Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
16
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609a00752b41407710434d53/menggambar-bagian-kepala-dan-wajah-karakter-anime
Anime adalah gaya animasi dan menggambar populer yang berasal dari Jepang. Menggambar karakter anime bisa tampak sulit, terutama jika melihat anime favorit Anda yang dibuat profesional. Untungnya, siapa saja bisa belajar menggambar karakter anime, dan prosesnya cukup sederhana jika Anda membaginya menjadi beberapa langkah.
Lapor Hansip
11-05-2021 10:56

Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime

Past Hot Thread
Anime adalah gaya animasi dan menggambar populer yang berasal dari Jepang. Menggambar karakter anime bisa tampak sulit, terutama jika melihat anime favorit Anda yang dibuat profesional. Untungnya, siapa saja bisa belajar menggambar karakter anime, dan prosesnya cukup sederhana jika Anda membaginya menjadi beberapa langkah.


Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime


Quote:
Langkah 1

Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime

Gambarkan oval dan bagi menjadi 4 bagian. Inilah garis bentuk dasar dari kepala karakter anime. proporsinya tidak harus persis, tetapi buatlah oval yang menyempit di bagian bawahnya untuk menjadi dagu. Setelah menggambar oval, buatlah garis horizontal yang melalui tengahnya. Kemudian, gambarkan garis vertikal melalui tengah yang berpotongan dengan garis horizontal. Nantinya, Anda akan menggunakan garis-garis ini sebagai panduan untuk menggambar fitur wajah karakter.


Quote:
Langkah 2

Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime

Gambarkan mata di bawah garis horizontal. Mata karakter anime besar dan berlebihan, serta biasanya memakan sekitar 1/4 sampai 1/5 tinggi wajah. Untuk menggambar mata anime, awali dengan menggambar bulu mata atas tebal persis di bawah garis horizontal yang digambar, dan pada satu sisi garis vertikal. Kemudian, gambarkan setengah lingkaran yang turun dari bulu mata atas, dan buat pupil hitam di tengahnya.

Berikutnya, gambarkan garis horizontal di bawah setengah lingkaran sebagai bulu mata bawah. Terakhir, bayangi di dalam lingkaran, pada sekitar pupil, dan sisakan sedikit ruang sehingga tampak seperti memantulkan cahaya. Lakukan hal serupa di sisi lain garis vertikal untuk membuat mata kedua.


Quote:
Langkah 3

Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime

Buat alis di atas garis horizontal. Gambarkan garis lengkung panjang dan menurun untuk setiap alis. Buatlah agak lebih panjang dibandingkan garis bulu mata atas yang Anda gambarkan untuk mata. Kemudian, pertebal ujung alis yang berada di tengah wajah. Kalau Anda menggambar karakter anime feminin, buat alisnya lumayan tipis. Untuk karakter maskulin, pertebal alis sehingga lebih mencolok di wajah.


Quote:
Langkah 4

Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime

Tambahkan hidung di antara garis horizontal dan dagu. Hidung karakter anime cukup samar, dan hanya terlihat ketika melihat karakter dari samping. Untuk menggambar hidung karakter anime, buat garis vertikal pendek dan sederhana di sepanjang tengah wajah pada titik tengah antara garis horizontal dan dagu. Buat garis lebih panjang jika Anda ingin hidung karakter tampak lebih besar.

Buat hidung sebagai fitur terkecil di wajah karakter. Hidung akan bertumpang-tindih dengan garis vertikal yang Anda gambar. Untuk melihatnya lebih jelas, buat lebih gelap daripada garis vertikal, atau hapuskan garis vertikal di sekeliling hidung. Karakter anime maskulin terkadang memiliki hidung yang tampak lebih mencolok, tetapi tidak selalu.

Jika Anda ingin hidung karakter tampak lebih jelas, gambarkan garis horizontal di bawah garis vertikal sebagai bagian bawah hidung karakter. Selain itu, buat bayangan berbentuk segitiga di samping hidung sehingga tampaknya cahaya datang dari samping karakter. Untuk gaya anime tertentu, misalnya chibi, Anda bahkan tidak perlu menggambar hidung.


Quote:
Langkah 5

Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime

Gambarkan mulut di sekitar separuh antara hidung dan dagu. Serupa dengan hidung, mulut karakter anime lazimnya sederhana dan samar. Untuk menggambar mulut, buat garis horizontal yang panjangnya kurang lebih sama dengan mata. Anda tidak perlu membuat bibir. Jadikan mulut sebagai fitur kedua terkecil di wajah karakter anime, setelah hidung.

Lengkungkan garis mulut ke atas jika Anda ingin karakter tersenyum, atau ke bawah jika ingin tampak kecewa. Kalau Anda ingin karakter tersenyum dan menampakkan gigi, gambarkan garis lengkung ke atas di bawah garis horizontal yang dibuat sebagai mulut. Ruang putih di antara garis lengkung dan garis horizontal sebaiknya setinggi separuh panjang mulut. Ruang ini akan menjadi gigi karakter.


Quote:
Langkah 6

Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime

Tambahkan telinga di samping kepala. Kalau Anda ingin karakter memiliki rambut yang menutupi telinga, langkah ini dilewatkan saja. Namun, jika karakter akan berambut pendek, gambarkan oval sempit di setiap sisi kepala. Buat bagian atas telinga sejajar dengan garis horizontal yang melalui bagian tengah wajah, dan bagian bawahnya sejajar dengan bagian bawah hidung. Setelah itu, buat lubang telinga di dalam setiap oval.


Quote:
Langkah 7

Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime

Gambarkan rambut di kepala karakter. Gaya rambut yang dipilih bergantung kepada Anda, tetapi biasanya rambut anime memiliki ujung runcing dan bagian-bagian jelas. Anda bisa menggambar gaya rambut pendek, cepak, menengah, atau rambut panjang bergelombang. Apa pun gaya rambut yang dipilih, jangan menggambar setiap helai rambut. Alih-alih, buat bagian-bagian besar rambut, misalnya 4-5 bagian yang meruncing di ujungnya.

Kalau karakter memiliki rambut panjang, gambarkan 2 ekor kuda, masing-masing di setiap sisi kepala dengan ujung runcing. Anda juga bisa menggambar rambutnya ditarik menjadi cepol di atas. Selain itu, Anda juga dapat menggambarkan poni dengan membuat 3-4 bagian rambut yang turun dari dahi.

Untuk gaya rambut yang lebih pendek, Anda bisa menggambarkan 3-4 bagian rambut jelas yang menyamping di dahi karakter. Anda juga bisa membuat gaya rambut tanpa poni dan menggambar beberapa garis dari garis rambutnya ke belakang kepala sehingga tampak seperti disisir ke belakang. Kalau tidak, Anda bisa menggambarkan gaya rambut bob sampai ke dagu yang dibagi menjadi beberapa bagian tebal.


Quote:
Langkah 8

Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime

Hapuskan garis bantu horizontal dan vertikal yang digambar. Hapuskan secara hati-hati sehingga Anda tidak melakukan kesalahan. Setelah Anda menghapus kedua garis, kepala dan wajah karakter sudah selesai dengan sempurna.


Diubah oleh NyxFairy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
CCZeus dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime
11-05-2021 13:49
Pake aplikasi apaan nih bre?
profile-picture
NyxFairy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime
12-05-2021 01:58
baru aja gw liat gambarnya di gugel emoticon-Big Grin
profile-picture
NyxFairy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime
14-05-2021 15:33
Ane pingin coba deh, kelihatannya tidak sulitemoticon-Entahlah
profile-picture
NyxFairy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime
14-05-2021 17:59
Dah pernah cobain bikin pake langkah2 ini tapi bener deh keknya emang dasarnya ane gak bakat gambar, apalagi gambar manusia. Gambar bagian tubuh aja jadi gak proporsional, apalagi gambar mukanya.. niatnya bikin yg cakepan tp jadinya malah susah dibedain
profile-picture
NyxFairy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Menggambar Bagian Kepala dan Wajah Karakter Anime
15-05-2021 06:20
mesti harus ada bakat, teori doang tak banyak bantu
profile-picture
NyxFairy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia