• Beranda
  • ...
  • Movies
  • 5 Rekomendasi Serial Bertema Kedokteran yang Sayang Banget Jika Dilewatkan!

yourkiveAvatar border
TS
yourkive
5 Rekomendasi Serial Bertema Kedokteran yang Sayang Banget Jika Dilewatkan!


Drama memang selalu berhasil buat punya tempat sendiri di hati para penonton. Punya berbagai tema yang menjadi latar belakang cerita, serial-serial tersebut juga mengangkat beberapa profesi secara khusus, salah satunya adalah profesi dokter.

Buat agan dan sista yang mungkin bosan dengan serial bergenre slice of life atau romance yang standar, lima serial ini bisa jadi alternatif kalian untuk menemani kalian, loh. Bukan hanya mengedepankan hubungan romantis semata, serial berlatar kehidupan para pekerja di dunia medis ini juga tak jarang menyorot kehidupan para pasiennya.

Ada apa aja serial yang patut dicoba? Langsung kita bedah, yuk!

New Amsterdam (2018 - to present)



Jumlah season: 3

Pemain: Ryan Eggold, Janet Montgomery, Freema Agyeman, Jocko Sims
Tayang di: NBC, Netflix

Serial bertema kedokteran pertama adalah ‘New Amsterdam.’ Serial ini diadaptasi dari sebuah novel karangan Eric Manheimer yang berjudul ‘Twelve Patients: Life and Death at Bellevue Hospital.’ Bercerita tentang seorang dokter bernama Max Goodwin, yang baru saja ditunjuk sebagai seorang Kepala Rumah Sakit di salah satu rumah sakit umum tertua di Amerika Serikat, Rumah Sakit Umum New Amsterdam. 

Sebagai kepala rumah sakit yang baru, Max berusaha merubah rumah sakit tua itu menjadi rumah sakit yang mampu menyediakan layanan medis yang bisa memfasilitasi semua kebutuhan pasien. Selama perjalanannya, Max dihadapkan dengan berbagai hambatan, mulai dari hambatan yang berasal pihak internal rumah sakit, pihak eksternal, hingga hambatan yang berasal dari dirinya sendiri.

Serial yang satu ini sudah mulai menayangkan musim ketiganya sejak tanggal 2 Maret 2021 lalu, dan sekarang sudah memasuki episode 11. Buat kamu yang mau nonton di Netflix, sepertinya harus bersabar karena direktori Netflix untuk serial ini baru sampai season kedua. Serial ini gak cuma menyorot kehidupan satu bagian aja, nih. Tapi merata mulai dari bagian UGD, bagian psikiatri sampai bagian onkologi. 

The Good Doctor (2017 - to present)



Jumlah season:4

Pemain: Freddie Highmore, Nicholas Gonzalez, Antonia Thomas, Chuku Modu
Tayang di: ABC, Prime Video

Diadaptasi dari serial Korea berjudul sama, serial ‘The Good Doctor’ ini punya cerita yang lebih kompleks daripada serial aslinya karena jumlah episodenya yang jauh lebih banyak. 

Berkisah tentang seorang pemuda bernama Shaun Murphy yang menderita autisme dan sindrom Savant, yang berusaha mengejar impiannya untuk menjadi dokter bedah yang bisa menolong orang-orang yang kurang beruntung seperti dirinya.

Punya masa lalu yang bisa dibilang kelam, Shaun yang dianugerahi kecerdasan luar biasa berhasil menjadi seorang dokter magang di Rumah Sakit San Jose St. Bonaventure, salah satu rumah sakit paling bergengsi di Amerika Serikat berkat bantuan Dr. Aaron Glassman, mentor sekaligus sahabat Shaun yang sudah mengenalnya sejak berusia 14 tahun. 

Dengan keadaannya yang mengidap autisme dan sindrom savant sekaligus, tentunya perjuangan Shaun untuk membuktikan diri jauh lebih sulit dibandingkan dengan rekan-rekannya. Di rumah sakit tersebut, Shaun mencoba untuk terus berkembang dan menemukan tempatnya di dunia medis. 

The Good Doctor’ baru saja menyelesaikan musim keempatnya pada tanggal 10 Mei 2021 lalu. Serial ini tergolong unik karena karakter utama yang dikisahkan dalam serial ini adalah karakter yang berbeda dari karakter biasanya, tapi punya penokohan yang kuat sehingga sulit buat dilupakan. Keren!

The Resident (2018 - to present)



Jumlah season: 4

Pemain: Matt Czuchry, Emily VanCamp, Manish Dayal, Shaunette Renée Wilson
Tayang di: Fox, Disney+ Hotstar

Next, kita punya ‘The Resident.’ Serial yang tayang sejak tahun 2018 ini menjadi salah satu serial bertema kedokteran yang sayang untuk dilewatkan. Jika dua serial sebelumnya menitikberatkan pada dokter spesialis bedah, di serial ini kita melihat bagian spesialis lain. Tokoh utama dari serial ini yaitu Conrad Hawkins dikisahkan sebagai seorang residen internist, atau calon dokter spesialis penyakit dalam yang bekerja di Rumah Sakit Chastain Park Memorial.

Diangkat dari buku berjudul ‘Unaccountable’ karangan Marty Makary, ‘The Resident’ bukan hanya mengangkat kisah seorang residen internis saja, tapi juga kehidupan bidang lain di rumah sakit seperti profesi perawat praktisi, ahli bedah jantung, residen bedah, sampai kehidupan politik rumah sakit yang menunjukkan bagaimana seorang direktur rumah sakit menjalankan tugasnya. 

Saat ini, ‘The Resident’ sudah memasuki musim keempatnya, yang rencananya akan tayang sebanyak 14 episode. 

Romantic Doctor Teacher Kim (2016 & 2020)



Jumlah season: 2

Pemain: Han Suk Kyu, Yoo Yeon Seok & Seo Hyun Jin (season 1), Ahn Hyo Seop & Lee Sung Kyung (Season 2)
Tayang di: SBS, Netflix

Meskipun bukan serial barat, tapi serial kedokteran yang satu ini gak boleh dilewatkan! Jika agan&sista berpikir serial yang satu ini sama aja dengan serial Korea yang lain, kalian mungkin harus berpikir ulang dan memberi kesempatan untuk drama ini menjadi tontonan kalian.

Bercerita tentang seorang dokter spesialis bedah jenius yang menjalankan prakteknya di sebuah rumah sakit terpencil di daerah pedesaan yang jauh dari Seoul bernama Boo Yong Joo, drama ini bercerita bagaimana Boo Yong Joo, atau yang dikenal dengan panggilan ‘Kim Sabu,’ menjalankan tugasnya dan mendidik para dokter-dokter muda yang datang dari kota besar untuk menjadi dokter yang sesungguhnya.

Bukan cuma kasusnya yang beragam, drama Korea yang satu ini juga menunjukkan bagaimana usaha Kim Sabu untuk melepaskan Rumah Sakit Doldam, dari cengkraman Geosan University Hospital, rumah sakit besar yang berusaha meniadakan Rumah Sakit Doldam. 

Memang ada percintaan ala drama Korea, tapi kamu pasti akan dipuaskan dengan tindakan-tindakan medis serta bagaimana Kim Sabu menangani setiap pasiennya. Belum lagi para staff rumah sakit yang juga bikin drama ini semakin seru buat diikuti. 

Grey’s Anatomy (2005 - to present)



Jumlah season: 17

Pemain: Ellen Pompeo, James Pickens Jr., Chandra Wilson, Kevin McKidd
Tayang di: ABC, Netflix, Disney+ Hotstar

Kalau ngomongin serial kedokteran, pastinya serial legendaris yang satu ini gak boleh sampai ketinggalan dong, ya. Sudah berusia kurang lebih 16 tahun, “Grey’s Anatomy” masih memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. 

Diawali dengan hari pertama dari seorang dokter magang baru bernama Meredith Grey, penonton dibawa untuk melihat bagaimana Meredith berkembang menjadi seorang spesialis bedah umum yang handal. “Grey’s Anatomy” memang menitikberatkan kisahnya pada kehidupan para dokter bedah, tapi kehidupan para spesialis lain juga ditampilkan, meskipun jumlahnya tidak banyak.

Punya 17 musim dan masih berjalan hingga hari ini, “Grey’s Anatomy” punya kasus-kasus tidak biasa yang tentunya bisa bikin penonton ikut deg-degan saat menonton serial yang satu ini. Di musim terbarunya, “Grey’s Anatomy” juga ikut mengisahkan perkembangan yang ada saat ini, yaitu pandemi COVID-19, dan bagaimana para dokter ikut beradaptasi dalam situasi saat ini.

Nah, itulah kelima serial bertema kedokteran yang asik banget buat ditonton! Kalau agan sista punya rekomendasi lain, boleh loh ditambahkan di kolom komentar!

See you di thread ane yang berikutnya, ya!


























eyefirst2
marikemana
th39muses
th39muses dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.1K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.