Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Makassar
  • Es Cendol Malino, Takjil Dari Kota Makassar yang Alami Tanpa Bahan Pengawet

muyasyAvatar border
TS
muyasy
Es Cendol Malino, Takjil Dari Kota Makassar yang Alami Tanpa Bahan Pengawet
Assalamu'alaikum Gansis

Selamat malam Gansis. Selamat beristirahat y.

Es Cendol Malino, Takjil Dari Kota Makassar yang Alami Tanpa Bahan PengawetSumber

Takjil yang sekarang ini hampir wajib dicari semua kalangan bagi umat muslim khususnya yang sedang menjalankan puasa di bulan Ramadhan ini. Takjil yang ada di kota Makassar memang banyak macamnya, seperti es pisang ijo, kue barongko, jalangkote dan lain sebagainya.

Setiap menjelang berbuka puasa, pasti banyak yang berkerumun mencari takjil yang biasanya ada di pinggir jalan maupun dalam pasar tradisional.

Selain es pisang ijo yang menjadi makanan ciri khas Kota Makassar, ada pula es cendol malino. Es cendol malino ini seperti halnya es cendol biasanya. Akan tetapi, yang membedakan dari namanya karena es cendol malino pertama kali dibuat oleh orang yang tinggal di daerah Makassar yang bernama Malino.

Kata cendoladalah dari bahasa Sunda. Namun, karena cendol memasuki wilayah Kota Makassar, maka nama cendol disebut dengan kata cindolo. Seiringnya waktu, kata es cendol lebih umum dari yang lain. Maka tak heran, meski namanya yang hampir mirip dengan nama es cendol yang dijual seperti pada umumnya, tetapi es cendol malino ini memiliki perbedaan.

Es Cendol Malino, Takjil Dari Kota Makassar yang Alami Tanpa Bahan PengawetSumber

Pembeli dapat request menambah toping dalam es cendol malino tersebut. Ada yang diberi ketan hitam, tape singkong dan perisa rasa buah. Pelengkap tersebut menambah kesan bahwa es cendol malino berbeda dari yang lain.

Es Cendol Malino, Takjil Dari Kota Makassar yang Alami Tanpa Bahan PengawetSumber

Selain itu, dari bahan cendol atau dawet, bahan dasar yang digunakan menggunakan dengan tepung kanji. Beda dengan es cendol malino menggunakan tepung beras. Teksturnya pun sangat berbeda. Jika cendol atau dawet yang bahannya dari tepung kanji memiliki tekstur lebih kenyal. Sedangkan, tekstur dari es cendol malino ini memiliki rasa yang lembut dan kaku serta gampang putus karena dari tepung beras tersebut.

Baiknya lagi, es cendol malino menggunakan bahan-bahan organik semua. Pertama, cendol dari tepung beras yang dibuat sendiri. Kedua, warna cendol dari daun pandan yang diperas dan diambil sarinya. Selain untuk dijadikan pewarna alami, aroma dari daun pandan yang khas menjadikan es cendol malino menjadi harum. Ketiga, gula merah cair yang digunakan dari gula aren alami. Keempat, santan yang digunakan dari perasan kelapa asli. Lalu, es batu sebagai pelengkapnya.

Es Cendol Malino, Takjil Dari Kota Makassar yang Alami Tanpa Bahan Pengawet
Google


Biasanya es cendol malino ini ada disekitaran jalan Hertasning, Makassar. Jualannya bukan di gerobak pada umumnya, tetapi sebut daja Bu Hasna ini berjualan es cendol malino dengan mobilnya di pinggir jalan. Es cendol malino dengan toping tape singkong dibandrol dengan harga 10 ribu rupiah saja. Bukan itu saja, Bu Hasna pun menerima pesanan yang nomornya sudah tertera pada spanduk yang sudah disediakan.

Pada bulan Ramadhan ini, kemungkinan bukanya pada waktu sore dan sampai habis. Rasanya yang segar menjadikan kita yang meminumnya, bakalan ingin datang kembali.







Gresik, 10 Mei 2021
Sumber narasi: oppri
areszzjay
nurulnadlifa
lenitan
lenitan dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.6K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Makassar
MakassarKASKUS Official
1.8KThread654Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.