• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Asal Muasal Pizza, Benarkah Berasal Dari Italia? Ternyata Faktanya Begini..

adeb124Avatar border
TS
adeb124
Asal Muasal Pizza, Benarkah Berasal Dari Italia? Ternyata Faktanya Begini..

Selama ini kita mengenal pizza sebagai makanan khas Italia. Jika berbicara kuliner tersebut, suatu hal yang tak akan pernah ada habisnya, termasuk juga sejarah tentang pizza yang tak banyak orang mengetahuinya.

Pizza adalah sebuah gaya hidup masyarakat perkotaan di Indonesia yang menyasar kalangan menengah keatas. Makanan ini dikenal dengan harga yang cukup tinggi.



Illustrasi (Image: Getty Images)

Sejarah Awal Pizza

Illustrasi (Image: www.historytoday.com/pinterest)


Sejarah tentang pizza dari faktanya, dimulai pada saat orang Yunani yang pertama membuat adonan roti berukuran besar, bulat dan rata dengan menggunakan campuran rempah-rempah dan minyak.

Roti dengan adonan tepung gandum, ragi, minyak zaitun, dan garam memang telah ada sejak zaman Yunani kuno berabad-abad sebelum masehi.


Begitu pula dengan roti bundar tipis serupa pizza dengan nama plakuntos. Pada zaman dahulu, masyarakat kuno membuat roti bundar tipis besar dengan memberikan sedikit rempah


Illustrasi (Image: www.rochestercitynewspaper.com/Jacob Walsh)

Saat itu tomat belum mudah ditemukan sehingga roti bundar beraroma tanpa tambahan bahan diatasnya ini sudah cukup menjadi makanan terutama bagi kaum miskin karena terbuat dari bahan-bahan yang murah dan mudah didapatkan.

Sekitar abad 18 di Italia tepatnya di daerah Naples, jenis roti bundar ini dikenal dengan nama pizza yang dalam bahasa Italia berarti pie atau kue.


Pizza tanpa toping ini banyak dijual di jalan-jalan pasar dan identik dengan makanan rakyat terutama di daerah Naples yang terkenal sebagai daerah miskin.


Illustrasi (Image: Getty Images)


Pada tahun 1738, restoran pizza pertama di dunia dibuka di daerah Naples, Italia dengan nama Antica Pizzeria. Hingga sekarang, kota ini terkenal dengan sebutan ibukotanya pizza.

Menurut sejarah yang dikutip dari Altohartley, pizza berasal dari Kota Naples, Italia  Pada 1738 dibukalah Antica Pizzeria Port’Alba, dan menjadi restoran pizza pertama di dunia hadir di kota ini.


Seiring waktu, restoran ini pun semakin berkembang dan mulai dikenal banyak wisatawan dari penjuru dunia. 


Illustrasi (Image: Getty Images)

Kemudian pada tahun 1889, Raffaele Esposito, seorang juru masak yang juga pemilik restoran tersebut membuat terobosan dan pembuatan pizza. Terobosan itulah yang membuat tampilan pizza lengkap dengan toping di atasnya. 

Sebelumnya, pizza memiliki tampilan yang sederhana, tanpa topping, kemudian Esposito menghiasi pizza buatannya dengan tambahan keju mozarella, daun basil dan saus tomat.


Esposito mempersembahkan pizza gaya baru ini kepada Margherita of Savoy (1878-1900), Ratu Italia saat itu. Esposito pun memberi nama pizza-nya sebagai “Pizza Margherita”.


Illustrasi (Image: Getty Images)


Meskipun pada zaman Yunani dan Mesir Kuno Pizza  sudah ada, namun hingga saat ini belum ditemukan negara asal dari pizza, dan Italia menjadi negara yang mengedepankan dan mengklaim pizza sebagai makanan khas negara tersebut.

Meskipun demikian, pizza tetap menjadi salah jenis satu makanan yang sangat populer di dunia.


Pizza juga telah mengalami banyak sekali perkembangan yang mana telah banyak beredar berbagai macam jenis toping yang digunakan untuk menambah cita rasa dari roti yang berbentuk pipih ini.































emineminna
Daniswara92
ykzirartup
ykzirartup dan 26 lainnya memberi reputasi
25
6.2K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.