Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
14
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609de4f15190cd53250ac312/haruskah-aku-nambah-anak-lagi
Haruskah aku nambah anak? Seperti kita ketahui nambah anak berarti nambah biaya. Saat ini aku punya 1 anak usia 3 tahun, usiaku 32 tahun sebagai IRT, suami 55 tahun dosen kontrak di universitas, jadi kontrak kerja suami mau habis 2 tahun lagi, kalau kontrak sudah habis antara diperpanjang atau suami cari kerja lagi di universitas lain. Kalau diperhatikan waktuku lebih banyak merawat anak dari pada
Lapor Hansip
14-05-2021 09:48

Haruskah Aku Nambah Anak Lagi?

Haruskah aku nambah anak?
Seperti kita ketahui nambah anak berarti nambah biaya.
Saat ini aku punya 1 anak usia 3 tahun, usiaku 32 tahun sebagai IRT, suami 55 tahun dosen kontrak di universitas, jadi kontrak kerja suami mau habis 2 tahun lagi, kalau kontrak sudah habis antara diperpanjang atau suami cari kerja lagi di universitas lain.
Kalau diperhatikan waktuku lebih banyak merawat anak dari pada suamiku, jadi anakku gak begitu dekat dengan suamiku.
Kondisi kami saat ini tidak punya rumah. Rumah yang kami tempati adalah rumah kontrakan.
Suamiku tidak bisa gendong anakku, karena sudah tua katanya.
Suamiku gak suka anakku kalau anakku berisik, dia suruh aku bawa anakku main keluar.
Suami pernah bilang "yang pengen punya anak kan kamu, ya kamulah yang harus merawat, bukan aku, kerjaanku hanya cari uang aja buat hidup kita"
Iya memang aku sih yang ngebet punya anak, dan aku ngerasain banget beratnya jadi orang tua. Apalagi merawatnya sendiri,
Hidupku berasa jadi janda, janda yang punya suami.
Yang jelas kebahagiaanku berkurang setelah punya anak.

Selama ini anak kami gak masuk TK karena untuk menghindari korona dan menghindari biaya TK yang besarnya sekitar 5 jutaan perbulan.

Kadang aku sempat kepikiran mau nambah anak karena anakku cantik, aku pengin punya anak yang good looking lagi.

Tapi aku berpikir apakah ini hanya egoku semata. Demi egoku aku harus mengorbankan kebahagiaanku.

Jadi aku ragu mau nambah anak mengingat :
1. Usia suami
2. Suami yang tidak support secara psikologis
3. Ketidakstabilan ekonomi kami, mengingat status pekerjaan suami yang masih kontrak
4. Kami belum punya rumah
5. Bukankah semakin banyak anak, semakin besar juga biaya pendidikannya, aku ingin punya anak yang pendidikannya tinggi, tapi kalau ekonomi pas pasan, ekspektasi pendidikan tinggi hanya angan angan
Memang sih pendidikan tinggi atau tidak itu tergantung kemauan anak. Tapi yang menginginkan anak lahir di dunia inikan orang tuanya, bukan anak itu sendiri.

Pengen tahu pendapat bijak penghuni dikaskus ini.
Silahkan komment ya dibawah ya
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Haruskah Aku Nambah Anak Lagi?
14-05-2021 10:23
Sekolah TK 5jt/bln?? Mahal amat. Kalo TK mah yg murah2 aja gpp. Kan masih buat main jg. Tetep emaknya jg ngajarin di rumah. Kalo SD baru tuh mulai cari yg bagus. Tp ga yg 5jt/bln jg deh kalo ane. Ane mending cari sekolah yg kualitasnya bagus tp biaya masih masuk akal.

Mau nambah anak lg ato ga itu keputusan ente sm suami. Dicari mana baiknya.
0 0
0
Haruskah Aku Nambah Anak Lagi?
14-05-2021 16:55
Nope, kalo lihat kondisi sista saat ini, ane saranin jangan nambah anak lagi...

Apalagi usia suami udah hampir pensiun aka akan melewati usia produktif...belum jelas jg nantinya dpt kerjaan yg gmn setelah habis kontraknya....dan suami jg acuh ama anak....

Kecuali sista kerja n bisa menghidupi 2 anak (ga tergantung ama suami), boleh aja nambah anak lagi...
Diubah oleh hazelmoon
profile-picture
profile-picture
kushina99 dan lilsoakedkitten memberi reputasi
2 0
2
Haruskah Aku Nambah Anak Lagi?
14-05-2021 20:15
Iya gan jgn nmbah anak.
0 0
0
Haruskah Aku Nambah Anak Lagi?
15-05-2021 00:45
perbedaan usia ts dengan suami jauh juga ya? 23 tahunemoticon-EEK!

mahal amat biaya TK 5 jt/bln?emoticon-EEK!
gak cari yg rada murah dikit?emoticon-Stick Out Tongue

itu spp 5 jt/bln di sekolahin di tk international school apa gmn sis?emoticon-Bingung

setau ane tk chikal yg tarafnya internasional aja Rp 4 jt/bln
Diubah oleh .odysius
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Haruskah Aku Nambah Anak Lagi?
17-05-2021 06:21
Disesuaikan dengan kemampuan kamu saja sis. Kalau dirasa dengan kondisi sekarang blm mampu, mendingan dg 1 anak saja. Dirawat dan dibesarkan dengan baik.
0 0
0
Haruskah Aku Nambah Anak Lagi?
18-05-2021 09:47
Menurut ane tugas suami tdk hanya mencari nafkah saja tp jg membantu istri, ga melulu bantu pekerjaan rmh tp menjaga anak, mengajak bermain anak krn ini jg dpt mendekatkan hubungan bpk sm anak.
0 0
0
Haruskah Aku Nambah Anak Lagi?
18-05-2021 09:53
Oke gw dah nangkep situasinya. Jadi keknya si suami ni perlu TS lebih buat wik2 sih. Karena kalo dilihat dari perbedaan usia dan pekerjaaan gak lama lagi pensiun.

Trus WTF gitu usia 55 kerja dosen rumah ngontrak? Oh may Gat.

Saran dari gw sebagai berikut :

1. Jangan nambah anak dulu.
2. Jaga penampilan dan berat badan anda
3. Senam kegel secara teratur
4. Pastikan punya tabungan

Dengan demikian pada saat nanti lakinya ko'it masih ada pria yang lebih mapan yang mau sama janda anak satu yg masih relatif fuckable dan semoga happy ending ama suami barunya nanti.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Haruskah Aku Nambah Anak Lagi?
18-05-2021 16:28
Maksud TK itu macam pre-school?.

ya pantas sebulan 5jt.
0 0
0
Haruskah Aku Nambah Anak Lagi?
19-05-2021 03:37
Punya anak itu tanggung jawab yg besar.
Ts sendiri yg lebih tahu kondisi ekonomi dan psikologisnya.
Jgn berat ke nyari anak ganteng atau cantik....belom tentu juga gedenya berguna buat orang tua dan manusia.

Ane respect dan menyayangkan ortu2 yg sebenernya capable nggedein banyak anak ber akhlak mulia tapi memutuskan punya 1 anak aja. Ane punya temen kaya gtu...anaknya SD sopan, cerdas, pecinta makhluk bumi, soleh banget (tapi bukan ekstrimist, ibunya aja menolak berhijab krn gerah!), kritis pula, guru2 ma org2 sekitarnya WOW terpesona ma si anak....tapi temen ane bilang, cuma sanggup gedein 1 anak. Dia fokus ngedidik 1 aja....drpd punya 2,3 anak tapi dia gagal ngedidiknya malah cuma nambah sampah di dunia. ==>ini dia sendiri yg bilang ya
Diubah oleh cewieClown
0 0
0
Haruskah Aku Nambah Anak Lagi?
21-05-2021 12:47
Anjay persis umur gw dan bokap gw, kelewat jauh ini kimpoiya, apalgi di umur sgtu (maaf) suami blm mapan, kenapa milih married ama orang stua itu, konsekuensinya pasti banyak kalo belom mapan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia