Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
136
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6066942cc86d65651b318f2f/jangan-bikin-ini-saat-menjenguk-orang-sakit-bikin-ilfil
Menjenguk orang sakit adalah salah satu bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Memberi dukungan dan  semangat agar proses penyembuhan akan menjadi semakin cepat. Ada beberapa sikap yang kadang dilakukan, baik secara sadar atau tidak, yang berpotensi mengganggu orang yang kita jenguk atau pun
Lapor Hansip
02-04-2021 10:49

Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!


Halo agan sista, semoga tetap sehat dan masih terus semangat di hari kedua bulan April ini ya,,
Menjenguk orang sakit adalah salah satu bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Memberi dukungan dan  semangat agar proses penyembuhan akan menjadi semakin cepat.

Ada beberapa sikap yang kadang dilakukan, baik secara sadar atau tidak, yang berpotensi mengganggu orang yang kita jenguk atau pun pasien lainnya. Apa saja sikap yang bikin ilfeel itu, cekidot bree!

Quote:
1. Datang Dengan Bergerombol

Mungkin terkesan seru jika melakukan kegiatan rame-rame bareng temen, tapi jangan pas nengok orang sakit. Usahakan tidak datang dalam jumlah besar, karena selain ruangan akan menjadi riuh, orang yang banyak akan menimbulkan "kepanikan" untuk pasien lain, yang notabene saat itu perlu ketenangan dan kenyamanan.

Apalagi jika ditambah dengan ribut sendiri yang membuat ruangan menjadi semakin ramai oleh celotehan dan suara tawa yang sungguh tidak pada tempatnya. Mengganggu banget!

Belom nanti ada yang sampe pinjem kursi punya penunggu pasien-pasien yang lain, dan suara ngobrolnya yang kegedean volumenya, atau kalo pas yang dateng anak muda jaman NOW yang apa-apa harus diupload ke medsos, cekrak cekrek selfie tanpa mau tau nyaman apa engga si pasien, yang penting diri sendiri cangtip dan eksis,, dih kan nyebelin banget daaan masih banyak lagi dah pokoknya.

Lain soal jika pengunjung bisa bersikap tertib dan menjaga kenyamanan untuk semua pasien di ruangan itu. Walau kalau sempet dilihat oleh susternya, biasa disuruh keluar sebagian. --pengalaman ane sih gitu.

Atau jika pasien dirawat di ruangan yang VVIP dengan kapasitas 1 orang pasien, mungkin ngga jadi masalah.
Soalnya di rumah sakit tempat mertua ane dirawat, ruang VIP pun isinya masih 2 pasien. Rawat inap dengan menggunakan BPJS, entah kalo bayar langsung ya.

*Note: Ane bukan ngga setuju sama datang ngejenguk rame-ramenya ya gan, tapi potensi yang bisa terjadi jika masuk ke ruangan dengan jumlah sekaligus banyak. --semoga ngga salah pemahaman. emoticon-Jempol

Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!



Quote:
2. Suara Ponsel Yang Kencang

Kalo ane boleh kasih saran, jika agan sista akan menjenguk orang sakit atau berkunjung ke tempat apapun yang sekiranya butuh ketenangan, ada baiknya ponsel disetting ke mode getar.

karena suara panggilan yang keras dan tiba-tiba bisa mengagetkan dan ditambah pada saat menjawabnya dengan suara keras juga. Waaah, ini bikin ambyar!
Apalagi jika teman yang kita jenguk seruangan dengan pasien yang usianya sudah tak muda lagi. Dimana emosinya kadang sulit terkontrol, bisa jadi membuat ketidaknyamanan yang berakibat kurang baik untuk proses recoverynya.

Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!







Quote:3. Menanyakan Banyak Hal
Mungkin sekilas terlihat peduli dengan menanyakan ini itu soal penyakit dan apa-apa yang dirasakan si pasien, tapi etikanya engga perlu sedetail itu juga keleees. Tanya seperlunya dan hindari untuk memberikan komen yang terkesan sok tau, yang membuat si pasien menjadi serba salah.

Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!





Quote:4. Membahas Kasus Dengan Ending Mengerikan
Nah, ini yang perlu dijaga saat kita mau memberikan komen saat menanyakan penyakit apa yang diderita si pasien. Hindari menceritakan riwayat penyakit yang sama dengan ending yang mengerikan. Bukannya menjadi informasi untuk si pasien, malah bikin tambah parno dan bikin patah semangat. Boro-boro ada semangat pengen sembuh, yang ada malah down duluan denger cerita horror tadi. Kan berabe ya?





Quote:5. Mengomentari Fisik
Kadang merasa udah sohib banget nih ya, secara ngga sadar terlontar kata-kata yang bisa menjatuhkan mental.

Contohnya, "Kok, kurusan?" atau "Muka kamu pucet banget deh" terdengar sepele tapi ingat, si sakit ini moodnya kadang lagi ngga selalu baik, dan mungkin aja di depan yang menengok, dia biasa-biasa aja, tapi setelah pada pulang bisa jadi dia merasa sedih,, iya ngga sih? Menurut ane ngga penting banget sih ngomentarin soal penampilan fisik di saat orang itu sedang sakit.
Dalam kondisi sakit, muka pucet sama badan tambah kurus pan biasa ya?

Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!



.
Menengok orang sakit sedikit banyak membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat, dengan memberinya dukungan yang pas dan pada tempatnya. Semua orang suka jika mendapatkan perhatian, terlebih jika dalam keadaan kurang sehat.

Didoakan untuk kesembuhannya, dan sugesti dengan kata-kata penyemangat hingga sepulangnya kita, bisa meninggalkan dampak positif untuk kesembuhannya. Bisa membangkitkan gairahnya untuk cepat sembuh, atau yang tadinya males-malesan minum obat jadi tersugesti, karena keinginan sembuh semakin besar. Bisa jadi kan?

Berhubung masih dalam situasi pandemi, sebetulnya selain pembatasan pengunjung dan tidak diperkenankan membawa "oleh-oleh" dari luar juga protokol kesehatan yang semakin diperketat, eeeh tapi tetep aja ada yang suka membandel, nyelinap lewat pintu-pintu yang tak terduga dan akhirnya ngumpul juga di ruangan yang akhirnya menjadi riuh.

Kesel sebenernya, padahal udah jelas aturannya ngga boleh ada keramaian, entah kenapa masih aja ada yang suka berbuat sesuka hati. emoticon-Cape d...


Segitu aja sih ocehan ane kali ini, efek nungguin mertua yang lagi dirawat di rumah sakit. Malah jadi merhatiin orang-orang yang datang dengan berbagai macam model, mulai yang bikin senyum sampe yang bikin kesel.

Agan sista ada yang pernah ngalamin? Share di kokom deh kalo ada yang senasib,, sampai jumpa di thread selanjutnya, yes? emoticon-Hai

Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!




Sumber: Pengalaman Pribadi dan Referensi
Original Thread of @DianAhmadKaskus








Diubah oleh DianAhmadKaskus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeuskraetos dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 5
Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!
04-04-2021 22:21
Dtg dgn ketenangan dan kasih sayang ye kannn... hehehe
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
1 0
1
Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!
04-04-2021 23:09
Yg pertama gua g setuju
emoticon-Cool
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
1 0
1
Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!
05-04-2021 00:24
Sebenernya perihal dateng bergerombol karena yang tau kabar sakit hanya beberapa orang
Lalu di infokan ke yang lainnya
Jadi janjian untuk dateng bersamaan
Karena terkadang kalau jenguk hanya sendiri atau beberapa orang merasa canggung atau sungkan
Biasanya yang terjadi seperti itu
Misal :
Udah jenguk sih A belum ? Kemarin dia masuk rumah sakit, karena ...
Lalu dijawab : ..., Belum, kapan mau jenguk, yang lain udah pada dikasih info belum ?

Sebenernya bukannya happy karena banyak teman menjenguk sekaligus, diperhatikan dengan teman teman atau orang disekitar ? Terlepas dari batasan orang yang boleh menjenguk atau masuk ke dalam ruangan
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
1 0
1
Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!
05-04-2021 00:27
Quote:Original Posted By mr.croovooc
Kalo boleh curhat dikit, dulu ane pernah dirawat, patah tulang jatuh dari motor, bukan penjenguk dateng rame2 sih. Tapi pasien sebelah ane ngadat, dia nggak boleh makan nasi dulu. Tapi maksa karena laper, gaduh deh satu ruangan sama dia.
wah Indonesia banget dia ya gan,, belom makan kalo engga makan nasi emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By hvzalf
A : Sakit apa, Bu?
B : Usus buntu
A : Usus buntu? Ya ampun, kemaren tetangga sya meninggal gara2 sakit itu.
B : Kejang2 😂😂😂

Aduuuhhh penjenguk kayak gini membahayakan sekali gan emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By vicyrus
Dilarang jenguk lagi pandemi ...
aturannya begitu ,, tapi ada juga yang bandel ,, apalagi jam besuk sama jam kontrol malem jamnya barengan

Quote:Original Posted By pabloo
Seperti itu
emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By piaupiaupiau
Jd inget dulu dateng ngegerombol pas jenguk temen di rumah sakit
makanan di kamar dia dibabat abis gak bersisa
tp dia gak marah, soalnya dia request amer, kita bawain

hehehe
waaaahh ane ngga tau harus komen apa nih emoticon-Malu
0 0
0
Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!
05-04-2021 00:34
Quote:Original Posted By bukanrobinlo
Membawa mantan

Wah, ini bikin tambah bengek pasien keknya emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By syahgun
_itukan aturan rumah sakit ya...
kaLo kite mah..asik asik aja...
hehehe,, agan banyak temennya emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By unoo11
Gue ngalamin, wkt itu di bangsal kls 2 krn vip masih penuh. 1 ruang 2 orang, datanglah penjenguk dr rekan sekamar, buseeettt masuk2 dah teriak2, taulah ibu2 dawis gt, "sakit apa mbah!!??" Samping gue mbah2 soalnya

Wah ,, ane ngga berkutik kalo sama mbah2 gan emoticon-Malu

Quote:Original Posted By nontonyukahhh
Emg jaman wabah gini boleh jenguk?
untuk aturan nya sendiri ngga boleh gan, tapi banyak juga yang bandel sih

Quote:Original Posted By abk3304157
klo yang bergerombol itu, skrg rata rata RS itu biasanya yang boleh masuk keluarga 2orang tidak boleh lebih, paling banyakpun 3 orang...
iya ,, semua diperketat

Quote:Original Posted By kenesdw
Memang kalau kita mau menjenguk orang sakit itu harua benar benar bisa menjaga sikap kit karena memanglah org skit perlu istirhat.yang penting jnga lupa kita mendoakan agr cepat smbuh
ane setuju sama agan emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By .abi
Aku klo nengok jarang ngobrol.
Melongo aja trs balik ga lama lama
dateng aja udah bikin seneng sebenernya,, emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By spidcom_2000
Kalau di daerah masih banyak yang berkelompok jika menjenguk orang yang sakit. Bahkan sampai naik mobil pick up atau truk terbuka emoticon-Big Grin
ane sebetulnya ngga masalah, asal jangan rame pas di ruangan. Kasian pasien lainnya
profile-picture
bukanrobinlo memberi reputasi
1 0
1
Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!
05-04-2021 00:40
Quote:Original Posted By giovanni2406
Jadi inget kakak ane yg di rawat inap,karena kls 3 jadi ada 3 pasien beserta penunggu pasien,kakak ane ngoroknya luar biasa,sampe 1 ruangan heboh,ada yg ketawa,ada juga yg sampe gak bisa tidur termasuk ane emoticon-Ngakak belum lagi penunggu pasien bisa lebih 2 org pdhl gak boleh dr 1 org yg juga,kata kakak ane masbod soalnya yg lain juga ngomongnya nyaring emoticon-Hammer2
emoticon-Wakaka pasti heboh tuh satu ruangan


Quote:Original Posted By minhakim20
orang yg waktu nengok orang sakit masih gak bisa jaga adab emang pantes digampar sih.. wkwkwk ane pernah ngerasain sendiri gak enaknya opname trus diganggu dengan hal hal yg mengganggu tuh bikin mood makin ancur.. di opname aja udah bikin mood gak enak, apalagi kalo diganggu.. makin lama sembuhnya yg ada..
bener banget gan, kalo pas sakit mood emang paling sensitif, eeeh pas pula yang nengok ngga tau etika ,, ambyar dah!

Quote:Original Posted By c4punk1950...
Horeee HT
Horeeee omgan udah duluan malah emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By pisa.purp
ane pas jenguk selalu rame2 lho..bikin ilfil ya emoticon-Sorry
rame di ruangan ngga? Kan inti dari rame2 tuh seperti itu. Kalo tertib dan masuk nya sedikit2 ane rasa yang masalah,, emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By duniabm309
Oke gansiss.. Informatif sekaliii...
Ane malah baru tahu entu kalau bergerombol entuu bisa bikin ilfil yang kita jengukk.... Hehehee...
emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka agan termasuk yang ngga setuju kalo jenguk bergerombol dikategorikan ilfil ya?
Udah baca pointnya kan?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!
05-04-2021 00:45
Quote:Original Posted By misteryap
Dtg dgn ketenangan dan kasih sayang ye kannn... hehehe
lebih bagus kalo begitu emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By ninja110rr
Yg pertama gua g setuju
emoticon-Cool
agan udah baca sampe terakhir kenapa bergerombol itu bisa bikin ilfil?

Quote:Original Posted By 0newaccount0
Sebenernya perihal dateng bergerombol karena yang tau kabar sakit hanya beberapa orang
Lalu di infokan ke yang lainnya
Jadi janjian untuk dateng bersamaan
Karena terkadang kalau jenguk hanya sendiri atau beberapa orang merasa canggung atau sungkan
Biasanya yang terjadi seperti itu
Misal :
Udah jenguk sih A belum ? Kemarin dia masuk rumah sakit, karena ...
Lalu dijawab : ..., Belum, kapan mau jenguk, yang lain udah pada dikasih info belum ?

Sebenernya bukannya happy karena banyak teman menjenguk sekaligus, diperhatikan dengan teman teman atau orang disekitar ? Terlepas dari batasan orang yang boleh menjenguk atau masuk ke dalam ruangan
ada potensi yang bisa menyebabkan kenapa bergerombol itu bikin ilfil. Kita ngga mbahas dari orang yang kita jenguk aja ya gan. Juga hak pasien lain yang ada satu ruangan dengan orang yang akan kita jenguk.

Selama alasan kenapa bergerombol bikin ilfil ini bisa diantisipasi, ane rasa ngga masalah. Pertanyaannya, bisa ngga?
0 0
0
Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!
05-04-2021 05:57
Selfi sm yg sakit ?
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!
05-04-2021 10:02
Gambar nomer 1 sepertinya pasukannya Bu Tejo emoticon-Leh Uga
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!
06-04-2021 21:41
Jgn gludukan lah yaa.. orgtua puyeng jg
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!
07-04-2021 22:09
ane paling ga suka sih kalo pas sakit gitu yang nengokin gerombolan mana berisik banget jadinya dan mereka juga malah ngrumpi sendiri
0 0
0
Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!
27-04-2021 21:03
Betulll lebih baik menjenguk dan membuat orang yang sakit ini bahagia
0 0
0
Jangan Bikin Ini Saat Menjenguk Orang Sakit, Bikin Ilfil!
14-05-2021 18:07
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H, mohon maaf Lahir dan baTin..
0 0
0
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia