Projo.IdAvatar border
TS
Projo.Id
WN China Masuk RI, Rocky Gerung Wanti-wanti Gerakan Intelijen!


Kedatangan rombongan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China di Bandara Internasional Soekarno-Hatta jadi sorotan pengamat politik Rocky Gerung. Dia menilai ada modus intelijen tersembunyi dengan masuknya warga negara China ke Indonesia.
Rocky Gerung mengatakan ada kemungkinan tenaga kerja China yang masuk ke Indonesia merangkap sebagai intelijen negara. Hal ini menurutnya adalah budaya yang terjadi di China.

Modus intelijen itu menurutnya sudah terjadi turun temurun sejak kepemimpinan Deng Xiaoping di China di kurun waktu 1970-1990an silam.

"Kan tenaga kerja China itu harus merangkap sebagai intelnya negara, itu tradisi di dalam negeri China yang merupakan sejak Deng Xiaoping itu sudah ditanamkan. Bahwa kita sembunyikan ambisi kita, kita tunggu momen, itu doktrin dalam kebijakan politik luar negeri China," ungkap Rocky dikutip dalam video yang ada di kanal YouTube-nya, Senin (10/5/2021).

"Pemerintah nggak tahu bahwa sejarah China, ekspor tenaga kerja itu ekspor ideologi dan intelijen," tegasnya.

Rocky Gerung menilai China punya ambisi menguasai geopolitik antar negara lewat fasilitas ekonomi. Buktinya, Bank Sentral China menurutnya banyak mensponsori pembangunan di berbagai negara, tak terkecuali di Indonesia.

"Perusahaan China pasti jadi intelijen negara, karena Bank China itu kan sponsorin habis-habisan pembangunan di negara Arab dan Afrika itu dengan maksud geopolitik. Investasi china itu selalu investasi dalam kerangka strategi geopolitik," kata Rocky.

Rocky meminta pemerintah berhati-hati dengan adanya modus intelijen di balik masuknya WN China yang bekerja di Indonesia.

"Operasi intelijen itu harusnya diawasi ketat, bukan sekedar menutupi persoalan. Ini jangankan 10 ribu, dua orang aja kalau dia kuras informasi strategis artinya Indonesia udah kebobolan," ujar Rocky.

Sumber berita : https://finance.detik.com/berita-eko...akan-intelijen
selldomba
selldomba memberi reputasi
1
965
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.