hampir Rp 300 triliun per tahun. Mulai dari industri fashion muslim Rp 280 triliun dan industri batik potensinya mencapai Rp 4,89 triliun.

"Shopee sepakat untuk mengidentifikasi produk luar negeri supaya tidak membunuh produk UMKM. Perlu diapresiasi sebagai tindak lanjut dari Shopee yang menutup 13 jenis produk luar negeri," jelas Teten Masduki seperti dikutip dari detikcom, Selasa (18/5/2021).
Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengungkapkan tidak ada paksaan dari pemerintah Indonesia dalam menutup 13 jenis produk dari luar negeri ini. Sebab, selama ini produk luar negeri yang dijual di Shopee Indonesia hanya 3% dari total produk.
"13 sektor ini dari seluruh negara. Berapa total toko yg ditutup? Terus dalam proses, saya harus rekap lagi jumlahnya," ujarnya.
Sebelumnya fenomena Mr Hu ramai dibicarakan di Twitter. Mr Hu diduga merupakan seller dari China yang menjual berbagai produk yang kelewat murah di Indonesia.
Fenomena ini dikhawatirkan bisa membuat seller UMKM Indonesia. Sebab barang murah yang dijual tak perlu membayar ongkos kirim mahal Bahkan gratis. Bedanya, waktu pengiriman memang sedikit lebih lama karena dikirim dari luar negeri.

https://www.cnbcindonesia.com/tech/2...tasi-bye-mr-hu

emoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Seller 
magelys
reid2
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.3KThread40.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.