hansiphoax
TS
hansiphoax
Benarkah Kondisi Paru-Paru Penerima Vaksin Covid-19 Akan Terbebas dari Bercak?
podcast-episode


Beredar sebuah foto CT Scan paru-paru dari unggahan akun Facebook bernama Kiran KS. Dalam unggahannya, diklaim bahwa foto tersebut merupakan perbandingan paru-paru pasien Covid-19 yang telah divaksin dan belum divaksin.


Sumber foto: Kumparan.com


Berikut ini bunyi narasi dari unggahan tersebut.

Can you see why you should get vaccinated at the first chance you get?

See the CT scan difference between two COVID positive patients.
Dr. Sumit K Dubey shared this on Twitter.

Dalam foto yang diunggah pada April 2020 tersebut, terlihat bahwa paru-paru pasien terpapar Covid-19 terdapat bercak yang memenuhi seluruh bagian paru-paru (kanan). Berbeda dengan pasien terpapar Covid-19 dan belum menerima vaksin, paru-paru dari pasien yang telah menerima vaksin Covid-19 terbebas dari bercak tersebut (kiri).

Lantas, benar kah klaim dari foto perbandingan paru-paru tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA

Hansip Hoax telah melakukan pemeriksaan fakta terkait informasi mengenai klaim Covid-19 tersebut dengan melansir dari situs Kumparan

Dalam artikel tersebut, diketahui sebuah pengecekan fakta yang dilakukan oleh lembaga pengecakan fakta India bernama Factly.in.

Dari hasil pemeriksaan, dijelaskan bahwa foto tersebut tidak ada kaitannya dengan CT Scan paru-paru pasien yang telah disuntik vaksin. Foto tersebut merupakan bagian dari penelitian oleh Rumah Sakit Vancouver, British Columbia University, yang bekerja sama dengan The Vancouver Coastal Health Research Institute.

Tujuan dari penelitian itu untuk memprediksi virus Covid-19 menggunakan CT scan. Adapun pada April 2020, program vaksinasi Covid-19 belum dijalankan. Unggahan ini bermaksud untuk mendorong orang-orang agar segera melakukan suntik vaksin Covid-19, namun dengan cara yang salah.


KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya Gan, berdasarkan pemeriksaan fakta yang dilakukan Hansip Hoax, dinyatakan bahwa klaim mengenai perbandingan paru-paru pasien terinfeksi Covid-19 dan pasien penerima vaksin Covid-19 adalah informasi yang salah alias Hoax.

Foto laporan studi penelitian tentang pendeteksian virus Covid menggunakan CT scan itu tidak berkaitan dengan vaksinasi.

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.

podcast-episode


Diubah oleh hansiphoax 07-05-2021 10:55
hoorrayn.h3Daniswara92
Daniswara92 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
7.1K
48
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.