Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

qoni77Avatar border
TS
qoni77
Tentang Prakerja Gelombang 17



Benarkah kartu pra kerja gelombang ke-17 akan dibuka pertengahan tahun 2021 ini?


Assalamualaikum Warokhmatullahi Wabarokatuhu.



Berita di media sosial Facebook sebuah unggahan dari akun dengan foto profil seorang pemuda, dalam postingan tanggal 27 Maret 2021 mengatakan bahwa kartu pra kerja gelombang 16 adalah yang terakhir dengan kuota 300. 000 peserta.


Hal lain yang dikatakan oleh akun facebook atas nama @Muzakir Sumardi ini, menyatakan kalau gelombang 17 kartu pra kerja akan dilaksanakan pada pertengahan tahun. Mari cek faktanya dan ternyata pernyataan tersebut adalah hoax ya, Gansist.





Sebagai warga negara yang baik dan pengguna media sosial yang baik, ane berusaha mencari fakta tentang kebenaran unggahan pada postingan Facebook tersebut, dengan mencari informasi di kominfo dan di instagram resmi milik pemerintah yaitu akun media sosial @kartu prakerja.co.id. Akhirnya ane berani mengatakan kalau berita yang beredar tentang dibukanya kartu prakerja gelombang 17 pada pertengahan tahun adalah tidak valid atau hoax.



Cek fakta pernyataan dari postingan Facebook yang mengatakan bahwa pembukaan kartu pra kerja gelombang 17 pada pertengahan tahun adalah hoax


Demi menjejali cek fakta mandiri, ane membaca sebuah pernyataan menurut Head of communication management pelaksana pra kerja bernama Louisa Tahatu yang telah menyatakan bahwa pembukaan pendaftaran pra kerja kartu pra kerja gelombang 17 ternyata belum bisa diputuskan kapan waktu tepatnya.



https://instagram.com/prakerja.go.id...d=v9oqvkp1wfms



Oleh karena itu masyarakat Indonesia sebaiknya terus mengikuti media sosial pemerintah yang resmi seperti di Instagram kartuprakerja.co.id diatas. Ane sendiri juga mengikuti akun tersebut, demi bisa memastikan beberapa link yang selalu menyangkut pautkan tentang pra kerja yang biasa tersebar di WA, baik itu grup chat ataupun dikirim secara wapri yang ternyata itu adalah link untuk peretasan atau meng-hack akun terdeteksi.




Ane sendiri pernah mengklik Link yang ternyata adalah untuk menghack akun, sehingga ane harus melakukan verifikasi dua langkah agar data ane pribadi menjadi aman. Sebaiknya Gansist juga melakukan hal yang demikian karena pengalaman ane kemarin mendapati seorang teman yang di mana akun wa (nomor wa-nya) di-hack oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab itu. Hal yang ternyata sangat meresahkan dan sebaiknya kita menjadi manusia yang memegang pepatah tua yaitu sedia payung sebelum hujan.



Menurut media sosial dari kartuprakerja.go.id pemerintah penyelenggara kartu prakerja sedang mengawasi gelombang 12 hingga gelombang 16. Di mana maintain ini adalah tentang membeli pelatihan selama dalam kurun waktu 30 hari setelah diumumkannya kelolosan peserta, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa untuk pendaftaran pra kerja gelombang 17 akan ditambah dari kuota kosong dari prakerja 12 – 16.






Waktu yang disediakan 30 hari olej badan penyelenggara pra kerja adalah salah satu tes pra kerja 12-16, hingga yang tidak diikuti oleh peserta (kosong) akan digunakan untuk menambah kuota gelombang 17. Mungkin seperti itu yang dimaksud oleh salah satu seorang humas dari pra kerja milik pemerintah Indonesia tersebut.





Telah kita ketahui bersama bahwa kartu pra kerja ini sangat di diburu boleh warga Indonesia terutama kaum muda-mudi yang memang membutuhkan pekerjaan. Hingga kian mrnjadi meresahkan ketika melihat antusiasme khalayak yang sangat banyak dan dimanfaatkan oleh akun-akun yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita hoax.



Mari kita perangi hoax di sekitar kita dengan menyiarkan tentang kebenaran yuk Gansist! Ane sendiri berusaha untuk selalu demikian.




Semenjak pengalaman mengeklik link hoax tentang pra kerja, ane mulai lebih aware tentang berita-berita yang bermunculan dan lebih antipati untuk tidak segera menyebarkan kepada yang lain, demi mengecek kebenaran berita yang beredar tersebut. Mungkin kiranya inilah yang patut kita lakukan sebagai pengguna media sosial yang telah di edukasi atau telah membaca banyak berita di media sosial pemerintah.

Untuk cek berita hoax lainnya, Gansist bisa memgunjungi #hansiphoax

Hal ini patut kita lakukan demi memutus rantai berita hoax. Kiranya cukup sekian thread dari ane. Semoga berkenan dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi Gansist yang sedang menjalankannya. Salam santun. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Sumber foto dari akun facebook muzakir


Sumber bacaan internet di 1, 2, dan 3
Diubah oleh qoni77 14-04-2021 02:55
gustiarny
dalledalminto
qonidio
qonidio dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.7K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen JournalismKASKUS Official
12.6KThread4.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.